Pendosa Yang Bertaubat, Allah Siapkan Surga Baginya.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah).

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Selama ini hal yang umum atau jamak diketahui serta dipahami orang kebanyakan, bahwa surga hanyalah diperuntukkan untuk orang-orang yang bertakwa saja. Pendapat dari kalimat ini memang tidak salah, namun tidak berarti mutlak benar. 

Sebab bisa saja orang yang selalu berbuat dosa atau maksiat, merekapun dapat masuk surga, manakala mereka cepat-cepat merubah dari perbuatan yang Allah benci, dengan bersegera mencari ampunan  dengan cara bertaubat secara nasuha. Allah berfirman dalam Al-Quran ebagai berikut : 

"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu, dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa". (QS, Ali Imran/3 : 133) 

Syeikh Khalid dalam ceramahnya menyampaikan bahwa surga juga diperuntukkan untuk mereka yang mampu menahan amarahnya, memaafkan kesalahan orang lain, orang yang mengeluarkan hartanya baik di waktu senang maupun susah, dan mereka yang melakukan perbuatan dosa yang keji, namun kemudian mereka bertaubat,  maka akan mendapatkan surga-Nya.  Allah berfirman dalam Al-Quran sebagai berikut : 
"Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri,  mereka ingat akan Allah  lalu memohon ampunan terhadap dosa-dosa mereka, dan siapa lagi yang dapat menganpuni dosa, selain daripada Allah. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan keji itu, sedang mereka mengetahui". (QS, Ali Imran/3 : 135).  

Surga adalah Rahmat Allah SWT bagi orang-orang yang bertaubat nasuha, dari kesalahan yang telah ia lakukan dan setelah itu selalu mendekatkan diri pada-Nya untuk bertaqwa. Sedangkan Neraka adalah tempat siksaan-Nya yang disediakan sebagai tempat yang hina bagi musuh-musuh-Nya, yaitu orang-orang musyrik, munafik dan kafir. Penghuni surga senantiasa berada dalam kebahagiaan yang abadi. 

Dan penghuni surga selalu mendapat kabar gembira, karena mereka beriman dan selalu berbuat baik. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an sebagai berikut : 
"Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga, yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu (di dunia)" Mereka diberi buah-buahan yang serupa, dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci, dan mereka kekal di dalamnya. (QS, Al-Baqarah/2 : 25). 

Demikian uraian singkat materi "Pendosa Yang Bertaubat, Allah Siapkan Pula Surga Baginya". Semoga yang sedkit ini bermanfaat, untuk menambah keimanan kita dalam pengamalan agama dengan baik dan benar. Aamiin. 

0 Response to "Pendosa Yang Bertaubat, Allah Siapkan Surga Baginya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel