Do'a Yang Diajarkan Rasulullah SAW, Agar Terlepas Dari Hutang.


Rasiyambumen.com
Kajian Khazanah Islam (kategori posting Do'a)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Siapa pun yang memiliki hutang pasti ingin segera terlepas atau terbebas dari hutangnya. Sebab walau bagaimanapun, hutang adalah beban/tanggung jawab yang harus dilunasi sampai kapan pun kecuali hutang tersebut dibebaskan dari yang memberi pinjaman. 

Perlu diingat bahwa hutang adalah salah satu tanggung jawab yang harus dilunasi/diselesaikan selama kita masih hidup di dunia. Hati-hati mengabaikan soal hutang, akan beresiko memberatkan beban seorang hamba nanti, di akhirat kelak.

Karenanya menurut Siti Aisyah radiyallahu anha, Rasulullah SAW selalu berlindung kepada Allah agar terlepas dari jeratan hutang, sebagaimana yang diriwayatkan al-Humaidi dalam Musnad-nya nomor 246. Maka berbagai macam ikhtiar tentunya harus diupayakan agar segera dapat melunasinya. Dan tidak kalah pentingya adalah upaya do'a yang harus selalu dipanjatkan kepada Allah SWT.  

Salah satu doa yang pernah diajarkan Rasulullah SAW kepada seorang sahabat Anshar, sebagaimana yang diriwayatkan Abu Dawud, nomor hadits 1555. Doa ini Rasulullah SAW ajarkan berkaitan dengan kejadian seorang sahabat Anshar yang bernama "Abu Umamah". Ashabul Wurud hadis tersebut adalah sebagai berikut :

"Disebutkan oleh Abu Sa'id al-Khudri, pada suatu hari Rasulullah SAW, masuk ke masjid. Ternyata di sana sudah ada seorang laki-laki Anshar yang bernama Abu Umamah. Beliau kemudian menyapanya, Hai Abu Umamah, ada apa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat?. Abu Umamah menjawab "Kebingungan karena hutang-hutangku yang membuatku begini". Maukah kamu, jika aku ajarkan suatu bacaan yang jika kamu membacanya, Allah akan menghapuskan kebingungan-mu dan memberi kemampuan melunasi hutang?". Abu Umamah menjawab, Tentu ya Rasul, : Beliau melanjutkan  "Jika memasuki waktu pagi dan sore hari, maka bacalah ini" : 

Allahuma innii 'audzubika minal hammi wal hazani. Wa 'audzu bika minal 'ajzi wal kasali. Wa'audzu bika minal jubni wal bukhali. Wa 'audzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rajaali. 

Artinya : 
Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan.
Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan.
Aku berlindung kepada-Mu  dari ketakutan dan kekikiran.
Aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan tekanan orang-orang. 

Dari apa yang diajarkan Rasulullah SAW itu, Abu Umamah mengamalkan dengan sungguh-sungguh sehingga doa tersebut dikabulkanoleh Allah SWT.  Abu Umamah menyatakan dan memberi tahu Rasulullah SAW, bahwa dirinya telah terlepas dari lilitan hutang. 

Maka tidak ada salahnya kepada kita yang memiliki hutang belum juga terlunasi mari kita amalkan doa yang diajarkan Rasulullah SAW tersebut di atas, dengan seungguh-sungguh berserah diri kepada-Nya, agar doa kita didengar dan dikabulkan. Aamiin. 

Demikian uraian singkat materi "Do'a Yang Diajarkan Rasulullah SAW Agar Terlepas Dari Hutang". Semoga bermanfaat dan segera kita amalkan bila kita memerlukannya. Wallahu 'alam.

0 Response to "Do'a Yang Diajarkan Rasulullah SAW, Agar Terlepas Dari Hutang."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel