3 Jenis Do'a Qunut : "Qunut Nazilah, Qunut Subuh, Dan Qunut Witir"

"QUNUT NAZILAH, QUNUT SUBUH, DAN QUNUT WITIR" 

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Do'a)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Menjawab pertanyaan pembaca, yang menanyakan ada berapa macam do'a qunut dalam Islam. Apakah benar Rasulullah s.a.w. setiap shalat subuh selalu membaca qunut?

Qunut ada 3 jenis ; 
Pertama Qunut Nazilah.
Kedua  Qunut Subuh
Ketiga adalah Qunut Witir.

Sebelum menjawab apakah Rasulullah SAW. setiap shalat subuh selalu membaca qunut, terlebih dulu akan dijelaskan apa Qunut Nazilah itu?. 

Qunut Nazilah adalah doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah SAW yang hanya dibaca selama 1 bulan saja lamanya. Sebab ada larangan dari Allah SWT maka beliau berhenti membaca Qunut Nazilah tersebut. Kenapa Allah SWT melarangnya, dikarenakan dalam Qunut Nazilah tersebut, terdapat doa Nabi SAW yang melaknat. Maka Allah SWT menurunkan ayat sebagai berikut :  

"Tak ada sedikitpun campur tanganmu, dalam urusan mereka, atau Allah menerima taubat mereka, atau mengazab mereka, karena sesungguhnya mereka itu adalah orang-orang yang zalim". (QS, Ali Imran/3 : 128).  

1. Redaksi Qunut Nazilah (bahwa Rasulullah SAW berdoa dalam Shalat Subuh pada rakaat kedua setelah bangun dari ruku' dan ini dilakukan hanya satu bulan lamanya. Redaksinya adalah sebagai berikut) : 

Ya Allah selamatkanlah Al Walid, Salamah bin Hisyam, dan Ayyasy bin Rabi'ah, dan orang-orang dari kaum Mukminin. Ya Allah! Keraskanlah siksamu kepada suku Mudhar, jadikanlah tahun-tanun paceklik kepada mereka, seperti paceklik di zaman Nabi Yusuf. Ya Allah laknatlah suku Lahyan, Ri'il, Dzakwan , dan Ushayyah, karena mereka telah bermaksiat kepada Allah dan Rasulnya. (HR. Muslim No. 675)

Maka Allah menurunkan ayat di atas yaitu Surat Ali Imran ayat 128. Dengan maksud agar Rasulullah berhenti tidak berdo'a melaknat, sebab melaknat adalah hak sepenuhnya milik Allah SWT. Dari setelah turun ayat itu Rasullah tidak lagi membaca Qunut Nazilah tersebut. Lalu pertanyaannya mengapa Rasulullah berdoa dengan Qunut Nazilah tersebut?. Untuk mengetahui secara lengkap ikuti materi yang akan ditulis pada judul "Mengapa Rasulullah Berdoa Dengan Qunut Nazilah?", ikuti pada artikel yang akan datang.

2. Redaksi Qunut Subuh. 
Doa ini dibaca saat shalat Subuh, raka'at kedua setelah bagun dari ruku'. Inilah redaksi lengkapnya : 

"Ya Allah tunjukanlah padaku, sebagaimana yang telah Engkau beri petunjuk, dan berilah kepadaku pengampunan sebagaimana yang telah Engkau beri ampunan, dan peliharalah aku sebagaima pada mereka yang telah Engkau pelihara, dan berilah kepadaku keberkahan sebagaimana yang telah Engkau karuniakan kepada mereka, dan selamatkanlah aku dari mara bahaya yang telah Engkau tentukan. Dan sesungguhnya Engkau memeriksa kami dari rahmat-Mu, dari keburukan yang telah Engak tetapkan. Dan sesungguhnya adalah Engkau yang maha menghukum. Dan sesunguhnya Engkau tidak bisa hina, orang yang Engakau sayangi. Dengan tidak memuliakan orang yang dimusuhi oleh-Mu. Dan Maha Tinggi Allah maka segala puji hanya bagi-Mu. Oleh karena itu orang yang sudah Engkau hukum aku memohon pengampunan dan taubat kepada-Mu. Dan semoga Engkau menambahkan rahmatnya kepada Nabi Muhammad yang menjadi Nabi. Dan semua umat Nabi Muhammad dan para sahabatnya. Semoga Allah menambahkan keselamatan".  

Qunut di atas adalah sebagaimana yang dibaca atau dicontohkan oleh 4 Imam yang masyhur tersebut, walaupun ada dari sebagian Imam, tidak membaca Qunut ketika shalat subuh. Diantaranya adalah : 

  •  Madzhab Hanafi dan Hanbali Tidak Ada Qunut Pada Shalat Subuh.
  •  Madzhab Maliki  Ada Qunut  Pada Shalat Subuh dibaca Siir sebelum Ruku'.
  •  Madzhab Syafi'i  Ada Qunut Pada Shalat Subuh dibaca Jahr (keras) setelah Ruku'.

Inilah dalil atau hadits tentang Qunut Subuh.

Hadits Pertama :  
Dari Muhammad ia berkata ; Saya bertanya kepada Anas bin Malik : "Apakah Rasulullah SAW membaca Qunut pada shalat subuh? ia menjawab : "Ya, setelah ruku' dan sejenak. (HR. Muslim). 

Hadits Kedua :
Dari Anas bin Malik ia berkata : Rasulullah SAW terus menerus membaca Qunut pada shalat Subuh hingga beliau meninggal dunia". (HR. Ahmad, Ad-Daruquthni dan Al- Baihaqi). 

3. Qunut Witir. (Inti do'a Qunut witir adalah memohon petunjuk, ampunan serta perlindungan kepada Allah SWT).  Dibawah ini adalah redaksi lengkap Qunut Witir : 

"Ya Allah berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Dan berilah aku keselamatan diantara orang -orang yang telah Engkau beri keselamatan. Uruslah diriku diantara orang-orang yang telah Engkau urus. Berkahilah untukku apa yang yang Telah Engkau berikan kepadaku. Lindungilah aku dari keburukan apa yang telah Engakau tetapkan. Sesungguhnya Engkau yang memutuskan dan tidak diputuskan kepadaku. Sesungguhnya tidak akan hina orang yang telah dijaga, dan Engkau tolong. Engkau maha Suci dan Maha Tinggi"

Demikian uraian singkat 3 Jenis Do'a Qunut "Qunut Nazilah, Qunut Subuh, Dan Qunut Witir". Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan dengan niat semata karena Allah. Wallahu 'alam.

0 Response to "3 Jenis Do'a Qunut : "Qunut Nazilah, Qunut Subuh, Dan Qunut Witir" "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel