3 (Tiga) Kiat Sukses Jalani Hidup di Dunia ini.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah).
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Dalam kehidupan setiap manusia pasti ada yang sangat berhasil, ada yang sedang-sedang saja, dan ada pula yang kurang beruntung. Hal ini apabila diukur dengan keberhasilan materi yang ia peroleh. Namun pada dasarnya setiap manusia pasti menginginkan sukses dalam kehidupannya di dunia maupun akhirat. Keberhasilan atau sukses setiap individu itu, adalah sesuatu yang misterius hanya Allah saja yang mengetahui. 

Sukses meraih kebahagiaan materi disertai sehat jasmani dan rohani serta memiliki kelapangan dada (mempunyai jiwa penyabar), memang dambaan dari setiap umat manusia dalam mengarungi kehidupan di dunia ini. Dan tak luput pula dambaan untuk mendapatkan kebahagiaan di akhirat kelak. Namun setiap kehidupan pasti akan ada ujian/cobaan yang menimpa kita misalnya sakit, baik sakit jasmani atu rohani. Dan paramedis atau obat tidak selalu menjadi instrumen yang dapat menyembuhkan segala penyakit jasmani maupun rohani tersebut. 

Disampaikan oleh Syekh Aidh bin Abdullah Al-Qarni, ada tiga kiat bagi orang yang ingin memperoleh kesehatan jasmani, kesehatan rohani dan kelapangan dada, tanpa paramedis dan memakai segala jenis obat-obatannya. 

Kiat Pertama : Dalam bukunya "Laa Tahzan" karangan beliau.  Bagi seorang muslim harus senantiasa konsisten menjalin hubungan dengan Allah SWT, dengan menyembah-Nya, taat kepada-Nya, dan berlindung hanya kepada-Nya. Karena hal ini adalah merupakan keimanan yang besar sebagaimana disebut dalam Al-Qur'an berikut : 
"Tuhan (yang menguasai) langit dan bumi dan apa-apa yang ada diantara keduanya, Maka sembahlah Dia dan berteguh hatilah dalam beribadat kepada-Nya. Apakah kamu mengetahui ada seorang yang sama dengan Dia (yang patut disembah)?". (QS, Maryam : 65). 
Kata Syekh Aidh bin Abdullah Al-Qarni dalam bukuknya "Laa Tahzan" terkait ayat diatas, beliau mengatakan, maka sembahlah Allah dan bersabarlah kalian dalam melaksanakan ibadah kepada-Nya. 

Kiat Kedua : Syekh yang lahir di Qarni, Selatan Arab Saudi tahun 1379 Hijriyah ini, menyampaikan kiat yang berlaku umum. Sebab kiat ini bukan hanya berlaku untuk kaum muslim saja, tetapi juga berlaku untuk non muslim. Dan apabila ingin menjalankan kiat ini, untuk meraih kesembuhan dan kesehatan, serta kelapangan dada (berjiwa tenang dan penyabar), caranya adalah dengan menutup atau mengubur arsip masa lalu, semua tragedi dan air matanya, semua kesedihan dan musibahnya, semua penderitaan dan kecemasannya, lalu mulailah dengan lembaran hidup baru dengan semangat yang baru pula dan memohon dengan penuh harap kepada Allah SWT. pemegang segala urusan. 

Kiat Ketiga : Juga masih berlaku umum. Caranya membiarkan masa depan yang masih misteri datang dengan sendirinya. Maknanya adalah tidak perlu menyibukkan diri memikirkannya dan menghilangkan semua pikiran yang ruwet, penantian yang tidak pasti, dan kekhawatiran dengan kehidupan. Kita menjalani hidup dengan segala kesibukan dan kegiatan hanya sebatas hari yang sedang dijalani. "Itulah saran Beliau".
Dikutip dari perkataan Ali bin Abi Thalib, beliau telah memperingatkan terkait dengan hal ini, melalui perkatannya yang paling terkenal : "Hindarilah oleh kalian panjang angan-angan. Karena sesungguhnya angan-angan yang panjang itu akan membuat kalian terlena dan lalai".

Dikalangan karya Ulama terdahulu, para ahli Hadits, para sastrawan, para murabi para sejarawan juga para ahli-ahli lain, yang membahas tentang penanggulangan masalah gelisah dan depresi, telah menuliskan tiga kiat cara di atas, bagaimana menyembuhkan kesehatan, dan kelapangan dada.

Dari hasil karya-karya mereka setelah saya baca, (ucap Syekh Aidh bin Abdullah Al-Qarni) semuanya mempunyai kesimpulan yang sama. Yaitu ada tiga kiat bagi orang yang ingin memperoleh kesehatan jasmani, kesehatan rohani dan kelapangan dada atau kelapangan harta, senantiasa menjalin hubungan dengan Allah SWT, dan menutup kesusahan/penderitaan masa lalu, dan membiarkan masa yang akan datang/masa depan yang masih misteri tersebut. (pungkasnya mengakhiri ucapannya). Wallahu 'alam. 

Demikian uraian singkat "3 (tiga) Kiat Sukses Jalani Hidup di Dunia ini". Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Aamiin. 

0 Response to "3 (Tiga) Kiat Sukses Jalani Hidup di Dunia ini. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel