9 Tuntunan, Agar Bacaan Al-Qur'an Berdampak Bagi Pembacanya.

9 Tuntunan Membaca Al-Qur'an Agar Berdampak Baik, Bagi Pembacanya. 

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Al-Qur'an)
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Umat Islam wajib hukumnya membaca Al-Qur'an. Sebab Al-Qur'an adalah Firman Allah SWT yang diturunkan untuk manusia pada umumnya wabil khusus bagi seorang muslim. Al-qur'an adalah kitab yang memberikan petunjuk kepada kita bagaimana cara menjalani kehidupan di dunia ini agar selamat dunia hingga akhirat. Maka manakala ada orang muslim tidak dapat membaca al-qur'an, hal ini yang harus kita pertanyakan. Namun bagi umat muslim yang sudah dapat membaca al-qur'an, juga harus memperhatikan bagaimana cara membaca al-qur'an dengan baik dan benar agar yang kita baca dapat berdampak kepada diri kita. 

Judul artikel di atas, 9 tuntunan agar bacaan al-qur'an berdampak bagi pembacanya, penulis mencoba  menguraikan dengan sederhana di bawah ini :

Pertama : Cintai Al-Qur'an sepenuh hati, dengan keseriusan dalam membacanya, mentadaburinya, dan mengamalkannya. Sebab yang demikian adalah tanda-tanda kuatnya iman dan cintanya kepada Allah SWT. 

Kedua : Jadikan bacaan Al-Qur'an sebagai salah satu alasan terbesar untuk meningkatkan iman, sebab orang yang beriman akan ditambahkan imannya yang telah ada di dalam dadanya jika selalu membaca Al-Qur'an.  Kita dapat simak firman Allah sebagai berikut : 

"Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah, atas keimanan mereka (yang telah ada). Dan milik  Allah-lah tentara langit dan bumi, dan Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana". (QS, Al-Fath/48 : 4)

Ktiga : Jangan sekali-kali mengabaikan bacaan, tilawah, tadabur al-qur'an, sebab mengabaikan merupakan alasan lemahnya dan kurangnya iman. 

Keempat : Membaca, tilawah dan tadabur, al-quran, adalah bentuk kekuatan cintanya kepada Allah SWT. 

Kelima : Pahami bahwa tujuan diturunkannya Al-Qur'an bukan hanya sekedar dibaca, ditadaburi namun juga harus diamalkan.  Sebagaimana firman Allah di bawah ini : 

Ini (Al-Qur'an) adalah sebuah kitab yang kami turunkan kepadamu, penuh dengan berkah, supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya, dan supaya mendapat pelajaran orang-oramg yang mempunyai pikiran". (QS, Shaad/38 : 29)

Keenam : Membaca Al-Qur'an dengan sikap rendah hati, dan khusu' sebab ini yang juga akan mendatangkan pahala besar. Firman Allah sebagai berikut : 

"Dan mereka menyungkurkan wajah sambil menangis dan mereka bertambah khusu' ". (QS, Al-Isra' /17 : 109).  (-pen.Tersungkur bermakna sikap merendahkan diri dan khusu' dalam membaca Al-Qur'an). 

Ketujuh : Rasulullah s.a.w, bersabda : bahwa membaca Al-Qur'an, adalah diantara amalan yang akan membuat seorang Muslim mendapatkan perlindungan di hari Kebangkitan kelak. 

Kedelapan : Memperbanyak perbuatan baik atau amalan sholeh setiap saat. Sebab hal ini menjadi faktor dijauhkannya dari fitnah. Diantara amal saleh adalah membaca Al-Qur'an, tilawah, shalat, berdo'a, istighfar, dan sedekah. 

Kesembilan : Berusahalah dengan ikhlas dalam mengerjakan amal shaleh. Dalam hal ini yaitu membaca Al-Qur'an. Sebab ikhlas merupakan wujud kecintaan kepada Allah SWT. Segala sesuatu datangnya dari Allah, dan segala amal yang tidak dikerjakan dengan ikhlas, maka akan ditolak. Wallahu 'alam.

Demikian uraian singkat "9 Tuntunan, Agar Bacaan Al-Qur'an Berdampak Bagi Pembacanya". Semoga yang sedikt ini bermanfaat dan dapat kita amalkan dengan ikhlas dan hanya mengharap ridha-Nya. Aamiin. 

0 Response to "9 Tuntunan, Agar Bacaan Al-Qur'an Berdampak Bagi Pembacanya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel