Keistimewaan Surat Al-Hasyr Jika Dibaca Setiap Malam


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kaegori posting Al-Qur'an)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Surat Al-Hasyr termasuk kelompok surat Madaniyah, sebab surat ini diturunkan di Madinah setelah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah.  

Surat Al-Hasyr terdiri dari 24 ayat, dan berada diurutan ke-59 berdasarkan tertib susunan surat dalam Mushaf  Al-Qur'an. Dari 24 ayat terdiri dari 3 ruku'. (ruku' pertama jatuh pada ayat ke-10, ruku kedua jatuh pada ayat ke-17 dan ruku ketiga pada ayat ke-24). 

AL-HASYR (PENGUSIRAN).  Dinamai surat Al-Hasyr, diambil dari perkataan "Al-Hasyr" yang terdapat pad ayat 2 surat ini. Di dalam surat ini disebutkan kisah pengusiran suatu suku Yahudi yang bernama Bani Nadhir yang berdiam di sekitar kota Madinah.

Adapun pokok-Pokok Isinya adalah : 
Pertama : Keimanan.
Apa yang berada di langit dan di bumi semuanya bertasbih memuji Allah. Allah pasti mengalahkan musuh-musuh-Nya dan dan musuh-musuh Rasul-Nya. Allah mempunyai Asmaa-ul Husna, keagungan Al-Qur'an dan ketinggian martabatnya.

Kedua Hukum-Hukum
Cara pembagian harta Fai-'i, perintah bertaqwa dan menyiapkan diri kehidupan ukhrawi. 

Dan Ketiga Lain-lain.
Beberapa sifat orang-orang munafik dan orang-orang ahli kitab yang tercela, dan peringatan-peringatan untuk kaum Muslimin.  

Dari surat Al-Hasyr tersebut secara ringkas diketahui bahwa ada kesepakan untuk hidup bersama, rukun dan damai, dari kaum Mulsim dan Yahudi yang berada di Madinah. Namun dua suku yang bertempat di Madinah yakni Bani Qainuqa dan Bani Nadhir sering melanggar perjanjian. 

Mereka-pun sering merasa iri dengan keberhasilan/kesuksesan dakwah Nabi Muhammad SAW. Maka tidak rela kaum Yahudi terkalahkan oleh Islam yang dibawakan Nabi Muhammad SAW.  Alhasil pada suatu waktu Bani Nadhir merencanakan pembunuhan terhadap Nabi Muhammd. Dan akhirnya mereka diusair dari Madinah.   Inilah sekelumit kisah yang terdapat di surat Al-Hasyr. 

Terlepas dari dari itu, surat Al-Hasyr memiliki keistimewaan tersendiri bagi orang yang selalu membacanya setiap malam. 

Menurut keterangan ; orang yang membaca surat tersebut setiap malam, akan dihindarkan oleh Allah SWT dari setiap keburukan, kejahatan, kemalangan, baik di dunia maupun di akhirat kelak. 

Sebagaimana sabda Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, yang diwashiyatkan kepada Ali bin Abi Thalib yang dapat ditemukan dalam kitab Washiyat Al-Musthafa yang disusun oleh Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Muhammad bin Musa Asy Syarani Al-Anshari Asy Syafi'i Asy Syadzili Al-Mishri, atau dikenal sebagai Imam Asy Syaran, sebagai berikut : 

"Wahai Ali, ketahuilah barangsiapa yang membaca surat Al-Hasyr setiap malam, maka Allah akan menghindarkan bagi orang yang membacanya dari nasib apes (buruk), di dunia maupun di akhirat".

Maksudnya orang yang selalu membaca Surat Al-Hasyr pada setiap malam akan dihindarkan dari setiap keburukan, kejahatan, musibah dan lainnya, baik di dunia dan di akhirat. Wallahu 'alam.

Demikian uraian singkat materi "Keistimewaan  Surtat Al-Hasyr Jika Dibaca Setiap Malam. Semoga bermanfaat, dan kita mohon kepada Allah agar dapat mengamalkannya dengan istiqamah, dengan niat ikhlas karena Allah.

0 Response to "Keistimewaan Surat Al-Hasyr Jika Dibaca Setiap Malam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel