CONTOH TEKS MC & NASKAH PANDUAN AKAD PERNIKAHAN

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Fiqih Nikah)
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak Aamiin...

Akad Nikah merupakan rangkaian utama dalam prosesi pernikahan. Dalam prosesnya Akad Nikah sebetulnya cukup sederhana. Hanya saja hal sederhana akan terasa rumit jika kita tidak memahami langkah demi langkahnya. 
Untuk mempermudah langkah acara tersebut maka dibentuk MC yang akan memandu jalannya prosesi Akad Nikah. Saya mencoba menulis susunan acara beserta Script untuk MC. Mudah-mudahan hal ini membantu Anda saat anda bertugas di acara pernikahan sebagai MC. 

Hal pertama yang akan saya share adalah susunan acara Akad Nikah yang pada umumnya dilakukan. Jika Anda improvement (ingin memperbaiki) tentu sangat dibolehkan.

SUSUNAN ACARA AKAD NIKAH. 
  1. Kedatangan Calon Memepelai Pria
  2. Pengalungan Bunga
  3. Pembukaan Akad Nikah
  4. Sambutan Penyerahan Calon Pengantin Pria 
  5. Sambutan Penerimaan Calon Penganten Wanita
  6. Simbolisasi Penyerahan
  7. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an
  8. Prosesi Akad Nikah
  9. Sungkeman 
  10. Foto Bersama Keluarga Inti. 
Susunan acara tersebut di atas merupakan yang umum dilakukan. Kalau misalnya ada upacara adat dapat ditambahkan selesai acara ini. Bahkan di era yang modern ini, pasca akad nikah sering ditambah dengan momen-momen seperti pelepasan balon, atau penyulutan kembang api. Hal yang seperti ini merupakan tambahan tentu sesuai selera mempelai atau shahibul hajat.

Mari kta bahas bagaimana Script untuk memandu rankaian acara Akad Nikah tersebut. Siap-siap sambil berlatih ya. Contoh Script di bawah ini menggunakan case dalam pernikahan Adik saya laki-laki dan Calon Istri. (Untuk pembaca tinggal ganti detailnya saja jika mau pakai Script yang saya tulis). 

Script MC Akad Nikah

       1. Kedatangan Calon Mempelai Pria. 
Selamat datang kami ucapkan kepada rombongan keluarga besar Calon Pengantin Pria, keluarga dari Bapak Sugeng Sudibyo : Ananda Calon Mempelai yang bernama Heru Haryono yang merupakan putra pertama dari pasangan Bapak Sugeng Sudibyo dan Ibu Dewi Surtiningsih. 
Suatu kebanggaan dan kebahagiaan karena pagi hari ini kami kedatangan keluarga yang penuh dengan cinta. 
Dari hati yang terdalam, kembali kami ucapkan selamat datang pada keluarga besar Bapak Sugeng Sudibyo yang sudah datang jauh-jauh dari Kota Kebumen Jawa Tengah.

       2. Pengalungan Bunga. 
Sebagai ungkapan cinta dan ketulusan, selanjutnya akan dilakukan prosesi pengalungan bunga yang akan diberikan dari ibunda calon mempelai wanita kepada kepada calon pengantin pria. 
Kepada yang terkasih ;  Ibu Maesyaroh dan juga Heru Haryono untuk melangkah melakukan prosesi pengalunan bunga. 
Silahkan melangkahkan kaki seraya mengucapkan basmalah agar langkah kaki kita selalu ada dalam ketulusan dan niat untuk menggapai ridho-Nya. 
Ibu Maesyaroh mengalungkan bunga kepada Heru Haryono, (calon pengantin pria)

Alhamdulillah prosesi pengalungan bunga sudah selesai. Mudah-mudahan ini menjadi langkah awal agar rencana Akad Nikah yang sesaat lagi akan berlangsung dapat berjalan dengan hidhmat dan penuh keridhoan. 
Selanjutnya kami undang seluruh keluarga besar rombongan calon pengantin pria untuk amsuk kedalam ruangan/masjid dan duduk di ruang utama yang telah disediakan. 
(Rombongan keluarga Calon Pengantin Pria berjalan memasuki ruang utama).

       3. Pembukaan Akad Nikah
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah, Alhamdulillahi robbil 'alamin wabihi nasta'inu ala umuriddunya waddin wa'ala 'alihi washahbihi ajma'in. Amma Ba'du. 
Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat ilahi robbi Allah Swt. 

Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, yang tak pilih kasih dan tak pilih sayang. Segalanya dikasihi dan disayang. Atas kasih sayangnya pada hari ini, Sabtu, 22 Juli 2019 kita semua dapat bertatap wajah dan bertemu pandang dalam rangkaian acara prosesi Akad Nikah antara Kumala Sari dengan Heru Haryono.

Hadirin segenap tamu undangan yang berbahagia. 
Daun-daun tak mungkin akan terjatuh jika tidak ada yang menggerakannya
Debu-debu beterbangan tak akan mungkin jika tidak ada yang menggerakannya. 
Ombak yang menggulung di lautan pun tak akan terjadi jika tak ada yang menggerakannya. 
Begitupun dengan pertemuan kita pada pagi hari ini tak akan mungkin terjadi jika tak ada yang menggerakannya. Maka sudah sepantsnyalah kita awali dengan rasa syukur karena atas izin Allah-lah kita dapat berjumpa di pagi hari yang penuh dengan kedamaian. 

Shalawat dan salam semoga selalu tercurah di haribaan junjungan kita, Nabi Besar Muhammad saw. serta Keluarganya, para Sahabat, para Tabi'in, TabiutTabiin, dan insya Allah kepada kita yang hingga saat ini bahkan detik ini masih istiqamah menjalankan risalah yang dibawanya, mudah-mudahan akan mendapat syafaat di yaumul akhir kelak. Aamiin. 

Hadirin tamu undangan yang berbahagia, Insya Allah, tak lama lagi akan ada dua hati yang terpaut dalam satu janji. Janji yang akan mengubah segalanya. Janji yang akan mengubah yang haram menjadi halal. Dan janji yang akan mengubah setiap hal menjadi rangkaian ibadah yang luar biasa. 

Janji kedua insan yang bernama Kumala Sari dan Heru Haryono. 
Kumala Sari merupakan putri ketiga dari pasangan Babak Suhendro dan Ibu Maesyaroh. 
Heru Haryono merupakan putra pertama dari Bapak Sugeng Sudibyo dan Ibu Dewi Surtiningsih.  

Untuk menjawab pertanyaan yang masih tersimpan dalam benak hati bapak ibu sekalian, selanjutnya akan ada penyampaian sambutan dari perwakilan kedua keluarga, terkait penyerahan dan juga penerimaan calon pengantin. 

       4. Sambutan Penyerahan Calon Pengantin Pria. 
Untuk mengetahui lebih dalam terkait kedatangan dan tujuan rombongan dari Calon Pengantin Pria, akan kita simak bersama sambutan penyerahan dari pihak calon pengantin pria, yang akan disampaikan oleh Bapak Ustadz Drs. H. Jamaluddin. Kepadanya kami persilahkan. 

       5. Sambutan Penerimaan Calon Pengantin Wanita. 
Sungguh niat yang sangat mulia sudah terdengar jelas dari sambutan penyerahan calon pengantin pria. Selanjutnya akan kita simak dan dengarkan sambutan penerimaan dari pihak calon pengantin wanita, yang akan disampaikan oleh Bapak Ir. Sukarwo. Kepadanya kami persilahkan. 

      6. Simbolis Penyerahan.
Alhamdulillah sudah kita dengar bersama dari sambutan kedua keluarga. Insa Allah tujuan sudah bulat dan tekad sudah menggema. Selanjutnya sebagai tanda cinta dari pihak Calon Pengantin Pria, akan ada penyerahan atau seserahan secara simbolis yang akan diberikan oleh Ibunda dari Heru Haryono yaitu Ibu Dewi Surtingsih kepada Ibunda Kumala Sari yaitu Ibu Maesyaroh.  
Kepada Ibu Dewi Surtingsih dan Ibu Maesyaroh untuk maju kedepan. 

Alhamdulillah penyerahan simbolispun sudah dilakukan. Selanjutnya kami persilahkan kepada keluarga calon pengatin pria menyerahkan seserahan secara estafet yang akan diterima oleh keluarga calon pengantin wanita. 

       7. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an
Jantung semakin berdetak kencang dan nafaspun semakin terengah-engah tak terasa kita semakin dekat dengan acara yang paling ditungu.
Marilah sebelum Akad Nikah dilakukan, kita dengarkan bersama pembacaan ayat suci Al-qur'an yang akan dibacakan oleh : Sdri. Aisyah binti Ahmad.   Kepadanya kami persilahkan. 

       8. Prosesi Akad Nikah. 
Hadirin tamu undangan yang berbahagia, kita tiba saatnya melangkah acara yang paling ditunggu yaitu Akad Nikah. 
Kepada petugas dari KUA : Bapak Sukron Maulana, yang akan membimbing acara Akad Nikah, kami persilahkan.  

Selesai.
Hadirin tamu undangan yang berbahagia, proses Akad Nikah telah selesai dan berjalan dengan Hidhmat. Semoga Allah SWT meridhoi segala apa yang telah kita lakukan. Aamiin. 

       9. Sungkeman. 
Sungkeman dilakukan sebagai ungkapan cinta dari kedua mempelai kepada orang tua. Dan biasanya akan dimulai dari ibunda masing-masing, ayah, lalu bergantian kepada mertua. 
Sungkeman ini ada yang langsung dipandu oleh MC dan ada juga yang langsung dilakukan oleh mempelai. Dipersilahkan untuk memilihnya. 

      10. Foto Bersama.   
Sebagai rangkaian penutup dari prosesi Akad Nikah, biasanya dilakukan foto bersama dengan keluarga inti. Untuk formasi yang umun dilakukan, adalah : 2- 4 - 4 - 6. 

Dua itu adalah kedua mempelai.
Empat itu mempelai dengan orang tua pengantin wanita. 
Empat selanjutnya mempelai dengan orang tua pengantin pria.
Dan Enam adalah gabungan dari mempelai dan kedua orang tua pengantin. 

Demikian Contoh Teks MC dan Naskah Panduan Akad Pernikahan. Mudah-mudah Teks MC Akad Nikah ini bermanfaat. Siapa tahu Anda termasuk yang diberi tugas MC ini. 

Ditulis Oleh : Drs. Rasiyam Hidayat, 
Bogor, 21 November 2019. 

0 Response to "CONTOH TEKS MC & NASKAH PANDUAN AKAD PERNIKAHAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel