5 Adab Dalam Menjenguk Orang Yang Sedang Sakit.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Mu'amalah)
Pembaca budiman, Bimbingan serta Ridha-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak.Aamiin.

Sebagai Muslim yang baik dan tawadhu' kepada Allah, sudah barang tentu akan mengamalkan segala perintah-Nya baik yang wajib maupun yang sunnah. Tak terkecuali untuk bertamu khususnya kepada sahabat yang sedang mengalami ujian sakit yang Allah berikan kepada mereka. Hal ini dilakukan sebab Rasulullah saw, sangat menganjurkan agar menyempatkan diri untuk menjenguk saudara kita yang sedang sakit. 
Agar apa yang kita lakukan menjadi bermanfaat dan membuat orang yang sedang sakit itu bergembira dengan kedatangan kita, maka perlu mengetahui secara benar ketika kita berkunjung kepada mereka yang sedang sakit. 

1. PERHATIKAN WAKTU UNTUK MENJENGUK.
Waktu untuk menjenguk orang yang sedang sakit, pada dasarnya dapat dilakukan kapan saja. Yang terpenting tidak merepotkan orang yang sedang sakit tersebut, ataupun keluarganya. Karena di dalam hadits Rasulullah saw. tidak ada ketetapan kapan waktu yang tepat untuk menjenguknya. Selama anda memiliki waktu senggang maka segerakan untuk menengok orang yang sakit tersebut. Namun kita harus hindari pada jam-jam dimana orang yang sakit itu sedang istrirahat.

2. BERAPA LAMA WAKTU KUNJUNGAN.
Sebagai orang yang sedang menjenguk orang yang sedang sakit sebaiknya memperhatikan lamanya waktu menjenguk. Alangkah baiknya jikalau lebih singkat saja dan tidak terlalu lama. Hal ini agar tidak membebani orang yang sedang sakit tersebut, dan tidak merepotkan keluarganya. Kecuali memang anda diminta oleh keluarga yang sakit tersebut, karena kedatangan anda dapat membuat si sakit merasa gembira. 

3. BAGAIMANA POSISI ORANG YANG SEDANG MENJENGUK ?.
Posisi yang tepat dan benar ketika kita menjenguk orang yang sedang sakit adalah, dengan berada disisi kepala bagian kanan dari orang yang sedang sakit. Jika kita baca dari hadits riwayat Imam Bukhari, Rasulullah saw. biasanya akan duduk di dekat kepala orang yang sedang sakit di bagian sebelah kanan.

4. MENANYAKAN KONDISI ORANG YANG SEDANG SAKIT. 
Kemudian anda juga dianjurkan untuk bertanya mengenai bagamana kondisi orang yang sedang sakit tersebut. Adab tersebut dapat menambah dukungan moral, dan menunjukkan kepada kita bagaimana harapan kita agar ia segera/cepat sembuh. 
Pada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari terdapat suatu cerita mengenai Rasulullah saw dalam hal menjenguk orang sakit, dengan menanyakan kondisi si sakit dan berdoa dalam rangka memberi harapan kepada si sakit agar lekas sebuh, dan kepada keluarga untuk tetap sabar dan tabah.  

5. JANGAN MENGAJAK KEPADA ORANG YANG SEDANG SAKIT UNTUK BERBICARA PANJANG DAN LEBAR. 
Orang yang sedang sakit tentu membutuhkan waktu untuk beristirahat dengan tenang, sehingga kita tidak perlu menanyakan panjang dan lebar, sehingga yang sakit harus menjawab dengan bercerita panjang lebar juga.  Sebaiknya bertanya yang seperlunya saja, agar tidak membebani orang yang sakit tersebut atapun keluarganya. 
Ingat bahwa tujuan utama kita adalah menjenguk orang yang sakit, untuk meringankan beban dari sakitnya. Maka jangan membebani orang yang sakit tersebut, dengan memberinya banyak pertanyaan.

HADITS-HADITS SHAHEH TERKAIT  MENJENGUK ORANG YANG SAKIT. 
  1. Sesungguhnya orang muuslim yang menjenguk saudaranya yang sesama muslim, sedanga panen surga sampai ia kembali pulang ke rumah. Hadits ini diumapamakan seperti orang yang mendapat pahala, selayaknya orang yang sedang memanen buah. (HR. Muslim).
  2. Siapapun yang mengunjungi atau menjenguk orang yang sedang sakit, atau menjenguk sadaranya karena Allah. Semoga Anda selalu baik di tempat perjalanan. Anda juga akan mendapatkan surganya sebagai tempat tinggal.  (HR.Tirmidzi)
  3. Siapapun yang mengunjungi orang yang sedang sakit, maka ia akan mendapatkan Rahmat-Nya sampai ia mulai duduk. Saat ia sedang duduk, maka masuklah rahmat tersebut dalam dirinya. (HR. Albani). 
  4. Tidakkah sesorang muslim yang mengunjungi sesama muslim yang sedang sakit di pagi hari, maka akan ada 70 Malaikat yang akan mendoakannya sampai tiba di sore hari. Jika ia menjenguk orang yang sakit di sore hari, maka 70 ribu Malaikat akan mendoakannya sampai pagi tiba. Dan iapun akan memliki taman surga. (HR. Tirmidzi).
  5. Di dalam suatu hadits juga disebutkan bahwa Malaikat akan mendoakan kepada orang yang menjenguk orang sakit. Malaikat juga akan memohonkan ampun pada Allah bagi setiap orang yang menjenguk orang sakit. (Al-Hadits)
Demikian uraian sinkat 5 Adab Dalam Menjenguk Orang Yan Sedang Sakit. Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan dengan tulus dan ikhlas. Wallahu 'alam Bishawaab.

0 Response to "5 Adab Dalam Menjenguk Orang Yang Sedang Sakit."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel