Do'a Atau Niat Membayar Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Dan Keluarga.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (katagori posting Do'a)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...  

Zakat Fitrah yang hanya diwajibkan dalam bulan Ramadhan saja, baik dari mulai hari pertama bulan Ramadhan hingga akhir bulan Ramadhan. Hal ini di dasarkan hadits Ibnu Umar, r.a. yang artinya :

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah bulan Ramadhan sebanyak satu sha' kurma, atau gandum atas setiap muslim merdeka atau hamba sahaya laki-laki atau perempuan". (HR. Bukhari dan Muslim). 

Maka zakat fitrah wajib hukumnya bagi setiap umat Islam, baik laki-laki perempuan, orang tua anak-anak hingga bayi yang baru lahir dalam bulan Ramadhan tersebut. 

Kata fitrah yang ada merujuk pada manusia saat baru diciptakan, sehingga dengan mengeluarkan zakat fitrah ini, manusia dengan izin Allah akan kembali menjadi fitrah. Kalaupun memiliki rintangan/halangan namun agama Islam memberikan kemudahan. 

Untuk menjalani ibadah ini (membayar zakat fitrah) tentu harus ada niat dan lebih afdhal dengan diucapkan agar menjadi sah ibadahnya.  Adapun bacaan doa atau ucapan membayar zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga adalah sebagai berikut : 

NIAT ZAKAT FITRAH UNTUK DIRI SENDIRI DAN KELUARGA. 

Niat atau ucapan membayar zakat fitrah untuk diri sendiri : 

"Nawaitu an ukhrija zakaata al-fitri 'an nafsii fardhan lillahi ta'ala". 
Artinya : "Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah ta'ala". 

Niat atau ucapan membayar zakat fitrah dari seorang suami untuk istrinya : 

"Nawaitu an ukhrija zakaata al-fitri an jauzati fardhu lillahi ta'ala".
Artinya : "Niat aku mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku fardhu karena Allah ta'ala"

Niat atau ucapan membayar zakat fitrah untuk anak laki-laki jika orang tuanya yang membayarkan : 
"Nawaitu an ukhrija zakaata al-fitri an waladii..... fardhan lillahi ta'ala"
Artinya : "Niat aku mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku ..... (sebutkan namanya) fardhu karena Allah karena Allah ta'ala"  

Niat atau ucapan membayar zakat fitrah untuk anak perempuan jika orang tuanya yang membayarkan : 
"Nawaitu an ukhrija zakaata al-fitri binti ..... fardhan lillahi ta'ala"
Artinya: "Niat aku mengeluarkan zakat untuk anak perempuanku...... (sebutkan namanya) fardhu karena Allah ta'ala"

Niat atau ucapan membayar zakat fitrah untuk seluruh keluarga yang nafkahnya ditanggung oleh kita : 
"Nawaitu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa-'an jami'i ma yaljimunii nafaqatuhum syar'an fardhan lillahi ta'aala". 
Artinya "Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah ta'aala" 


TATA CARA MEMBAYAR ZAKAT FITRAH DAPAT DIBAYARKAN DENGAN DUA CARA. 

Pertama : Dengan memberikan makanan pokok yang biasa dikonsumsi, misalnya beras, seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. Catatan jenis makanan pokok yang di pakai untuk membayar zakat adalah sebagaimana yang dimakan setiap harinya oleh pemberi zakat. 
Ketentuan di atas, rujukan hadits dari Abdullah bin Umar r.a. bahwa Rasulullah SAW "Mewajibkan zakat fitrah 1 sha' kurma atau 1 sha' dari gandum bagi setiap hamba sahaya (budak) maupun yang merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar, dari kaum muslimin". (HR. Bukhari). 
Ukuran sha' adalah wadah yang digunakan untuk minum dan berbentuk seperti gelas yang besar. Ternyata setara dengan empat mud. Jika dikonversi dengan makanan pokok beras di Indonesia maka 1 sha' setara dengan 2,5 kg, atau 3,5 liter beras. 

Kedua : Pembayaran zakat fitrah dapat juga dilakukan dengan uang yang nilainya sesuai dengan harga 2,5 kg atau 3.5 liter beras. Dan setiap daerah di Indonesia memiliki standar harga makanan pokok yang berbeda-beda. 
Untuk menentukan besaran uang zakat fitrah, BAZNAS menetapkan dengan nilai harga bahan pokok di masing-masing daerah. 

Dan untuk lokasi membayar zakat fitrah, Madzhab Syafi'i memberikan ketentuan bahwa 1 sha' makanan pokok diserahkan di wilayah lokasi muzakki berada. Dan waktunya saat terbenamnya matahari pada akhir bulan Ramadhan atau pada malam hari raya Idul Fitri. 

Demikian uraian singkat materi "Doa Atau Niat Membayar Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga". Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan dengan tulus dan ikhas semata karena Allah. Aamiin. 

0 Response to "Do'a Atau Niat Membayar Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Dan Keluarga. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel