Tiga Buah Do'a Malaikat Yang Diaminkan Rasulullah SAW.

Tiga Do'a Malaikat Yang Diaminkan Rasulullah SAW. 

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Malaikat pernah memanjatkan tiga buah do'a yang berkaitan dengan kaum muslimin.  
Secara umum doa adalah sebuah permohonan kepada Allah SWT. Dan di dalam sebuah doa pasti seorang hamba akan terbesit dalam keyakinannya bahwa Allah akan mengabulkan keinginannya terhadap hamba-Nya. Tidak hanya manusia saja yang berdoa, makhluk Allah yaitu malaikatpun memanjatkan doa kepada-Nya. 

Dalam sebuah hadits, malaikat pernah mengucapkan tiga buah doa yang berkaitan dengan kaum muslimin. Ketiga do'a ini disimak oleh Rasulullah SAW, Beliau kemudaian mengaminkan masing-masing doa tersebut.   

Pada suatu ketika di bulan Ramadhan Rasulullah SAW. naik mimbar untuk memberikan wejangannya /ajarannya kepada kaum muslin, dan ketika beliau menaiki tangga pertama beliau mengucapkan Aamiin, lalu beliau naik lagi dan pada tangga kedua inipun beliau mengcapkan Aamiin, dan pada tangga ketigapun beliau mengucapkan Aamiin. 

Melihat dan mendengar sesuatu yang tidak sebagaimana Nabi SAW lakukan, para sahabatpun berkata : Wahai Rasulullah, kami semua telah mendengar engkau mengucapkan aamiin hingga tiga kali. Dan pertanyaan ini tetntunya setelah Nabi SAW turun dari mimbar. 

Dengan rasa penasaran para sahabat bertanya : Mengapa engakau melakukan itu?. 
Rasulullah s.a.w. menjawab : "Ketika aku menaiki tangga pertama, Jibril datang kepadaku seraya berkata : 'Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadhan tetapi dosanya tidak diampuni. Maka akupun mengucapkan Aamiin".

Kemudian ketika aku berada di tangga kedua, Jibril berkata "Celakalah seorang hamba yang mendapati kedua atau salah satu orang tuanya yang masih hidup, tetapi keberadaan orang tuanya tidak membuatnya masuk kedalam surga. Akupun mengucapkan Aamiin".

Dan ketika aku berada dalam tangga yang ketiga Jibril berkata : "Celakalah seorang hamba jika namamu (Muhammad) disebut dihadapannya, tetapi dia tidak bershalawat untukmu. Maka akupun berkata Aamiin". 

Kalau kita telaah dalam hadits di atas, tentang kedatangan Jibril kepada Rasulullah SAW. saat itu, mengingatkan kita tentang kemuliaan Ramadhan. Sebab masih banyak umat Islam yang menjalani bulan suci Ramadhan ini, justru enggan memohon ampun dan rahmat kepada Allah SWT. Akhirnya Ramadhan berlalu sedangkan dirinya masih berlumuran dosa. Maka malaikatpun mendoakan kepada orang yang demikian celaka atasnya. 

Dan dalam hadits tersebut, Malaikat Jibril juga menyinggung perihal anak yang tidak berbakti kepada kedua orang tuanya. Sebab Islam mengajarkan manusia agar merawat dan menyayangi kedua orang tua. Hal ini sesuai dengan firman Allah sebagai berikut : 

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandung dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah lemah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu" (QS, Luqman/31 : 14)

Berbuat bakti kepada kedua orang tua tak ada batasnya. Selama hayat masih dikandung badan, seorang anak dapat berbakti kepada bapak dan ibunya. Bakti dapat bermacam bentuk : dapat berupa mencukupi kehidupannya, mendoakan atau menyambung silaturahmi kepada karib kerabat orang tuanya setelah salah satunya meninggal atau keduanya meninggal. 

Di dalam ayat lain Allah berfirman agar seorang anak merendahkan kepada keduanya dengan kasih sayang. Firman Allah selengkapnya sebagai berikut : 

"Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, Wahai Tuhanku! sayangilah keduanya sebagaimana berdua telah mendidik aku pada waktu kecil" (QS, Al-Isra/17 : 24) 

Dan yang terahir malaikat Jibril mengecam Muslim yang tidak bersalawat ketika nama Nabi Muhammad SAW disebut. Ungkapan shalawat adalah suatu tanda rasa cinta dan rindu kita kepada Rasulullah SAW. Caranya dengan mengucapkan lafadz : "Allahumma-shalli 'ala Muhammad". 

Sebab Allah dan malaikatpun bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. sebagaimana Firmannya sebagai berikut : 

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat bershalawat kepada Nabi (Muhammad). Wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya". (QS, Al-Ahzab/33 : 56).  

Dalam hadits juga terdapat Sabda Nabi SAW : "Alangkah kikirnya umatku manakala namaku disebut, tetapi tidak bershalawat kepadaku. Sebab dengan bershalawat insya Allah kita akan mendapatkan Syafa'atnya di akhirat kelak. Manusia yang paling berhak bersamaku (Nabi Muhammad SAW) pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca/mengucapkan shalawat kepadaku". (HR. Tirmidzi) 

Demikian uraian singkat "Tiga Buah Do'a Malaikat Yang Terkait Dengan Kaum Muslimin". Semoga yang sedikit ini bermanfaat dan menjadikan sebagai pelajaran bagi kita semua. Aamin. 

0 Response to "Tiga Buah Do'a Malaikat Yang Diaminkan Rasulullah SAW. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel