Saat Menghadapi Musibah Atau Masalah, Lakukan 2 Perkara Ini.

JADWAL SHOLAT

Rasimyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Doa)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Islam mengajarkan kepada umatnya untuk bersabar ketika menghadapi musibah atau masalah. Lalu apa yang harus dilakukan ketika ditimpa ujian atu musibah, sedang disekitarnya tidak ada yang dapat membantu atau menyelesaikannya?.  Penasehat Mufti Mesir yang juga anggota Fatwa dari Al-Ifta, Syekh  Dr. Majdi Ashour, menjelaskan ada dua hal yang dapat dilakukan. [Dilansir dari laman Elbalad, Sesin (20/12/21)]. 
Pertama, adalah bersabar, dan kedua adalah banyak-banyak mengucapkan Subhaanallah wa bihamdih.

Dengan melakukan dua hal tersebut, maka kita akan berada di bawah Rahmat Allah SWT Ucap Syekh Dr. Majdi Ashour, mengingatkan. Hal ini didasarkan dengan firman Allah SWT sebagai berikut : 
وَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ فَإِنَّكَ بِأَعْيُنِنَا ۖ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ حِينَ تَقُومُ  "Dan bersabarlah (Muhammad) menunggu ketetapan Tuhanmu, karena sesungguhnya engkau berada dalam pengawasan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika engkau bangun" (QS, At-Thur : 48) 
Maksud ketika engkau bangun, adalah bangun untuk "aktivitas", bangun untuk "shalat tahajud" setelah kamu bangun dari tidur. 

Anggota Fatwa Darul Ifta yang lain, yaitu Syekh Uwaidah Utsman, memberikan contoh, ketika ditimpa musibah yang menekan seorang Muslim, dan tidak ada seorangpun disekitarnya untuk membantunya, maka disitulah waktu yang paling mustajab untuk memanjatkan do'a dan berserah diri kepada Allah SWT.  Dan setiap orang yang menderita kesedihan, harus berdo'a sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Bukhari, Doa yang yang diajarkan Beliau adalah sebagai berikut : 
لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ العَظِيمُ الحَلِيمُ، لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ رَبُّ العَرْشِ الكريم ، لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ والأرْضِ، ورَبُّ العَرْشِ الكريم
"La ilaha illallahul 'adhimul halimu la ila illallahu robbul 'arsyil karimu, la ilaha illallahu robbus samawaati wal ardhi, wa robbul 'arsyil karimu"  
Artinya : "Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Agung dan Maha Bijaksana, tidak ada Tuhan selain Allah, Tuhan Arsy yang Mulia, tidak ada Tuhan selain Allah, Tuhan langit dan bumi, dan Tuhan Arsy yang Mulia". 

Syekh Ustman juga menyampaikan, bahwa do'a tersebut di atas, sudah cukup untuk dipanjatkan seorang Muslim yang sedang tertekan kesulitan atau masalah yang dihadapi oleh dirinya. Sebab doa itu sudah mencakup pujian terhadap Allah SWT. "Dan selama anda memuji Allah, maka Allah akan menghilangkan kesusahan anda". Ujarnya. 

Demikian uraian singkat materi "Saat Menghadapi Musibah Atau Masalah, Lakukan 2 Perkara Ini."  Semoga bermanfaat, dan ketika kita mendapatkan kesulitan dapat mengamalkan kedua hal tersebut. Aamiin.

0 Response to "Saat Menghadapi Musibah Atau Masalah, Lakukan 2 Perkara Ini. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel