Visi Dan Misi Membangun Sebuah Keluarga.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Mu'amalah)
Pembaca budiman Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di duia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Membangun sebuah keluarga / rumah tangga, tentunya harus mempertimbangkan aspek-aspek yang mendukung untuk menjadi bangunan yang kokoh sehingga apabila terdapat goncangan di dalamnya, baik yang datang dari dalam ataupun luar, maka bangunan atau keluarga akan tetap teguh dan berjalan walaun harus tertatih sekalipun.
Untuk menjadi keluarga yang memiliki keteguhan, pastilah harus mempersiapkan hal yang sangat mendasar yaitu memiliki visi dan misi, yang jelas, yang akan mengantarkan kepada kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Namun sebelum kita mengurai jauh tentang visi dan misi, marilah kita melihat bagaimana keluarga itu akan dapat dibangun dengan sakinah mawaddah wa rohmah. 
Membangun keluarga tentu harus diawali dengan suatu proses yang dibenarkan dalam syariat agama agar menjadi tepat dengan fitrahnya manusia.  Al-Qur'an menegaskan bahwa Allah menciptakan segala sesuatu itu berpasang-pasangan. Dalam Firman-Nya "Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah" (QS adz-Dzariyat (51) : 49)

Oleh karena itu setiap manusia pasti memiliki ketertarikan terhadap lawan jenis (bukan kepada sesama jenis). Maka pada setiap diri ada sesuatu yang amat menarik, dengan dorongan naluri dan fitrahnya. Sebagai contoh seorang pria akan mendekati wanita. Dan sebaliknya dengan perasaan dan keinginan alamiahnya, seorang wanita merasakan senang ketika ia didekati oleh pria. 
Allah berfirman dalam pernyataanya di dalam al-Qur'an sebagai berikut : 
"Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini yaitu ; wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (syurga)." QS Ali Imran (3) : 14)
Kalau kita menilik dari kedua ayat diatas yaitu surat adz-Dzariyat ayat 49 dan surat Ali Imran ayat 14, maka jika ada orang yang mencintai sesama jenis, pria mencintai pria, atau wanita mencintai wanita, ini pasti telah melenceng dari fitrah manusia itu sendiri. Andai kata hal itu terjadi dan hingga menjalin kepada membangun keluarga, sudah dapat dipastikan tidak akan dapat meraih kebahagiaan hidup yang hakiki.  
Untuk merealisasikan ketertarikan terhadap lawan jenis itu dan agar menjadi sebuah hubungan yang benar dan manusiawi, maka Islam datang dengan membawa suatu ajaran yang dinamakan pernikahan. Karena hanya melalui pernikahan yang sesuai syariat, seseorang akan meraih kebahagiaan hidup. 
Sebab pernikahan inilah yang merupakan pintu gerbang membangun sebuah keluarga. Dan tentunya agar keluarga itu langgeng tidak sebatas di dunia saja, tetapi juga di akhirat.  Dalam membangun sebuah keluarga, seseorang harus mempunyai visi dan misi yang jelas dan terukur. 
Apakah yang dimaksud visi untuk membangun keluarga?. Visi membangun sebuah keluarga itu adalah ; "Terwujudnya keluarga surga di dunia dan surga di akhirat".  Sebagainama doa yang selalu kita panjatkan " Robbana aatinaa fidunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah waqinaa adzabannar"  (Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan (kebahagiaan) di dunia  dan kebaikan (kebahagiaan) di akhirat dan perihalarah kami dari siksa neraka. (QS  (2) Al-Baqarah : 201). 

Setelah visi sudah jelas, kemudian dijabarkan ke dalam misi untuk membangun sebuah keluarga. Minimal kita lakukan tiga hal sebagai berikut :
Pertama ; Membangun dan mengembangkan keeksistensi umat manusia. Kedua ; adanya fungsi pendidikan, (yaitu proses tarbiyah dan pembinaan) di dalam keluarga. Dan yang terakhir, Ketiga ; menjalankan peran dakwah dan kepemimpinan di tengah masyarakat.  Minimal dari ketiga itulah yang menjadi misi kita dalam membangun keluarga.

Mudah-mudahan Allah selalu membimbing keluarga kita, keluarga muslimin dalam upaya membangun sebuah rumah tangga yang sakinah mawaddah warohmah dan sekaligus mengantarkan kita kepada syurga di dunia dan surga di akhirat. Aaamin. 

Demikian uraian singkat Visi dan Misi membangun sebuah keluarga. Semoga bermanfaat dan marilah kita semua mencoba dan berusaha dengan sebaik-baiknya. Wallahu a'lam.

0 Response to "Visi Dan Misi Membangun Sebuah Keluarga."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel