Ganjaran Seorang Muslim Menjenguk Saudaranya Yang Sakit.

Anjuran Menjenguk Orang Sakit.
Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Muamalah)
Pembaca budiman Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Anjuran Rasululullah SAW, untuk menjenguk saudara sesama muslim yang sedang sakit.
Setiap manusia pernah mengalami sakit baik sakit yang ringan hingga yang berat, terdakang sampai harus dirawat di rumah sakit atau pengobatan tabib dalam keahliannya. 

Dalam agama Islam telah diajarkan bahwa manusia agar selalu bersabar dan bersyukur dalam kondisi dan situasi apapun. Meskipun dalam kondisi sakit, manusia harus tetap bersabar dan tetap berusaha untuk mencari kesembuhan. Apabila kita mengetahui bahwa sakit yang diderita seseorang juga memiliki kebaikan bagi dirinya apabila diterima dengan ikhlas dan sabar.  

Rasulullah pernah menjenguk kepada orang yang sedang sakit dan beliau menyampaikan kabar gembira kepada orang sakit tersebut agar tetap bersabar serta tetap beriman kepada Allah SWT. Berita ini terangkum dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi. Sabda Rasulullah SAW. berkait dengan kabar gembira tersebut kepada orang sakit adalah sebagai berikut :   

Aisyah berkata : "Rasulullah SAW bersabda tidak ada seorang mukmin yang tertusuk duri atau yang lebih sakit dari itu melainkan Allah mengangkatnya satu derajat dan menghapus darinya satu kesalahan (dosa). (HR. Tirmidzi). 

Dari hadits di atas, kita dapat menangkap apa yang disabdakan Rasulullah SAW bahwa seorang yang sedang sakit walaupun hanya tertusuk duri, apalagi yang lebih dari itu Allah SWT akan mengangkat satu derajat bahkan akan menghapus satu kesalahan (dosa) yang telah ia perbuat. 
Dalam hadits lain terkait dengan sakit, juga diterangkan sebagaimana sabda Rasulullah SAW sebagai berikut : 
Dari Abu Sa'id Al-Khudri dan Abu Hurairah, r.a. berkata : "Rasulullah SAW bersabda : "Orang mukmin yang ditimpa kepayahan, kesedihan atau sakit yang terus-menerus sampai pada kesengsaraan yang menyusahkan, maka Allah SWT akan menghapus kejelekan-kejelekan dengannya". (HR. Tirmidzi) 
Dari hadits di atas, maka kita dianjurkan untuk bersabar, ikhlas, dan tetap bertawakal kepada Allah agar tetap mendapat kasih sayang-Nya yaitu kejelekan-kejelekan yang ada dalam diri kita dihapus oleh Allah SWT.  

Selanjutnya hadits di bawah ini, menerangkan ganjaran kepada orang muslim yang menjenguk saudaranya yang muslim ketika sedang dicoba dengan sakit. Inilah sabda Nabi Muhammad, SAW  :


Nabi SAW. bersabda : "Sesungguhnya ketika seorang Muslim menjenguk (berkunjung) kepada saudaranya yang muslim, maka ia senantiasa akan memetik buah-buahan di surga". (HR. Tirmidzi). 
Yang dimaksud dengan hadits di atas adalah menjenguk saudaranya yang muslim dalam keadaan sakit maka kita akan mendapat balasan ; yaitu di akhirat akan memetik buah-buhan. 
Dan tentunya juga jangan lupa saat kita menjenguk orang yang sedang sakit mendoakan kepadanya agar lekas disembuhkan oleh Allah SWT, kembali seperti sedia kala. Di bawah ini, teks doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW  : 

"Allahumma  robbannasi Adzhibil ba'sa wasy fihu wa anta syaafii laa sifaa-a illa syifaauka syifaa-an laa yughodiru saqamaa" 

"Ya Allah, hilangkanlah kesukaran atau penyakitnya itu, wahai Tuhan manusia. Sembuhkanlah, Enkaulah yang maha menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan selain kesembuhan-Mu. Kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain". (HR. Ahmad, Buhkari, Muslim, Abu Dawud dan Ibnu Majah). 

Demikian uraian singkat materi "Ganjaran Seorang Muslim Menjenguk Saudaranya Yang Sakit. 
Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan dengan tulus dan ikhas. Aamiin. 

0 Response to "Ganjaran Seorang Muslim Menjenguk Saudaranya Yang Sakit."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel