Surat-Surat Al-Qur'an Yang Pernah Dibaca Nabi SAW. Ketika Shalat Subuh.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Shalat).

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Surat yang dibaca dalam shalat berbeda-beda tergantung pada shalat lima waktu yang dikerjakannya. Kali ini penulis ingin mengutip beberapa surat yang sering di baca Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, terkait ketika beliau mendirikan shalat subuh.

Diambil dari kitab "Sifat Shalat Nabi" karya Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani, dalam hadits riwayat An-Nasai dan Ahmad, dengan sanad yang shaheh ketika Rasulullah SAW shalat subuh membaca surat-surat panjang dan surah-surah "al-Mufahshal" (surat-surat pendek). 

Misalnya surat Adh Duha dan yang semisal yang berada pada juz amma (dalam istilah bacaan al-qur'an)

Contoh-contoh Yang Pernah Rasulullah SAW, baca ketika sholat subuh sebagai berikut :

- Rasulullah terkadang membaca surat Al-Waqi'ah (QS, 56 jumlah ayat 96) ini dibaca untuk dua raka'at yaitu raka'at pertama dan kedua. (HR. Ahmad).

- Beliau juga membaca surat Ath-Thur (QS, 52 jumlah ayat 49) bacaan tersebut beliau baca ketika beliau sedang melaksanakah ibadah haji wada, (HR. Bukhari dan Muslim).

- Beliau terkadang membaca surat Qaf  (walqur'aanil majiid) Surat Qaf (QS, 50 jumlah ayat 45) dan juga yang semisal pada raka'at pertama. (HR. Muslim dan At-Turmudzi).

- Terkadang Beliau membaca surat-surat pendek (al-Mufashal) misalnya surat "Idza sy syamsu kuwwirats (At-Taqwir) QS, 81 jumlah ayat 29 (HR. Muslim dan Abu Dawud).  

- Nah dalam bacaan surat Az-Zaljalah (QS, 99 jumlah ayat 8 ) ini dibaca di raka'at pertama dan kedua. Hingga perawi hadits berkata "Aku tidak tahu apakah Rasulullah lupa atau beliau sengaja mengulangnya"? (HR. Abu Dawud dan Baihaqi). 

- Ketika Beliau sedang bersyafar, (dalam perjalanan)  yang dibaca "Qul 'auudzu bi Robbila Falaq (al-Falaq QS, 113 julah ayat 5 dan surat An-Naas QS, 114 jumlah ayat 6). (HR. Abu Dawud). 
Ayat di atas disabdakan kepada Uqbah bin Abi 'Amir Radiyallahu anhu, "Bacalah al-Muawwidzatain (surat al-Falaq dan An-Naas) dalam shalatmu!", karena tidak ada permintaan perlindungan dari seseorang yang meminta perlindungan yang menandingi kedua surat ini. (HR. Abu Dawud dan Ahmad).   

-Beliau juga membaca surat Ar-Rum (QS, 30 jumlah ayat 60) dan juga terkadan surat Yaasin (QS, 36 jumlah ayat 83)  [HR. an-Nasai dan Ahmad]. 

- Terkadang pula baca surat Ash-Shaffat (QS, 77 jumlah ayat 182) [HR. Ahmad]

- Suatu ketika tatkala "Rasulullah SAW, berada di Mekkah, pada shalat subuh, beliau membaca surat Al-Mukminun (QS, 23 jumlah ayat 118) hingga ketika sampai pada kisah Musa dan Harun atau kisah Nabi Isa, (dalam ayat yang ke 45) dst. keraguan dari sebagian perawi, beliau batuk, kemudian langsung ruku'".  (HR. Bukhari) 

- Ketika beliau mengimami pada subuh di hari Jum'at, beliau membaca Hal atta 'alal insan atau Al Insan (QS, 76 jumlah ayat 31) sedang pada raka'at kedua beliau membaca alif laam miim tanziil  "As-Sajdah" (QS,  32 jumlah ayat 30).  (HR. Bukhari dan Muslim).

Keterangan : Beliau selalu memperpanjang pada bacaan raka'at pertama dan memperpendek bacaan, pada raka'at kedua. (HR, Bukhari dan Muslim).   

Demikian uraian singkat materi "Surat-Surat Al-Qur'an Yang Dibaca Nabi SAW. Ketika Shalat Subuh". Semoga bermanfaat dan menambah khazanah wawasan kita dalam beribah. Wallahu 'alam.

0 Response to "Surat-Surat Al-Qur'an Yang Pernah Dibaca Nabi SAW. Ketika Shalat Subuh. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel