Hati-hati Dari 3 Sifat Yang Dapat Membawa Kebinasaan Diri.

https://www.rasiyambumen.com/2020/05/hati-hati-dari-3-sifat-yang-dapat.html
Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Mu'amalah)
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Islam mengajarkan kepada umat manusia untuk menyucikan diri dari kotoran hati. Sebab banyak sekali sifat tercela dalam hati yang harus dihindari agar selamat di dunia dan di akhirat. Dan perlu kita waspadai ada tiga sifat yang sangat buruk bahkan ketiga sifat ini, dapat membawa kebinasaan dalan diri.
Imam Al-Ghazali menyebutkan tiga perkara yang dapat memicu kebinasaan diri. Imam Alghazali dalam kitab Bidayat Al-Hidayah menyampaikan ada tiga sifat hati yang sangat jahat. Yaitu sifat yang ghalib wujud (lazim ada) di kalangan ulama zaman sekarang (zaman Imam Al-Ghazali semasa masih hidup).  Dalam hadits Nabi terdapat keterangan yang terkait ketiga sifat ini. Berikut hadits yang menjelaskan :
"Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin Ash beliau berkata : "Rasulullah s.a.w. pernah ditanya, Siapakah orang yang paling utama? Beliau menjawab : Setiap orang yang bersih hatinya dan benar ucapannya. Para sahabat berkata ; Orang yang benar ucapannya telah kami pahamai maksudnya. Lantas apa yang dimaksud orang yang bersih hatinya? Rasulullah s.a.w menjawab ; Dia adalah orang yang bertakwa (takut) kepada Allah, yang suci hatinya, tidak ada dosa kedurhakaan di dalamnya serta tidak ada pula dendam, dengki atau hasad, riya, dan ujub". (Dikeluarkan oleh Ibnu Majah 4216 dan Thabrani, dishahehkan oleh Imam Al-Albani di dalam silsilah Al-Hadits As Shaheh).

Dari hadits di atas Imam Al-Ghazali mejelaskan tiga sifat hati jahat ini dapat membawa kepada kebinasaan diri dan penyebab dari sifat-sifat tercela lainnya. Sifat itu antara lain; hasad (dengki), riya, (pamer berbuat baik untuk mendapat pujian) ujub, (angkuh sombong dan berbangga diri).

Imam Al-Ghazali menyampaikan harus seungguh-sungguh membersihkan hati dari sifat hasad, riya, dan unjub. Bila sudah dapat membersihkan hati dari tiga sifat jahat ini, maka akan dapat mengetahui cara untuk menjauhkan diri dari sifat buruk yang lainnya. Itulah kuncinya. Sebaliknya kalau kita tidak dapat menyucikan/membersihkan dari sifat ; hasad, riya dan ujub, maka tidak akan mampu menghadapi sifat-sifat tercela lainnya yang muncul dalam hati.

Jangan beranggapan setelah memiliki niat yang baik dalam menuntut ilmu, berarti telah selamat dari sesuatu yang berbahaya. Hal ini yang selalu diingatkan oleh Imam Al-Ghazali. Sementara di dalam hati masih memiliki  sifat hasad, riya, dan ujub. Rasulullah s.a.w. bersabda :
"Ada tiga sifat yang dapat membinasakan manusia, sikap bahil yang dipatuhi, hawa nafsu yang diikuti, dan merasa bangga dengan diri sendiri".
Imam Al-Ghazali menjelaskan bahwa sifat hasad adalah cabang dari sifat bakhil. Sebab orang bakhil adalah orang yang tidak mau memberi sesuatu kepada sesama dari apa yang ada di tangannya.
Rasulullah s.a.w. mengancam orang-orang yang bakhil termasuk diantarnya mereka yang enggan untuk mengeluarkan sebagian hartanya atau kekayaannya, yang menjadi kewajiban untuk dizakati dengan hukuman yang sangat berat di akhirat nanti. Na'udubillah.

Demikian uraian singkat "3 Sifat Yang Dapat Membawa Kebinasaan Diri". Semoga bermanfaat, dan menjadi pengingat untuk kita semua, agar tidak terjebak menjadi dari salah satu 3 sifat tersebut. Aamiin.  

0 Response to "Hati-hati Dari 3 Sifat Yang Dapat Membawa Kebinasaan Diri."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel