5 Kabar Bahagia Untuk Mereka Yang Shalat Subuh Berjama'ah.

Ilustrasi Waktu Menjelang Subuh

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Shalat).

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Allah SWT memberikan anugerah yang mulia, bagi mereka yang berusaha dengan semangat berjalan di kegelapan pagi buta untuk menunaikan shalat subuh berjamaah di masjid.

Menunaikan shalat subuh memiliki keistimewaan tersendiri bagi mereka yang berupaya dengan sungguh-sungguh dalam usahanya. Setidaknya ada 5 kabar gembira/bahagia bagi mereka yang selalu menunaikan shalat subuh berjamaah di masjid. Dalam Sabdanya Rasulullah SAW menyatakan sebagai berikut :  

Pertama.

 

"Sampaikan kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan dalam kegelapan menuju masjid-masjid yang terang benderang pada Hari Kebangkitan" (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah).   

Hadits tersebut diatas meng-isyaratkan bahwa ketika manusia berjalan menuju masjid dalam kegelapan pagi buta di dunia ini, Allah akan memberikan balasan/pahala kepada mereka dengan cahaya yang sempurna. Hal ini akan terjadi pada hari Kiamat nanti. 

Kedua.

"Siapa yang melaksanakan shalat subuh, maka dia berada dalam lindungan Allah SWT. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian suatu hal karena lindungan-Nya. Karena siapa yang dituntut karena lindungan-Nya, Allah pasti akan menemukannya dan melemparnya ke Neraka Jahanam". (HR. Muslim). 

Ketiga. 

"Dua raka'at fajar lebih baik dari dunia dan seisinya" (HR. Muslim)

Maksudnya sholat fajar dua raka'at adalah (shalat sunnah qpbliyah subuh) itu lebih baik, lantas bagaimana dengan shalat subuhnya?. Tentu akan lebih tinggi lagi derjatnya dibandingkan dengan sunnah qabliyah subuh tersebut. Dalam hadits Qudsi riwayat Bukhari dijelaskan : 

"Tidaklah hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai dari pada yang aku wajibkan.... "

Keempat.  

"Allah memiliki para malaikat yang bergantian diantara kalian, malaikat pada malam hari dan malaikat pada siang hari, mereka berkumpul ketika shalat fajar dan shalat ashar. Lantas malaikta yang bertugas malam naik dan Allah menanyai mereka, sekalipun Dia (Allah) paling tahu terhadap mereka bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku?. Malaikat menjawab : kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami datangi mereka juga, dalam keadaan shalat." (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah, RA).
Ketika seorang Muslim yang senantiasa melaksanakan shalat Subuh, maka di saat itulah para malaikat hadir berkumpul. 

Kelima. 
Dengan melaksanakan sholat Subuh maka seseorang akan terhindar dari kemalasan dan kejahatan. Hal ini diketahui dari hadits Bukhari dan Muslim. Rasulullah SAW. bersabda : "Iblis membuat tiga simpul ikatan di belakang kepala dari salah satu kalian ketika sedang tidur, dan menggoda agar tetap tertidur lelap". Dan dilanjutkan sabdanya sebagai berikut :  

... Jika dia bangun dan mengingat Allah, ikatan tersebut terlepas, dan jika dia berwudhu, ikatannya dilepaskan dan jika ia shalat ikatannya dilepaskan . Kemudian dia menjadi energik dan baik hati. Jika tidak demikian, maka dia akan menjadi jahat dan malas"

Demikian uraian singkat materi "5 Kabar Bahagia Untuk Mereka Yang Shalat Subuh Berjama'ah". Semoga bermanfaat, dan mari kita amalkan dengan istiqamah agar mendapat kebahagiaan/kegembiraan dalam hidup ini. Wallahu'alam. 

0 Response to "5 Kabar Bahagia Untuk Mereka Yang Shalat Subuh Berjama'ah. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel