Contoh Do'a Rasulullah SAW. Untuk Orang Yang Sedang Sakit.

Manfaat Menjenguk Orang Sakit.
Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Do'a).
Pembaca budiman Bimbingan serta Ridho-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak Aamiin...

Rasulullah SAW. berkunjung untuk menjenguk sahabatnya yang sedang sakit lalu mendo'akan untuk kesembuhannya dengan lafal doa sebagai berikut di bawah ini. Lafal ini dikutip oleh Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar yang berkaitan dengan doa Nabi SAW. dikala menjenguk sahabatnya yang sedang sakit. Doa lengkapnya adalah sebagai berikut :
Allahuma robban nas adzhibil ba'sa isyfi antas syaafii. Laa syaafiya illa anta syifaa'an la yughaadiru saqaman. 
Artinya :  Ya Tuhanku, Tuhan Manusia hilangkanlah penyakit. (sebut nama yang sakit) Berikanlah kesembuhan karena Engkau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Engkau, dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit. (Imam An-Nawawi Al-Adzkar, (Damaskus Darul Mallah, 1971 M/ 1391 H halaman 113).

Masuh terkait dengan doa sakit dalam riwayat lain Rasulullah saw. membaca doa ini ketika beliau meruqyah salah seorang sahabat :
Imsahil ba'sa rabban nasi. Biyadikas syifaa'u  laa kaasyifa lahu illaa anta.  Artinya : Tuhan manusia sapulah penyakit ini. Di tangan-Mulah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Enkau. (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, (Damaskus Darul Mallah, 1971 M/ 1391 H halaman 114).

Kita juga dapat mendoakan kesembuhan dengan menyebut langsung nama orang yang sedang sakit.
Hal ini pernah dilakukan oleh Nabi saw. ketika beliau menjenguk sahabatnya yaitu Sa'ad bin Abi Waqqash. Boleh kita mengganti nama Sa'ad dengan nama orang yang sakit, dihadapan kita. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim yang berbunyi sebagai berikut :
Allahummasyfi  Sa'dan, Allahummasyfi Sa'dan Allahummasyfi Sa'dan. Artinya : Ya Allah sembuhkanlah Sa'dan, Ya Allah sembuhkanlan Sa'dan, Ya Allah sembuhkanlah Sa'dan.  (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1971 H], halaman 114). 

Contoh doa yang lain juga pernah Rasulullah saw. lakukan ketika beliau menjenguk suku Arab Badui yang sedang menderita penyakit demam berat dengan lafal sebagai berikut : 
"Laa ba'sa thahuurun isyaa allahu" Artinya : Semoga tidak apa-apa (dengan sakitnya), Semoga suci dengan kehendak Allah. (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115). 

Selain doa kesembuhan kita juga dapat menyertakan doa pengampunan dosa dan perlindungan agama,  dan raga mereka yang sedang sakit.  Doa ini dibaca oleh Rasulullah saw. ketika menjenguk sahabat Salman al-Farisi. R.A. sebagaimana riwayat Ibnu Sunni di bawah ini : 
"Syafaallahuma saqamaka, waghafara dzanbaka, fa'aafaaka fii diinika, wa jismika, ilaa muddati ajalika"  Artinya : Wahai (sebut nama orang yang sakit) semoga Allah menyembuhkanmu , mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu, sepanjang usia. (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115). 

Dan masih banyak lafal yang dapat dibacakan ketika menjenguk orang yang sedang sakit. Namun penulis mencukupkan beberapa contoh di atas, dan semoga bermanfaat. 
Sebaiknya mendoakan mereka dengan bahasa yang mudah dipahami agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. Maka boleh juga hanya sekedar menghibur kepada orang yang sedang sakit dihadapan kita.  

Dekimian uraian singkat Contoh Doa Rasulullah SAW. Untuk Orang Yang Sedang Sakit. Semoga bermanfaat dan dapat diamalkan dengan tulus dan ikhlas. Waallahu 'alam Bishawaab.

0 Response to "Contoh Do'a Rasulullah SAW. Untuk Orang Yang Sedang Sakit."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel