Perbaiki Shalatmu Niscaya Allah Akan Memperbaiki Hidupmu.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Shalat).

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Alhirat kelak. Aamiin...

"Jika shalat kita baik insya Allah kehidupan kita juga akan diperbaiki oleh Allah SWT".

Hidup ini adalah sebuah perantara atau tempat bagi makhluk-Nya untuk mengabdi kepada pencipta-Nya. Dengan kata lain ibadah adalah kebutuhan primer bagi setiap makhluknya. Selainnya, misalnya makan, minum, aktivitas, dan juga istirahat, merupakan faktor pendudkung atau kebutuhan skunder dan juga tersier. 

Ibadah wajib yang mencerminkan aktivitas pengabdian manusia terhadap penciptanya ialah shalat. Shalat adalah ibadah yang sangat mendasar dan wajib bagi setiap manusia yang telah diciptakannya. Sebab hal ini sesuai dengan tujuan Allah menciptakan manusia tidak lain dan tidak bukan, kecuali hanya untuk menyembah atau mengabdikan diri kepada sang Maha Pencipta.Nya. Hal ini telah dijelaskan dalam Al-Qur'an sebagaimana firman-Nya tersebut : 

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya menyembah-Ku". (QS, Adz-Dzariyaat / 51 : 56).  Maksud menyembah-Ku secara spesifik adalah untuk mengerjakan shalat yang menjadi bagian dari rukun Islam yang lima. 

Shalat dalam posisi rukun Islam adalah sebagai tiangnya agama. Oleh sebab itu ketika kita tidak menjalankan shalat maka dikatakan bahwa kita telah meruntuhkannya. Ketika menjaga tiang atau mendirikan shalat maka seluruh yang ditopang oleh tiang bahkan seisi yang berada di bawah tiang pasti akan terlindungi dengan baik. 

Apa hubungan memperbaiki shalat dengan membaiknya hidup?. Sudah barang tentu sangat erat hubungannya dengan membaiknya hidup kita secara otomatis, karena terlindungi oleh tiang yang selalu kita jaga setiap saat. 

Di dalam shalat setiap hamba pasti terjadi dialog dengan pencipta-Nya, yang penuh dengan makna sehingga menjadikan hidup ini terarah, sebab diantara dialog tersebut adalah berisi ; pujian, permohonan, dzikir, serta doa. Dari dialog antara makhluk dan yang mencitakan (Allah), terjadi interaksi hubungan yang sangat dekat, sehingga tak hayal kalau seorang hamba memintanya, niscaya Allah kabulkan. Dan Allah SWT akan selalu memperbaiki kehidupannya ketika hamba tersebut istiqomah dalam menjaga tiang tersebut, (mendirikan shalat).    

Bagi yang sudah istiqamah menjalankannya tingkatkan hingga mempunyai nilai yang tinggi dalam rangka mengabdikan dirinya kepada sang Maha Pencipta. Dan yang sedang mulai belajar untuk menjalankan perbaiki dan tingkatkan pula, kwalitas shalatnya agar dapat menjadi bagian penolong dalam hidupmu di dunia ini, hingga menyelamatkan hisab di akhirat kelak. 

Shalat mempunyai peran yang besar dalam kehidupan kita di dunia ini. Jika shalat kita baik, niscaya kehidupan kita juga pasti akan baik. Ketika kita mengerjakan/mendirikan shalat dengan istikomah,  maka akan kita dapati beberapa pengaruh shalat terhadap kehidupan kita : 
1. Shalat akan menolong dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai Firman Allah sebagai berikut : 
"Hai orang-orang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah berserta orang-orang yang sabar". (QS, Al-Baqarah/2 : 153). 

2. Shalat dapat menentramkan hati / jiwa. Inilah firman-Nya dalam Al-Qur'an : 

"(yaitu) Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS, Ar-Raad/ 13 : 28) 

3. Sholat mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Allah berfirman sebagai berikut :  

"Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu. Yaitu Al-kitab (al-Qur'an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhny shalat itu mencegah (perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan". (QS, Al-Ankabut/ 29 : 45) 

4. Shalat akan menghapus kesalahan (dosa). Allah menerangkan dalam Al-Qur'an sebagai berikut : 
"Dan dirikanlah shalat itu, pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapus (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat". (QS, Surat Hud / 11 : 114).  

5. Shalat yang Khusu' menjadikan seorang mukmin yang beruntung.  Firman Allah sebagai berikut  : 

"Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) Yang khusu' dalam shalatnya". (QS, Al-Mu'minun/23 : 1-2).

Dari lima jenis pengaruh shalat, maka semuanya ada kaitannya dengan hidup yang sedang kita jalani di dunia saat ini. Jika merasa hidup kita sekarang belum baik, sesungguhnya shalat kita belum baik dalam pengamalannya. Ini perlu diperbaiki agar Allah juga memperbaiki kehidupan kita. Wallahu 'alam. 

Demikian uraian singkat materi "Perbaiki Shalatmu Niscaya Allah Akan Memperbaiki Hidupmu". Semoga bermanfaaf dan kita berlindung kepada Allah agar selalu dapat memperbaiki kekurangan kita. Aamiin. 

0 Response to "Perbaiki Shalatmu Niscaya Allah Akan Memperbaiki Hidupmu."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel