Hati-hati Dengan 9 Perkara ini, Sebab Dapat Menutup Rezekimu.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah) 

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengirigi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Tidak ada satupun makhluk Allah yang tidak mendapat rezeki, tak terkecuali manusia. Dan setiap manusia sudah ada kadar masing-masing rezekinya. Namun banyak hadits yang menyatakan bahwa manusia juga dapat dimurahkan rezekinya  dengan mengamalkan silaturahim. Hal ini sesuai hadits Nabi Muhammad SAW, : "Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dilambatkan azalnya, maka hendaklah dia menghubungi sanak saudaranya (silaturahim)".  (HR. Bukhari). 

Dalam hadits lain juga dinyatakan bahwa rezeki dapat menjadi lancar dan mudah ketika kita suka sedekah. Rasulullah bersabda : "Hai Zubair ketahuilah bahwa kunci rezeki hamba itu, dibentangkan di Arasy, yang dikirim oleh Allah Azza wa Jalla kepada setiap hamba sekedar nafkahnya. Maka siapa yang membanyakkan pemberian kepada orang lain, niscaya Allah akan membanyakkan baginya. Dan siapa yang menyedikitkan, niscaya Allah menyedikitkan baginya". (HR. ad-Daruquthni dari Anas, RA.) 

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa rezeki juga dapat saja tertutup. Apa gerangan yang salah dilakukan hingga pintu rezeki dapat tertutup?.  Minimal ada 9 penyebab pintu rezeki tertutup karena hal-hal tersebut di bawah :

1. Syirik (Musyrik)
Yang menyebakan pintu rezeki tertutp yaitu ketika kita melakukan hal kesyirikan. Orang yang melakukan kesyirikan maka akan mendapatkan dosa yang besar. Dosa ini tidak akan mendapat ampunan dari Allah selama masih tetap melakukan kesyirikan. 

Contoh perbuatan syirik adalah mempercayai dan meminta kepada benda-benda mati. Misalnya berdoa di kuburan yang di anggap keramat, mempercayai bahwa pohon yang besar dapat dimintai rezeki dan keselamatan. Hal syirik yang sangat tercela ketika meminta kepada Syaithan, atau Jin untuk mengabulkan do'anya. 

Jika ingin pintu rezeki selebar-lebarnya dan lancar, maka percalah hanya kepada Allah SWT, sebagai satu-satunya untuk meminta petunjuk dan rezeki. Jangan sampai kita mempercayai kekuatan lain selain kepada Allah SWT, sebagi tempat menyembah dan minta pertolongan. Sebab perintahnya jelas disebutkan dalam Al-Qur'an sebagai berikut : 

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain daripada (syirik) itu. bagi siapa yang dikendaki-Nya. Dan barang siapa yang menyekutukan Allah, maka ia telah berbuat dosa yang besar". (QS, An-Nisa'/ 4 : 48). 

2. Lalai Dalam Shalat.
Hal lain yang dapat menutup rezeki berikutnya yaitu seringnya kita lalai dalam mengerjakan shalat. Maka lalainya kita melakukan shalat dapat menutup pintu rezeki. Karena seringnya lalai bahkan sering pula meninggalkan shalat, berarti kita tidak mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT. Ini sama saja kufur/ingkar nikmat maka akan menyebabkan sulitnya rezeki, bahkan akan mendapat azab yang pedih.
Allah berfirman sebagai berikut : 
"Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhan-mu memaklumkan "Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (QS, Ibrahim/14 : 7). 
   
3. Durhaka Kepada Orang Tua.
Durhaka kepada orang tua juga dapat menyebabkan tertutupnya pintu rezeki. Saat orang tua sedang membutuhkan bantuan, kita sering mengabaikan. Bahkan ketika orang tua sedang sakit kita tidak ikut merawatnya. Sikap jauh dengan orang tua inilah yang dapat menyebabkan jauhnya rezeki dari Allah, bahkan dapat menutupnya. 
Agar lancar rezekinya pastikan kita selalu berbakti kepada orang tua. Salah satu bakti kepada orang tua adalah dengan memberikan perhatian khusus misalnya ketika orang tua sudah tidak dapat mencari nahkah lagi, maka kita harus bantu menafkahinya. Dengan begitu rezeki kita akan dilancarkan oleh Allah SWT. 

4. Jangan Sekali-kali Berbuat Zina.
Ini juga akan menutup rezeki kita. Sebab zina adalah perbuatan yang amat keji dan buruk yang tentu akan merusak dari sendi kehidupan baik terhadap diri sendiri maupun masyarakat pada umumnya. Bahkan saking buruknya mendekatinya saja, dilarang oleh Allah SWT, sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur'an : 
Dan janganlah kamu mendekati zinaa, sesungguhnya zinaa itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk". (QS, Al-Isra'/17 : 32)

5. Makan Harta Yang Haram.
Penyebap tertutupnya pintu rezeki adalah memakan harta yang haram, baik secara fisik maupun sifat (cara mendapatkannya) dengan cara tidak halal. Haramnya makanan juga dapat desebabkan karena zatnya. Secara zat makanan yang haram, misalnya ; Daging babi, darah, bangkai, anjing, tikus, dan masih banyak jenais lain yang tidak kami sebutkan disini. 

6. Sering Meminum Minuman Keras.
Meminum-minuman keras juga termasuk bagian yang nenutup rezeki. Sebab mabuk sendiri dalam Islam termasuk yang diharamkan. Keharaman minuman atau khamer ini dapat kita temui dalilnya di dalam  Al-Qur'an pada surat Al-Baqarah sebagai berikut : 
"Mereka bertanya kepadamu tentang khamer dan judi. Katakanlah : "Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". (QS, Al-Baqarah/ 2 : 219.

7. Memutuskan Silaturahim.
Silaturahim adalah hal yang sangat penting maka termasuk diperintahkan dalam agama. Apabila kita memtuskannya, ini dapat juga menutup rezeki. Karena siapa saja yang memutuskan silaturahim, Allah sangat membencinya. 
Memutus silaturahim berarti kita akan menjadi manusia yang individualis. Hal ini telah menyimpang dari fitrah manusia yang bersifat sosial. Bahkan terhadap keluarga, dan teman juga sudah tidak pernah bergaul lagi. Maka sudah dapat dipastikan pintu rezekinya-pun akan tertutup. 
Nah agar pintu rezeki terbuka lebar, maka harus selalu menyambung silaturahim kepada keluarga, sanak saudara dan teman kerabat. 

8. Sering Melakukan Ghibah.
Penyebab pintu rezeki tertutup berikutnya yaitu karena kita selalu melakukan ghibah (menggunjing), hal-hal buruk yang dimiliki teman, kita selalu bicarakan. Teman digosipi dan diceritakan keburukannya. Meng-ghibah saudara, teman, dan kerabat, dapat membuat pintu rezeki tertutup. Sebab perbuatan ghibah itu sendiri diralang dalam agama Islam. 

9. Kikir Terhadap Sesama Manusia.  
Kikir terhadap sesama manusia juga bagian dari sebab tertutupnya rezeki. Kita tidak mau sedekah kepada keluarga, saudara, kerabat, yatim piatu yang sangat membutuhkan bantuan. Sifat kekir ini juga membuat pintu rezeki tertutup. 
Sebab hakekatnya harta yang kita miliki hanyalah titipan  dari Allah SWT. Kita wajib berbagi kepada sesama manusia lain, ketika kita memiliki banyak kelebihan rezeki.  Wallahu 'alam bishowwab.

Demikian uraian singkat materi "Hati-hati Dengan 9 Perkara ini, Sebab Dapat Menutup Rezekimu". Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan sesuai kemampuan dan berusaha beramal dengan niat yang ikhlas, semata karena Allah. Aamiin.    

0 Response to "Hati-hati Dengan 9 Perkara ini, Sebab Dapat Menutup Rezekimu."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel