Allah akan Menggantinya dari Harta yang kamu sedekahkan.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Mu'amalah)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridah-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak Aamiin... 

Dalam Al-Qur'an Allah SWT menegaskan tidak akan berkurang harta yang disedakhkan. 

Kita, manusia sering menganggap bahwa harta yang kita berikan kepada orang lain sebagai sedekah, atau kegiatan sosial, akan mengurangi harta yang dimilikinya. Memang dalam perhitungan secara matematis dapat dikatakan benar, apabila sesuatu yang dikurangi pasti akan berkurang. 

Tetapi terkait pemberian yang dilakukan oleh seorang muslim dengan suka reka (sedekah), bukan soal matematis karena ia tidak akan menghitung dengan angka-angka. Hal ini dikuatkan dengan Sabda Rasulullah SAW, sebagai berikut : 
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda : Harta tidak akan berkurang karena shadaqoh. Allah pasti akan menambah kemuliaan seseorang yang suka memaafkan. Juga tidaklah seseorang itu merendahkan diri karena Allah, melainkkan ia akan diangkat derajatnya oleh Allah Azza-wajalla. (HR. Muslim)
Jaminan harta tak berkurang ini dijamin oleh Allah SWT. Dia menegaskan bahwasanya harta yang disedekahkan oleh seseorang dengan tulus ikhlas semata-mata karena mengharap ridhanya, maka tidak akan berkurang meskipun secara kasat mata tampak berkurang. 

Dalam kitab Taudhih Al-Ahkam min Bulughil al-Maram, Abdullah bin Abdurrahman Al-Bassam menjelaskan ada tiga makna harta tidak berkurang karena sedekah. 
Pertama ;  Allah menumbuhkan atau mengembangkan, membersihkan atau mencsucikan dan memberkahi harta tersebut. 
Kedua ; Pahala dari Allah yang dihasilkan karena sedekah itu menutupi kekurangannya nilai fikik harta.
Ketiga ; Allah menggantinya dengan yang sepadan dengan harta yang berkurang itu, bahkan Dia menukarnya dengan yang lebih banyak. 

Dalam beberapa ayat Al-Qur'an Allah menjelaskan bahwa tidak akan berkurang harta yang disedekahkan. Bahkan secara kasat mata harta itu dapat dilihat malah bertambah. Bisa saja pada saat itu juga, dan juga di waktu lain. Dan tambahan itu tidak selalu berujud benda atau material, namun dalam bentuk non material, misalnya ; kesehatan, lancarnya rezeki, kemudahan dalam segala urusan, dan keberkahan dalam segala aspek hidupnya. 

Allah berfirman dalam Al-Qur'an sebagai berikut : 
"Katakanlah : Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki, bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan menyempitkan (bagi siapa yang dikehendaki-Nya). Dan barang apa saja yang dinafkahkan, maka Allah akan menggantinya, dan Dia-lah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya". (QS, Saba' /34 : 39). 
Dengan kata lain Allah mengganti sedekah yang dikeluarkan seseorang, bukanya dengan benda yang sejenis, namun bisa jadi ditukar dengan yang lebih baik dan lebih banyak. 

Rasulullah SAW, pernah mengingatkan Bilal bin Rabah, "Besedekahlah wahai Bilal!. Jangan pernah takut Tuhan pemilik Arasy akan mengurangi hartamu." (HR. Ath-Thabrani)

Dalam kitab Tafsir Al-Qur'an al-Azhim, Ibnu Katsir menjelaskan, apa saja yang kita sedekahkan, baik itu karena perintah Allah agar dilaksanakan (wajib) misalnya Zakat mal, zakat fitrah, ataupun sedekah sunnah, maka Allah akan memberinya ganti di dunia, dan di akhirat dengan ganjaran dan pahala. 

Bahkan ditegaskan kepada kita barangsiapa yang mau memberi pinjaman kepada Allah maka akan dikembalikan dengan berlipat ganda. Sebagaimana firman-Nya di bawah ini : 
"Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan harta di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya, dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (ezeki), dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan". (QS, Al-Baqarah/2 : 245). Wallahu 'alam.

Demikian uraian singkat materi "Allah akan Menggantinya dari Harta yang kamu sedekahkan". Semoga bermanfaat, dan marilah kita bersedekah dengan ikhlas hanya karena Allah semata. Aamiin.

0 Response to "Allah akan Menggantinya dari Harta yang kamu sedekahkan. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel