3 Jenis Pengawasan Allah Swt.Terhadap Setiap Manusia.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Kultum)
Pembaca budiman Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...
Materi Kultum Ramadhan 
Setiap pribadi manusia akan mendapat pengawasan dari Allah swt. sedikitnya ada 3 jenis pengawasan sepanjang hidupnya, hingga kelak dipanggil untuk kembali ke hadapan Allah swt. 
Manusia memiliki tabiat yang memang menjadi fitrahnya yaitu akan merasa ketakutan dalam menjalani hidupnya. Takut dalam kehilangan harta yang telah dilikinya, takut sakit, dan takut kekurangan rezeki, yang paling sangat mendasar adalah takut menghadapi kematian. Namun ketika kita telah ikhlas dan istiqomah dalam menjalani hidup ini, maka rasa takut akan dapat kita hindari dengan cara memasrahkan sepenuhnya kepada Allah swt. 

Minimal ada 3 jenis pengawasan Allah terhadap setiap diri manusia yang tak pernah hentinya sepanjang masa dari detik-ke menit dan dari menit - ke jam dari jam-ke hari dan dari hari- minggu ke minggu - ke bulan dan seterusnya hingga akhir hayat kita.  

Pertama : Allah Swt. melakukan pengawasan secara langsung tanpa perantara malaikat. Dari sejak kita diciptkan hingga sampai pada ajalnya, Allah swt. akan selalu bersama kita dimanapun kita berada dan kapanpun waktunya. Bila kita bertiga, maka Dia yang keempat, bila kita sedang berlima maka Dia yang ke-enam. Ini telah tersirat dalam Al-Qur'an sebagai perikut : 
"Tidakkah kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yangada di langit dan apa yang ada di bumi?. Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah yang keempatnya, Dan tiada (pembicaraan antara) lima orang melainkan Dia-lah yang keenamnya. Dan tiada (pula) pembicaraan antara (jumlah) yang kurang dari itu atau yang lebih banyak, melainkan Dia ada bersama mereka di mmanapun mereka mberada. Kemudian Dia akan memberikan kepada mereka pada hari kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu". (QS, Al-Mujaadalah : 7). 
Allah swt. juga berfirman dalam surat Qaaf yang maknanya bahwa Dia lebih dekat dengan kita. Inilah firman-Nya :
"Dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya" (QS, Qaaf : 16). 
Kedua : Allah Swt. mengawasi kita dengan melalu Malaikat. Inilah Firman-Nya :
 "Ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan, dan yang lain duduk diseblah kiri". (QS Qaaf : 17).  
Kedua Malaikat ini akan mencatat segala perbuatan kita yang baik maupun yang buruk, yang besar maupun yang kecil. Catatan tersebut kemudian dibukukan dan diserahkan kepada kita. Ini dijelaskan dalam al-qur'an surat Al-Kahfi sebagai berikut: 
"Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang yang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata : Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar., melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang jua-pun". (QS, Al-Kahfi : 49).  

Ketiga : Allah juga melakukan pengawasan melalui diri kita sendiri. Ketika kelak kita telah meninggal, maka anggota tubuh kita, seperti ; tangan, dan kaki akan menjadi saksi bagi kita. Kita tidak akan meiliki kontrol terhadap anggota tubuh tersebut untuk memberikan kesaksian yang sebenarnya. Hal ini Allah nyatakan dalam surat Yasin sebagai berikut :
"Pada hari ini Kami tutup mulut mereka dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan". (QS, Yaasiin : 65). 

Kesimpulannya hidup kita ini tidak akan dapat terlepas dari pengawasan Allah swt. Maka sebenarnya tidak ada untuk berbuat maksiat. Tidak ada tempat untuk mengingkari Allah. Dan yakinlah bahwa perbuatan sekecil apapun pasti akan dipertanyakan dan diminta pertanggung jawaban dihadapan Allah SWT. Wallahu a'lam bisawwab. 

Demikian contoh kultum 3 jenis pengawasan Allah swt. terhadap setiap manusia. Semoga bermanfaat dan dapat diamalkan. 

0 Response to "3 Jenis Pengawasan Allah Swt.Terhadap Setiap Manusia."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel