Beragam Alasan Allah Memberi Rezeki Pada Manusia.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Jangan sekali-kali kita mencari rezeki dengan jalan dosa. Sebab hal yang demikian akan membuat hasil yang semu apa yang dimilikinya ketika jalan dosa tetap dilanggar. Bahkan bisa berakibat menimbulkan kemiskinan dalam hidup. 

Allah SWT sudah menjamin rezeki setiap manusia. Namun bukan berarti manusia lantas hanya berpangku  tangan (malas tidak mau bekerja). Sebab dalam hidup manusia perlu memenuhi kebutuhannya.  Maka ia harus bekerja untuk mencarai nafkah mengupayakan dan menjemput rezeki dari-Nya. Walaupun rezeki itu siftnya sulit dan rahasia namun terkadang datangnya tidak disangka-sangka.

Allah telah menginformasikan tentang rezeki kepada manusia, didalam Al-Qur'an. Disasana dijelaskan tentang jaminan rezeki yang Allah berikan kepada manusia. Ternyata beragam cara Allah memberikan rezeqi kepada manusia itu, diantaranya sebagai berikut :

  • Allah memberi rezeki kepada seseorang tanpa batas hal ini disebutkan dalam Al-qur'an Surat Al-Baqarah/2 : 212.
  • Allah memberi rezeki karena orang itu memberikan sedekah. Ini tertera dalam surat Al-Baqarah (QS, 2) ayat 245.
  • Rezeki yang diberikan Allah karena Jaminan-Nya. Ini diterangkan dalam Surat (QS,Hud/11 ayat 6.
  • Rezeki karena manusia bersyukur. Ini juga diterangkan dalam Al-Qur'an surat Ibrahim (QS, 14) ayat 7.
  • Rezeki karena yang diberikan perantara Anak. Ini dijelaskan dalam Al-Qur'an surat al-Israa' (QS, 17) ayat 31.
  • Rezeki karena mendirikan shlat dengan khusu'. Ini juga dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Mu'minuun (QS, 23) ayat 1-2.
  • Rezeki karena menikah. Dijelaskan dalam Al-Quran surat An-Nur (QS, 24) ayat 32.    
  • Rezeki karena mohon ampunan (istighfar). Ini Allah jelaskan dalam al-Qur'an surat Nuh (QS, 71) ayat 10-11. 
Dari penjelasan/paparan di atas sebenarnya bahwa rahasia rezeki telah dibuka. Namun mengapa banyak orang diantara kita yang hidupnya tetap miskin dan jauh dari rezeki (kaya di dunia). Nah ada dua tips sederhana dan bisa segera diterapkan agar kita mustahil miskin dan hidupnya serba dimudahkan dalam keberkahan rezeki. 

Pertama, Stop berbuat dosa. Dari Tsaubah Rasulullah SAW bersabda "Sesungguhnya seseorang akan terhalang dari rezekinya karena dosa yang ia lakukan." (HR. Ibnu Majah). Namun dalam fenomena, ada orang yang sering berbuat dosa tanpa tobat, tetpi masih kaya hartanya melimpah. 

Sementara yang Muslim yang tetap beribadah dan selalu istighfar atau bertobat hanya mendapat rezeki pas-pasan. Dalam menyikapi hal seperti ini, seorang Muslim tidak boleh iri, sebab nikmat yang seperti itu hakekatnya adalah nikmat semu. Dari Ukbah bin Amr. Nabi SAW bersabda : "Kalau kamu melihat nikmat dunia (sesuai keinginannya) kepada seseorang atas perbuatan dosanya, maka hal itu adalah istidraj. (kenikmatan semu yang berakhir musibah dan bencana)". Semoga kita dijauhkan dari kondisi seperti itu. Aamiin. 

 Allah SWT telah memberikan peringatan keras dalam firman-Nya : 

"Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka ; sehingga apabila mereka gembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-koyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus-asa". (QS, Al-An-'am/ 6 :44). 

Dari sinilah kita semua belajar bahwa rezeki yang didapat dengan jalan dosa dan tidak halal itu hanya semu semata. Bahkan (sekali lagi) dapat berakibat miskin dan sengsara. Karena itulah jika kita masih berbuat dosa berhentilah dari sekarang. 

Kedua : Perbaikilah shalat, sebab jika kita lakukan dengan benar dan khusu', Al-Qur'an memberikan jaminan bahwa kalau shalat kita benar dan khusu' maka keberhasilan dan keberuntungan hidup, akan datang dan diperolehnya. ( QS, Al-Mu'minun/23 : 1-2).

Marilah mulai dari sekarang kita perbaiki shalat kita dan segera bertobat jika kita masih sering berbuat dosa. Pahami setiap ayat-ayat yang kita baca dan larutkan dalam kenikmatan shalat. Ketika azan segeralah mengambil air wudhu dan bergegaslah menunaikan shalat.

Apaun kesibukan kita, hentikan sejenak ketika azan telah dikumandangkan lalu shalatlah. Karena panggilan Allah itu pasti nyata dampaknya. Mengabaikan panggilan Allah berarti kita telah mengabaikan jaminan kaya untuk kita. Bukankah manusia bekerja selama ini untuk kaya?.

Namun jika masalah shalat saja belum juga diperbaiki, maka jangan berharap menjadi kaya. Bahkan keberkahan rezeki ini dapat diperoleh ketika kita taat kepada Allah SWT dan menjalankan segala perintahnya sekaligus berusaha dengan sungguh-sungguh meninggalkan larangan-Nya. Wallahu 'alam. 

Demikian uraia singkat materi " Beragam Alasan Allah Memberi Rezeki Pada Manusia." Semoga bermanfaat. Aamiin. 

0 Response to "Beragam Alasan Allah Memberi Rezeki Pada Manusia."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel