Para Waliyullah Selalu Membaca Surat Al-Waqi'ah di Hari-hari Yang Sulit.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Mu'amalah)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Berkait dengan surat Al-Waqi'ah yang selalu dibaca oleh para wali Allah dalam keadaan kehidupan yang sulit, maka hal ini diyakini oleh sebagian umat muslim bisa jadi solusi anti miskin selama hidup di dunia. Menaggapi hal ini tentu tidak berlebihan atau suatu yang mengada-ada. Ini berdasarkan hadits yang cukup masyhur sebagaimana hadits di bawah ini :   

Ibnu Mas'ud Berkata : Saya telah mengajarkan sesuatu kepada mereka, jika mereka membacanya tidak akan miskin. Saya mendengar Nabi s.a.w. bersabda : "Barang siapa membaca surat Al-Waqi'ah tiap malam maka ia tidak akan miskin". (HR. Al-Baihaqi).  

Ibnu Mas'ud juga mengatatakan surat Al-Waqi'ah dibaca sebanyak 14 kali selepas selesai shalat Asyar atau shalat malam, diyakini akan mendatangkan balasan berupa kekayaan yang berlimpah dan tak ada habisnya. Pandangan ini mengacu pada hadits yang diriwayatkan Anas dari Dailami sebagai berikut : 

"Ajarkan anak-anak wanitamu surat Al-Waqi'ah. Sebab surat Al-Waqi'ah adalah surat untuk kaya" (HR. Dailami dari Anas).  
Bahkan Ibnu Mas'ud selalu menyuruh kepada anak-anak wanitanya setiap malam membaca surat Al-Waqi'ah sebagaimana hadits berikut : 
Al-Baihaqi berkata : "Ibnu Mas'ud menyuruh anak-anak wanitanya membaca surat Al-Waqi'ah tiap  malam".  (Syuabul Iman).  

Surat Al-Waqiah ini juga dapat dibaca sebanyak 3 kali setelah selesai menunaikan shalat Isya, dan sesudah selesai menunaiakan shalat subuh. Maka Insya Allah tidak akan berlalu setahun tersebut, melainkan akan dijadikan seseorang hartawan dan juga dermawan. 

Kalau kita mengalisa mempelajari bahwa Surat Al-Waqia'ah adalah surat yang banyak menceritakan tentang neraka, mengapa surat ini kok bacaannya dijadikan referensi untuk mendapatkan rezeki. 
Perlu kita ketahui bahwa selain menceritakan tentang neraka, surat al-waqi'ah ini juga sarat (penuh dengan muatan) informasi tentang surga yang begitu indah, serba ada apa yang kita maui dalam kesenangan, hal ini adalah sebagai simbol kebahagiaan. Ini terdapat dalam surat Al-Waqi'ah yang diceritakan dari ayat 11 hingga 26 yang diakhiri dengan ucapan salam (kebahagiaan). 

Barang kali alasan tersebutlah yang mendasari bahwa bila surat Al-Waqiah dibaca dapat mendatangkan rezeki atau kebahagiaan bagi yang membacanya. Tetapi juga tidak salah, sebab dalam hadits diatas adalah telah disampaikan oleh Ibnu Mas'ud bahwa beliau juga memerintahkan kepada anak-naknya yang perempuan untuk membaca surat Al-Waqi'ah tersebut. Ibnu Mas'ud mengambil dari sabda Nabi Muhammad, Shalallahu 'alaihi wa sallam : "Barang siapa membaca surat Al-Waqi'ah tiap malam maka ia tidak akan miskin". (HR. Al-Baihaqi).  

Inilah barangkali alasan para Waliyullah selalu membaca Surat Al-Waqi'ah dikala sedang kesulitan untuk memohon agar dimudahkan rezekinya oleh Allah SWT. Sehingga sebagian umat muslim saat inipun meyakini bahwa dengan membaca Surat Al-Waqi'ah akan dapat memberikan solusi dari kesulitan rezeki yang dialaminya. 

Namun hemat penulis yang terbaik adalah membaca al-Qur'an secara menyeluruh dari Al-Fatihah hingga An-Naas yang berjumlah sebanyak 114 surat. Adapun yang tetap hanya ingin membaca surat Al-Waqi'ah saja juga tidak menjadi masalah dan juga tidak salah. Wallahu'alam.

Demikian uraian singkat materi "Wali-Waliyullah Selalu Membaca Surat Al-Waqi'ah di Hari-Hari Sulit". Semoga bermanfaat dan juga menambah wawasan pengamalan agama Islam yang mulia ini. Aamiin.    

0 Response to "Para Waliyullah Selalu Membaca Surat Al-Waqi'ah di Hari-hari Yang Sulit. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel