10 Keistimewaan Dapat Diraih Dalam Sholat Di Awal Waktu.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Sholat)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di duni ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Bagi umat Rasulullah, shalallahu 'alaihi wasallam ; yang mampu menjalankan shalat di awal waktu, akan mendapatkan sejumlah keistimewaan yang dapat diraihnya.  Terdapat hadits-hadits yang menyebutkan keutamaan shalat di awal waktu.  

Diambil dari Bab Risalah Shalat, terdapat hadits-hadits yang menyebutkan keutamaan shalat di awal waktu. Berikut hadits-hadits yang menerangkan keistiwaan shalat bagi yang mengerjakannya di awal waktu : 

1. Sholat di awal waktu adalah amalan yang terbaik. 

"Dari Abdullah Ibnu Mas'd, RA : Aku bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, tentang amalan apakah yang paling disukai Allah Ta'ala?. Beliau menjawab : "Sholat pada awal waktu", Kemudian apa?, Beliau menjawab : "Berbuat baik kepada kedua orang tua" Kemudian apa?, Beliau menjawab : "Jihad fi sabilillah" (HR. Bukhari dan Muslim). 

2. Sholat Awal Waktu Adalah Amalan Yang Dicintai.
Nabi Muhamad SAW ditanya tentang amalan apakah yang paling disukai/dicintai Allah Ta'ala?.

"Beliau menjawab "Shalat pada waktunya (awal waktu)", Kemudian apa? Beliau menjawab : "Berbuat baik kepada kedua orang tua" Kemudian apa?. Beliau menjawab : "Jihad fi sabilillah" (HR. Bukhari dan Muslim). 

3. Shalat tepat pada waktunya dapat mencegah dari api neraka. 

"Dari Hanzhalah Al-Katib dia berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda : "Barang siapa selalu menjaga shalat wajib yang lima waktu, baik ruku', sujud, wudhu, atau waktu-waktunya. Dan dia mengetahui bahwa semua itu merupakan kewajiban dari sisi Allah, maka dia kan masuk surga. Atau beliau mengatakan "Wajib baginya surga" (HR. Ahmad). 

4. Shalat Pada Awal Waktu Akan Membawa Pada Keselamatan. 

"Dari Abu Huraiah, RA. berkata : Bersabda Rasulullah SAW, : "Sesungguhnya amal yang pertama kali akan dihisab pada hari qiyamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapat keberuntungan dan keselamatan.
Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Apabila ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah Tabaraka wa Ta'ala mengatakan "Lihatlah apa pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?. Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu pula amalan lainnya seperti itu" 

5. Umur Panjang Yang Selalu Mengerjakan Shalat. Dari Abu Hurairag berkata : 

"Ada dua orang laki-laki dari Balyi sebuah perkampungan dari suku Qudha'ah keduanya ber-Islam bersama Nabi SAW. Salah seorang dari keduanya mati syahid, sedangkan seorang yang lainnya masih diakhirkan (hidup) hingga setahun setelah itu. 

Thal'ah bin Ubaidullah berkata : surga diperlihatkan kepadaku (dalam mimpi), saya melihat bahwa orang yang terakhir (wafat) dari keduanya dimasukkan kedalam surga sebelum yang mati syahid. Saya menjadi heran dengan hal tersebut. Pagi harinya saya mendatangi Nabi SAW menyebutkan hal mimpi tersebut kepada Rasulullah SAW Beliau Rasulullah SAW bersabda :

"Bukankah dia telah berpuasa Ramadhan (setelah meninggalnya orang mati syahid tersebut)? Dan (bukankah) dia telah mengerjakan enam ribu rakaat atau sekian dan sekian raka'at sholat Sunnah?". (HR. Ahmad).  

Makna hadits di atas secara singkatnya, walaupun orang yang mati tidak syahid, namun amalannya juga tidak kalah dengan yang mati syahid, karena dia telah menuaikan puasa Ramadhan dan mengerjakan enam ribu raka'at bahkan lebih dari itu. Itulah alasan dia masuk surga lebih dulu daripada yang mati syahid.     

6. Orang Yang Shalat Di Awal Waktu Sujudnya Dapat Menaikkan Derajat. 
Ketarangan ini berdasarkan sabda Nabi Shalallahu 'alaihi wasalla sebagai berikut : 

"Dari Ibnu Katsir bahwa abah Fatimah menceritakan kepadanya, ia berkata : Aku berkata ; Wahai Rasulullah, kabarkan kepadaku suatu amalan yang aku bisa istiqamah dan mampu melaksanakannya". Beliau menjawab : "Sujudlah kepada Allah sebab tidaklah engkau sujud kepada-Nya sekali saja, kecuali dengannya Allah akan mengangkat satu derajat dan menghapus satu kesalahan darimu". (HR. Ibnu Majah). 

7. Perbanyak Sujud Akan Dapat Menemani Rasulullah SAW di Surga. 
Hal demikian diterangkan dalam sabda Nabi SAW sebagai berikut : 

"Suatu saat Rabiiah bermalam di rumah Rasulullah SAW lalu dia menghampiri beliau dengan membawa air wudhu. Kemudaian Nabi SAW berkata, Mintalah sesuatu".
Lalu Rabiiah menjawab : "Aku ingin menemanimu di surga. Rasulullah bertanya lagi, Ada permintaan selain itu? Rabiah mengatakan lagi, "itu saja yang aku minta". Nabi Muhammad SAW kemudian bersabda : "Bantulah aku mewujudkan keinginanmu dengan memperbanyak sujud (Shalat)".  (HR. Muslim).  

8. Sujud Sarana Efektif Untuk Mendekatkan Diri Dengan Allah. 

Kondisi hamba paling dekat dengan Robbnya adalah ketika ia sedang sujud, maka perbanyaklah do'a". (HR Muslim).

9.  Menjadi Pemilik Kubur. 
Nabi Muhammad, shalallahu 'alaihi wasallam bersabda : 

"Siapakah pemilik kuburan ini?. Para sahabat berkata : "Si Fulan". Maka Nabi Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda : Sholat dua rakaat lebih dia inginkan dari sisa dunia kalian". (HR. Thabrani)

10. Berhak Mendapatkan Surga. Rasulullah bersabda dalam haditsnya sebagai berikut : 

"Tidak seorang Muslim berwudhu lalu memperbagus wudhunya kemudian dia shalat dua raka'at penuh khusu' dengan hatinya, melainkan wajib baginya mendapatkan surga". (HR. Muslim).

Demikian uraian singkat materi "10 Keistimewaan Dapat Diraih Dalam Shlat Di Awal Waktu". Semoga bermanfaat, dan juga kita dapat mengamalkannya dengan ikhlas dan istiqamah. Wallahu 'alam. 

0 Response to "10 Keistimewaan Dapat Diraih Dalam Sholat Di Awal Waktu. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel