Pandangan Mata Saat Tasyahud Yang Dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Sholat)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di duinia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Ada sebuah pertanyaan melalui email penulis kangsiyam@gmail.com terkait dengan shalat saat tasyahud.  Lengkapnya pertanyaan ihwan sebagai berikut : " Assalamu'alaikum Ustadz, mohon bertanya Bagaimana Pandangan Mata Saat Tashahud?".  Terima kasih atas jawabannya.

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ  (Wa'alaikumussalam). Untuk menjawab pertanyaan ihwan tentu haruslah berdasarkan dalil yang terdapat dalam hadits Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam, yang shoheh kedudukannya. 

Ketika kita shalat dianjurkan untuk menghadap ke arah tempat sujud. Tetapi ada yang khusus pandangan mata kita ketika saat tasyahud. Saat kita tasyahud pandangan mata diarahkan kejari telujunjuk yang diisyaratkan mengarah ke kiblat. Maka mata kita tertuju kepada jari tersebut. 

Adapun dalil yang menerangkannya adalah hadits yang datang dari Ibnu Umar Radiyallahu anhu, beliau menceritakan bagaimana cara Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam melakukan tasyahud. Dalam keterangan  Ibnu Umar Radiyallahu anhu, dinyatakan sebagai berikut : 

"Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam, meletakkan tangan kanannya di atas paha kanannya dan beliau berisyarat dengan jari telunjuk ke arah kiblat, serta mengararahkan pandangan mata kepadanya (telunjuk itu)" [ HR. an-Nasai 1160, Ibnu Hibban 5/274, Ibnu Khuzaimah 719, Al-'Adzami mengatakan sanadnya shahih ].  

Demikian jawaban Ustadz mudah-mudahaan dapat dimengerti.

Kepada penanya khusunya dan para pembaca pada umumnya mudah-mudahan kita diberi kemudahan untuk mengamalkan semua sunnah Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam, dalam hal terutama ketika kita mengamalkan sunnah di dalam shalat. Aamiin. 

Demkian uraian singkat "Pandangan Mata Saat Tasyahud Yang Dicontohkan Nabi Muhammad SAW". Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita dalam segala pengamalan ibadah dalam agama Islam yang mulia ini. Wallaahu 'alam.

0 Response to "Pandangan Mata Saat Tasyahud Yang Dicontohkan Nabi Muhammad SAW. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel