Contoh Teks MC Penerimaan Lamaran/Khitbah

Acara Khitbah / Lamaran.

JADWAL SHOLAT

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Mu'amalah)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Materi kali ini penulis akan menyampaikan teks contoh Petugas MC dalam rangka penerimaan lamaran atau Khitbah. 

Tugas Pembawa Acara atau MC Lamaran untuk meminang/mengkhitbah.

CONTOH TEKS SEBAGAI BERIKUT :

Assalamu'alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh, 
ALHAMDULILLAHIL LADZI AN 'AMANAA BINI'MATIL IIMAANI WAL ISLAAM WANUSHALLI  WANUSHOLIM 'ALA KHOIRIL ANAAM SYAYYIDINA MUHAMMAD WA 'ALA ALIHI WASHOHBIHI 'AJMANGIIN AMMA BA'DU. 
Segala puji bagi Allah, yang telah menganugerahkan kepada kita nikmat iman dan nikmat Islam. Dan kami berdoa, memberi salam kepada orang-orang terbaik, dan junjungan kami Muhammad dan kepada keluarganya serta sahabatnya semua. Dan seterusnya (sesudahnya). 

Yang kami hormati shohibul hajat Bapak ....... dan Ibu ....... beserta keluarga.
Yang terhormat Bapak ......... dan Ibu ....... keluarga dari pihak laki-laki beserta rombongan. 
Yang kami hormati para alim ulama, tokoh masyarakat, pinisepuh dan para cendikiawan. 
Yang kami hormati ketua RT .....  Bapak ......... beserta staf. 
Dan yang terhormat Bapak RW ....... beserta staf. 
Yang kami hormati dan kami muliakan Bapak Ustadz .........
Hadirin, para undangan yang dimuliakan Allah SWT, yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, namun tidak mengurangi rasa hormat serta ta'dzim kami.

Tiada kata yang terindah dan toyyibah kecuali ungkapan puji syukur Alhamdulillah, bahwa pada kesempatan yang berbahagia ini, kita masih diberikan nikmat yang sangat banyak, diantaranya nikmat yang sangat agung, yaitu nikmat iman di dalam Islam, nikmat panjang umur, nikmat sehat wal afiat, sehingga kita semua dapat bermuwaja'ah, bertatap muka, dalam satu majelis untuk menjadi saksi dan mendoakan dalam acara Lamaran/Khitbah dari Saudara ......... Putra Bapak...... dan Ibu ..... kepada Saudari .......... Putri dari Bapak ........ dan Ibu .........  
Semoga acara ini diberi kelancaran dan keberkahan dari Allah SWT.  Aamiin.

Shalawat serta salam mari kita haturkan ke haribaan Junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, kepada keluarga, para sahabat, tabi'in, tabiut-tabi'in, dan kepada kita, yang hingga saat ini bahkan detik ini masih istiqomah mengamalkan risalahnya, mudah-mudahan mendapat syafaatnya di yaumul akhir kelak. Aamiin yarobbal 'aalamiin. 

Hadirin dan hadirat sekalian, yang dimuliakan Allah SWT, 
Izikanlah kami berdiri disini sebagai pemandu Acara untuk membacakan sususan acara Lamaaran/Khitbah pada hari ini : 
  1. Pembukaan.
  2. Sambutan dari dari pihak keluarga pria, untuk menyampaikan maksud dan tujuannya. 
  3. Sambutan atau jawaban dari pihak keluarga wanita. 
  4. Serah terima simbolis bawaan dari pihak pria.
  5. Penyematan cincin lamaran. 
  6. Do'a  sebagai Penutup. 
  7. Ramah Tamah. 
- Marilah kita mulai Acara pertama, yaitu pembukaan. Untuk itu mari, kita buka acara ini dengan membaca umul kitab bersama-sama. 'Alaa kuli hadiniyyah niyatun 'amalus sholehah ilaa hadratin Nabiyil Mustafa Muhammad SAW,  Al-Faatihah........ 
Mudah-mudahan acara ini berjalan dengan lancar mendapat ridha serta berkah dari Allah SWT. Aamiin.
- Meningkat pada aca selanjutnya yaitu sambutan dari pihak keluarga pria, yang akan disampaikan oleh Bapak ........... atau yang mewakilinya. Waktu dan tempat, kepadanya kami persilakan.
Terima kasih kami ucapkan atas sambutan dari Bapak ....... yang telah menjelaskan maksud dan tujuan dari kedatangannya beserta rombongan. 

- Selanjutnya Sambutan atau jawaban dari pihak wanita, yang akan disampaikan oleh Bapak ........ atau yang mewakilinya. Waktu dan tempat kepadanya kami persilakan. 

Demikian sambutan atau jawaban dari Bapak ............ selaku pihak wanita.  Alhamdulillah telah kita sama-sama dengar dengan gamblang dan jelas, bahwa khitbah atau lamaran telah diterima dengan penuh ketulusan dan rasa cinta. 

- Selanjutnya serah terima secara simbolis bawaan dari pihak keluarga laki-laki kepada pihak keluarga wanita. - Dan sekaligus penyematan cicin yang akan disematkan oleh Sang Ibu dari pihak laki-laki kepada adinda putri yang telah menerima lamaran/khitbahnya.    

- Acara selanjutnya adalah penutup, atau bacaan doa. Yang akan dipimpin oleh Bapak Ustadz .................    Kepadanya waktu dan tempat kami persilakan. 

Alhamdulillah, usailah rangkaian acara khitbah/lamaran pada hari ini, mari kita bersama-sama doakan kembali, mudah-mudahan Saudara ............. dan Saudari........... cepat melangkah kejenjang pernikahan dan dihari-hari yang ditunggunya tiba, diberi kemudahan, keridhaan dan kelancaran tanpa aral suatu apapun. Aamiin.

Kami selaku pembawa acara mohon maaf apabila ada kekhilafan dan kesalahan dalam kata-kata yang tidak tersusun dengan baik, atau perbutan yang tidak berkenan di hati hadirin sekalian, sekali lagi mohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya. 
Akhiru kalam ; 
Wabillahi Taufik Walhidayah "Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh".

Ditulis Oleh : Rasiyam Hidayat
Parung Panjang, Bogor- Indonesia. 

0 Response to "Contoh Teks MC Penerimaan Lamaran/Khitbah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel