Awas Hindari Dari 4 Karakter Yang Dijelaskan Dalam Surat Yunus.

Ilustrasi tempat bagi mereka yang memiliki 4 Karakter (Di Surat Yunus)
 Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah).

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Judul di atas bernada memperingatkan kepada kita semua, untuk tidak menjadi orang yang memiliki 4 karakter yang Allah firmankan dalam surat Yunus. Mengapa kita harus jauh dari 4 karakter yang disebut dalam Surat Yunus tersebut?. Sebab hal tersebut akan membawa kita kepada kesengsaraan  turutama dalam kehidupan setelah kita mati yaitu ; Allah akan menempatkan orang-orang yang memiliki empat karakteri ini, akan ditempatkan di dalam neraka dikarenakan apa yang mereka selalu kerjakan. 

Bagaimana firman Allah secara ditelnya, inilah firman-Nya :  

Sesungguhnya orang-orang yang tidak mengharapkan (tidak percaya akan) pertemuan dengan Kami dan merasa puas dengan kehidupan dunia dan merasa tenteram dengan kehidupan itu, dan orang-orang yang melalaikan ayat-ayat Kami. (QS, Yunus/10 : 7) 

Dalam Tafsir Al-Munir ; menurut pendapat Wahbah Zuhayli,  ayat di atas memberikan gambaran tentang empat (4) karakter calon penghuni neraka. 
Pertama : Tidak meyakini akan adanya pertemuan dengan Allah. Mereka juga tidak takut akan hukuman-Nya, ancaman-Nya, peringatan-Nya, serta sama sekali tidak mengharapkan ganjaran dari-Nya. 

Kedua : Mereka merasa puas dengan kehidupannya di dunia, sebab hal ini akibat konsekuensi logis dari sikap pertama tatkala seseorang menyakini tidak akan ada perjumpaan dengan Allah. Maka mereka tidak pernah menyiapkan apapun dalam rangka pertemuan dengan Allah. Apa yang mereka capai dan dihasilkan berorentasi hanya kepada dunia yang sebenarnya pendek dan fana. 
Bagi mereka ukuran kebebasan, kesenangan, kegembiraan hanya bertumpu kepada dunia atau kedunia-an semata. Mereka, dalam usahanya untuk mencapai dan meraih apa yang diingkannya akan ditempuh dengan berbagai cara, sekalipun cara tersebut dilarang atau diharamkan oleh Allah SWT. Mereka tak peduli dengan aturan halal-haram bahkan menanggalkan harga diripun dilakukan. Bahkan yang lebih rusak lagi walaupun  harus mengorbankan agama sekalipun, mereka lakukan.

Ketiga : Merasa tenteram dan nyaman ketika menikmati harta, tanpa ada rasa bahwa harta ini adalah titipan yang harus dibelanjakan/dipergunakan sesuai jalan Allah SWT. Kenikmatan yang dimilikinya  misalnya wanita, atau laki-laki yang cantik/gagah, atau kedudukan dan jabatan yang tinggi yang telah dicapainya termasuk harta kekayaan, tanpa ada rasa bersyukur kepada Allah  dan tidak pernah berderma untuk kemaslahatan sesama.

Keempat.  Lalai terhadap ayat-ayat-Nya yang harus direnungi dan diamalkan. Bahkan merasa aman-aman saja dari ancaman Allah baik di dunia maupun di Akhirat kelak. Mereka bahkan merasa tidak penting mengambil pelajaran dari ayat-ayat Allah yang selalu mengingatkan untuk berbuat baik sebagaimana orang-orang yang beriman.
Dan manakala ke empat karakter tersebut di atas, ada dalam diri manusia, mereka akan jauh dari kesempurnaan dan yang pasti tidak akan pernah mencapai kebahagiaan hakiki baik dunia maupun akhirat.  Sebab mereka tidak akan mampu menatap hidup secara benar yaitu ; jika akhirat belum dijadikan sebagai tujuan akhir, maka ia akan tetap jauh dari rasa bahagia secara hakiki. Wallahu 'alam.

Demikian uraian singkat materi  "Awas Hindari Dari 4 Karakter Yang Dijelaskan Dalam Surat Yunus".  Semoga bermanfaat dan dapat kita jadikan untuk instropeksi diri kita masing-masing. Aamiin. 

0 Response to " Awas Hindari Dari 4 Karakter Yang Dijelaskan Dalam Surat Yunus."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel