3 Cara Al-Qur'an Mengobati Rasa Sakit, Atas Ucapan Buruk Orang.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Al-Qur'an)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Dalam hidup dan kehidupan di dunia ini, kita sebagai manusia yang berada dalam takdir bahwa kita adalah diciptakan sebagai makhluk yang bersosial. Dalam artian kita tak mungkin akan hidup tanpa bantuan orang lain atau interaksi dengan sesama. 

Kadang kita sering dihadapkan pada situasi sulit ketika kita mendapatkan ucapan buruk dari orang lain, tentu secara manusiawi kita akan merespon dengan marah dan sedih. Namun untuk menjaga hubungan antar manusia agar tidak menjadi kurang baik, apalagi sampai retak maka kadang kita tetap bertahan dalam situasi marah dan sedih yang terpaksa ditahan. Walaupun dalam sanubari yang dalam rasa tidak tenang selalu menghatuinya.  Lalu bagaimana cara kita melepaskan ketidak tengangan ini, tetapi orang lain yang memberi ucapan buruk dengan sinisnya itu, tidak menjadi marah dan sakit hati.

Al-Quran adalah kitab Suci yang menjadi pedoman hidup kita agar selamat di dunia hingga akhirat. Jangan lupa bahwa  Al-Qur'an sebagai pedoman untuk menuntun hidup kita, al-qur'an juga sebagai sifa (obat) dari segala penyakit. Maka ketidak tenangan, marah, dan sedih juga dapat diobati dengan Al-Qur'an dan di dalam Al-Qur'an sedikitnya terdapat 3 cara untuk mengobati rasa tersebut, yang dijelaskan dalam Firman-Nya sebagai berikut :

1. Bertasbih.
Inilah firman Allah yang diajarkan kepada Nabi Muhammad SAW, ketika beliau merasa sempit di dadanya karena ucapan buruk. : 

"Dan sungguh Kami mengetahui bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah engkau diantara orang yang bersujud (shalat)" (QS, Al-Hijr/15 : 97-98)
Pada QS, (15) ayat 95, Nabi SAW diolok-olok oleh kaum musyrikin dengan ucapan yang buruk. Hingga Nabi SAW merasa sempit di dadanya.  
Dua ayat di atas adalah berkaitan dengan Anugrah Allah yang terbesar, yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. yang dapat kita baca dari ayat 87 hingga ayat 99 surat Al-Hijr. Dan kedua  ayat tersebut diatas, Allah memerintahkan agar bertasbih untuk mengobati dada Nabi SAW, yang merasa sempit dengan ucapan atu ejekan yang buruk dari kaum musyrik. 

2. Bersabar.
Cara yang kedua yang diajarkan Allah SWT untuk mengobati rasa sakit karena ucapan buruk orang. Hal ini terdapat pada surat Qaaf ayat 39, yang terdapat di dalam al-Qur'an dalam rangka Allah akan memberi ancaman terhadap orang-orang yang mengingkari hari kebangkitan. Ini dapat dibaca dari ayat 36 sampai 45. Dan pada ayat yang ke 39-nya Allah memberikan arahan untuk bersabar dari perkakatan mereka yang buruk. Sebagaimana firman-Nya di bawah ini : 
"Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya)" (QS, Qaaf/50 : 39).

3. Bersabar Dan Selalu Memuji Tuhan. (Kombinasi)
Selain bertasbih, Allah juga memberi arahan cara mengobati rasa sakit karena ucapan buruk orang. Allah berfirman dalam Al-Qur'an sebagai berikut : 
"Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari, dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang". (QS, Thaha/20 : 130)
Ayat di atas adalah ketika Nabi SAW diperintahkan oleh Allah untuk memberi peringatan serta ajaran tentang moral. Dalam al-Qur'an tentang itu secara lengkap terdapat pada surat Thaha dari ayat 128 - 135.

Membalas kata-kata buruk dengan ayat Al-Qur'an adalah musthahab (pekerjaan yang mendapatkan pahala) atau menanggapi keburukan dengan kebaikan. Sebab hal yang demikian adalah suatu prilaku Nabi Muhammad SAW, dalam menanggapi hal yang buruk dengan dibalas kebaikan. Selain itu dengan membacakan Al-Qur'an diharapkan mereka yang berkata buruk kepada kita mendapatkan petunjuk dan bertaubat. 

Demikian uraian singkat materi "3 Cara Al-Quran Mengobati Rasa Sakit Atas Ucapan Buruk Orang". Semoga bermanfaat dan semoga kita akan selau membalas keburukan dengan kebaikan. Karena hal ini adalah salah satu contoh dari Rasulullah SAW. 

0 Response to "3 Cara Al-Qur'an Mengobati Rasa Sakit, Atas Ucapan Buruk Orang."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel