6 Hal Yang Tak Boleh Kita Lakukan Ketika Sedang Sholat.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Sholat)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Shalat adalah ibadah yang dapat menjadi sarana paling dekat untuk berkomunikasi dengan Allah apalgi shalat fardhu lima kali sehari semalam. Selain merupakan ibadah wajib dan menjadi rukun Islam kedua setelah sahadat, Sholat wajib lima waktu memiliki kedudukan yang sangat tinggi sebagai tiang Agama. 

Sholat tidak sembarang dilakukan hanya sekedar menggerakan badan dan membaca do'a-do'a shalat. Karena dalam sholat Allah SWT memerintahkan kita untuk melakukannya secara tuma'ninah dan khusu'. Dimana tuma'ninah dan khusu' yang akan mampu memudahkan segala ibadah sholat kita diterima oleh Allah SWT.  Dan jangan kita sholat hanya sekedar memenuhi kewajiban saja, namun sholatlah untuk memenuhi kebutuhan rohani kita. 

Pembaca budiman apa sajakah 6 hal yang tidak boleh kita lakukan ketika kita sedang sholat. Ikuti uraian di bawah ini :

1. Jangan Mengangkat pandangan ke langit. 

Jangan mengarahkan pandangan ke langit ketika shalat.

Ini diterangkan dalam hadits Rasulullah SAW sebagai berikut :

"Hendaklah kaum-kaum yang mengarahkan pandangan mereka kelangit ketika dalam sholat itu, bertaubat atau pandangan mereka tersebut tidak akan kembali kepada mereka". (HR. Bukhari dan Muslim).  Ada tambahan dalam riwayat Bukhari. : 

"Hendaknya mereka berhenti dari hal itu atau akan disambar pandangan mereka".  Itulah dua hadits yang melarang untuk tidak mengangkat pandangannya ke langit. 

2. Sengaja Menoleh selain ke arah sujud.  
Dari Aisyah radiyallahu anha, dia berkata : Aku bertanya kepada Rasulullah SAW tentang menoleh dalam shalat. Lalu beliau bersabda : "Ia merupakan sebuah curian yang dilakukan setan terhadap sholat seseorang hamba". (HR. Bukhari).  Dalam hadits lain terkait menoleh selain sujud adalah : 
"Rasulullah SAW masuk ka'bah (untuk mengerjakan sholat) dalam keadaan pandangan beliau tidak meninggalkan tempat sujudnya. (terus mengarah ke tempat sujudnya) sampai beliau keluar dari ka'bah". (HR. Al-Hakim 1/479 dan Al-Baihaqi 5/158 kata Al-Hakim. 

3. Jangan Menguap Saat Sholat.
"Dari Abu Hurairah r.a. Nabi Muhamammad SAW bersabda : Menguap dalam sholat adalah dari setan. Jika salah seorang dari kalian menguap, maka tahanlah sebisa atau sekuat mungkin". (HR. At-Tharmidzi). Dan dalam hadits yang lain disebutkan sebagai berikut : 
"Menguap itu dari setan. Maka bila seorang dari kalian menguap, hendaklah sedapat mungkin ditahannya karena bila seseorang dari kalian menguap dengan mengeluarkan suara haa' setan akan tertawa". (HR. Bukhari) Hadits ini terkait dengan masalah ketika shalat. 

4. Jangan Meludah Kearah Kiblat atau Ke kanan.  
Jangan meludah ke arah kiblat
Dari Jabir r.a. dia mengatakan bahwa Rasulullah, Shalallahu 'Alaihi Wassalam bersabda : "Sesungguhnya jika salah seorang dari kalian berdiri untuk shalat, maka sesungguhnya Allah SWT ada dihadapannya". Maka janganlah ia meludah ke arah depan atau ke kanan. Hendaklah ia meludah ke sebelah kiri di bawah kaki kirinya. Dan jika ludahnya terlanjur keluar, maka hendaknya ia tumpahkan ke pakaiannya. Beliau kemudian meilpat bajunya satu sama lain". (HR. Muslim). 

5. Jangan Meletakkan Tangan Seperti Anjing Saat sujud. 
"Dari Anas, r.a. dari Nabi Muhammad, Shalallahu 'Alaihi Wassalam Beliau bersabda : Bersikaplah pertengahan ketika sujud, dan janganlah salah seorang diantara kalian meletakkan tangannya sebagaimana anjning" (HR. Muttafaq 'Alaihi).

6. Jangan Mendahului Imam Saat Sholat Berjama'ah. 
Dari Abu Hurairah, r.a. dari Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam, Beliau bersabda : "Tidaklah salah seorang dari kalian takut, Allah akan menjadikan kepalanya seperti keledai bila dia mengangkat kepalanya sebelum imam. Atau menjadikan rupanya seperti rupa keledai. (Muttafaq 'Alaihi). 

Demikian uraian singkat materi : "6 Hal Yang Tak Boleh Kita Lakukan Ketika Kita Sedang Shalat". Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan dengan ikhlas dan penuh perhatian. Aamiin. 

0 Response to "6 Hal Yang Tak Boleh Kita Lakukan Ketika Sedang Sholat."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel