Renungan Terkait Dengan Nama Negara Indonesia

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aneka)
Pembaca budiman, Bimbingan serta Ridha-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak Aamiin...

Kali ini penulis ingin menyajikan meteri yang mungkin sudah pernah anda dengar, bahkan juga anda lebih tahu tentang judul di atas sekedar "Renungan Terkait Dengan Nama Negara Indonesia". Benarkah nama INDONESIA ini terambil dari nama atau diberi nama sesuai dengan Akronim  WALISONGO?. Apakah hanya suatu kebetulan karena cocok dengan nama depan dari setiap nama wali tersebut, atau memang semua ini sudah menjadi kehendak Allah SWT.  

Untuk mencari tahu marilah kita mencoba mengurai nama INDONESIA ini dengan sederetan nama WALISONGO tersebut.

  1. Ibrahim Malik  (Sunan Gresik) adalah keturunan ke-22 dari Nabi Muhammad saw. ia juga disebut Sunan Gresik, atau Sunan Thandes, atau Mursid Akbar. (Thariqat Walisongo, Nasab Asayyid)
  2. Nawawi Macdhum  (Sunan Bonang) adalah keturunan ke-23 dari Nabi Muhammad saw. Ia adalah putra Sunan Ampel dengan Nyai Ageng Manila, putri Adipati Tuban bernama Arya Teja.
  3. Dorojatun  atau R.Qasim (Sunan Drajat) adalah keturunan ke-23 dari Nabi Muhammad saw. nama sewaktu masih kecil adalah Raden Qasim)
  4. Oesman R. Djafar Sodiq (Sunan Kudus) adalah keturunan ke-24 dari Nabi Muhammad saw. ia putra dari Sunan Ngudung atau Raden Usman Haji dengan Syarifah Ruhil atau Dewi Ruhil yang bergelar Nyai Anom Manyuran binti Nyai Ageng Malaka, binti Sunan Nyampel. 
  5. Ngampel R. Rahmat (Sunan Ampel) adalah bernama asli Raden Rahmat, keturunan Nabi Muhammad ke-19 dari Nabi Muhammad saw. menurut riwayat ia adalah putra Ibrahim Zainuddin Al-Akbar.
  6. Eka Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) adalah putra Syarif Abdullah Umdatuddin, putra Ali Nurul Alam putra Syeikh Husain Ali Akbar. 
  7. Syaid Umar (Sunan Muria) adalah putra Sunan Kalijaga. Ia adalah putra dari istrinya yang bernama Dewi Syarah binti Maulana Ishaq. Sunan Muria atau Syaid Umar menikah dengan Dewi Sujinah, putri Sunan Ngudung. Jadi Sunan Muria adalah adik ipar dari Sunan Qudus. 
  8. Ishaq Ainul Yaqin (Sunan Giri) adalah putra Maulana Ishaq. Sunan Giri adalah keturunan ke-23 dari Nabi Muhammad saw. merupakan murid dari sunan Ngampel dan saudara seperguruan dari Sunan Bonan. 
  9. Abdurrahman R. Syahid (Sunan Kali Jaga) adalah putra Adipati Tuban yang bernama Tumenggung Wilatikta atau Raden Sahur atau Syayid Ahmad bin Mansyur (Syeikh Subakir). Ia adalah murid Sunan Bonan. 
Nama INDONESIA adalah berjumlah 9 huruf, yang diambil dari tokoh ulama atau para wali yang berjumlah 9 yang lazim disebut WALISONGO. atau 9 Wali.
Marilah kita simak MISTERI / KEAJAIBAN di balik Nama INDONESIA ini.  Pernahkan kita mencoba menghitung dari angka nama INDONESIA?. Masya Allah akan kita dapati keajaiban yang luar biasa.
Mari kita coba hitung bersama.
Abjad            Urutan Angka
I  :                    9
N :                 14
D :                   4
O :                 15
N :                 14
E :                   5
S :                 19
I  :                   9
A :                   1

Kita perhatikan dari angka yang muncul hanya ada angka "1, 9, 4, 5" ini adalah tahun kemerdekaan Indonesia. Di dalamnya tidak ada angka, 2, 3, 6, 7 dan 8.  Ini pasti bukan suatu kebetulan, tetapi kehendak dan karunia dari Allah SWT.

Mari kita coba jumlahkan semua dari kata "INDONESIA" jumlahnya adalah  "90"
Angka 90 di dalam Al-Qur'an adalah nomor urut yang bernama Surat Al-Balad yang mempunyai arti dalam bahasa Indonesia ialah NEGARA.  Tentu ini juga bukan suatu kebetulan tetapi memang kehendak dan karunia Allah SWT.

Dan keberadaan negeri ini sudah diprediksi oleh para ulama jaman dulu dengan berdasarkan pada sebuah nubuah yang dianggap sebagai hadits Nabi bagi sebagian kalangan ulama.
"Bahwa akan ada suatu negeri di atas awan yang bernama Samudra, yang dikelilingi air dan menghasilkan banyak ulama, dan ternyata negeri itu adalah INDONESIA".
Keberadaanya itu telah disebutkan oleh Rasulullah SAW.
Mari Indonesiakan Indonesia kita. Kita bersatu kesatuan demi Indonesia. Kita wujudkan Rahmatan lil 'alamin. Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghafur.  Wallahu 'alam Bishawwab

Demikian uraian singkat "Renungan Terkait Dengan Nama Negara Indonesia". Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam menjalankan agama Islam ini secara kaafah.  

0 Response to "Renungan Terkait Dengan Nama Negara Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel