6 Hikmah Sholat Dengan Khusu' Yang Didapatkan Manusia.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Sholat)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridho-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin.

Sholat adalah salah satu ibadah yang wajib hukumnya bagi setiap individu muslim yang telah aqil baligh dan sehat akalnya (tidak gila). Selain hukumnya wajib, shalat juga memiliki manfaat yang sangat luas dan besar bagi yang melakukannya. 

Dalam kehidupan sehari-hari setiap manusia pasti mengalami pasang surut dalam rezeki dan kesehatan, maupun dalam hal-hal yang lainnya. Manakala kita sedang diuji oleh Allah dengan diberi rezeki yang banyak dan kesehatan yang prima, Allah selalu memperingatkan agar tak lupa bersyukur dan menggunakan pemberian rezeki itu, selalu di jalan Allah. 

Namun sebaliknya ketika kita diuji dengan kekurangan harta, dan kesehatan ataupun yang lainnya, maka Allahpun memerintahkan agar kita tetap bersabar dengan istiqamah dan melakukan shalat dengan khusu'. Sebab dengan sholat kedua hal akan selalu mendapat pertolongan. 

Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 45 sebagai berikut : 

Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusu'. (QS, Al-Baqarah/2 ; 45). 

Ayat di atas turun adalah berkenaan dengan perintah dan larangan Tuhan kepada Bani Israil, yang diawali dengan ayat ke 40 surat Al-Baqarah dan firman diatas berada pada ayat yang ke 45. Namun demikian dapat juga diambil ibrahnya bagi kita sebagai umat muslim, sebab  ayat itu berlaku secara universal.  Dari pengertian ayat tersebut diatas, terdapat hikmah yang luar biasa bagi kehidupan manusia di bumi ini.

Dalam tafsir Jalalain dijelaskan bahwa meminta pertolongan dalam segala urusan atau kesulitan-kesulitanmu dengan bersabar dan menahan diri hal-hal yang tidak baik dengan melakukan sholat.  Yang hakekatnya di sini untuk menyatakan bagaimana pentingnya sholat. 

Diriwayatkan dalam hadits riwayat Abu Dawud, Hudzaifah, radhiyallahu 'anhu sebagai berikut : 

Artinya : "Dulu jika ada perkara yang menyusahkan Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam beliau melakukan (mendirikan) sholat". 

Sholat banyak memberikan hikmah dan keutamaan bagi umat Islam. Berdasarkan hadits riwayat Ahmad dari Abdullah bin Umar, radiyallahu anhum, Nabi Shaalallahu alaihi wa sallam mengingatkan tentang sholat sebagaimana sabdanya sebagai berikut : 

"Barangsiap yang menjaga sholat maka dia akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan kesalamatan pada hari kiamat. Sedang siapa saja yang tidak menjaga sholat, dia tidak akan mendapatkan cahanya petunjuk dan keselamatan. Dan pada hari kiamat nanti dia akan dikumpulkan bersama dengan Qarun, Fir'aun, Haman, dan Ubay bin Khalaf."  

Dalam judul di atas, ada 6 hikmah dari sholat yang khusu' berikut uraiannya :

  1. Sabar dan sholat, adalah sebagai tanda syukur dan terima kasih manusia kepada Allah, atas segala nikmat dan karunia-Nya yang telah diberikan kepada kita.  
  2. Dengan sholat manusia akan selalu ingat kepada Allah yang telah menciptakannya dan memberi rezeki dan kesehatan selalu, kepada kita. Juga dengan (sholat) apa yang dilakukannya akan selalu mengikuti aturan-aturan hukum yang telah Allah tentukan. Sehingga akan terhindar dari perbuatan yang keji dan mungkar.
  3. Dengan sholat akan selalu terdidik dan membiasakan manusia untuk hidup teratur dan yang pasti akan menghargai waktu utnuk hal-hal yang positif dan manfaat.
  4. Dengan diwajibkannya bersuci (mandi junub dan berwudhu) ketika hendak melakukan sholat, baik suci badannya, pakaian, tempat, dan tentunya suci rohaninya, hal ini dapat diraih apabila wudhu yang dilakukannya sebelum sholat, ditunaikan dengan benar sesuai tuntunan syari'at. 
  5. Memberikan atau menanamkan rasa kebersamaan dan persatuan dengan mengerjakan sholat berjama'ah. Sehingga tak sedikitpun ada sifat sombong dan takabur. Serta akan bertambah sifat tawadhu'nya dan rasa kesosialan dengan sesama. 
  6. Ketika manusia sholat diarahkan untuk selalu memohon petunjuk dan perlindungan serta bertawakal menyerahkan diri kepada Allah SWT. Maka yang didapat akan merasa tenang, aman dan tentram dalam hati dan pikirannya hingga hilanglah segala kebimbangan dan kegelisahan. Aamiin. 
Demikian uraian singkat materi "6 Hikmah Sholat Dengan Khusu' Yang Didapatkan Manusia". Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan dengan istiqamah.

0 Response to "6 Hikmah Sholat Dengan Khusu' Yang Didapatkan Manusia."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel