Permintaan Izin Calon Mempelai Wanita Kepada Ayah dan Bundanya.

Saat-saat haru ketika ketika sang putri minta izin dinikahkan.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (katagori posting Fiqih Nikah)
Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirt kelak. Aamiin...

Permintaan izin calon Mempelai Wanita kepada Ayah dan Bundanya ketika akan ijab qabul pernikahan. Hal ini memang bukan suatu syarat ataupun rukun dalam ceremoni/upacara pernikahan itu sendiri. Namun di kalangan masyarakat pada umumnya hal itu masih dilakukan sebelum ijab qabul atau akad nikah. Maka menurut hemat penulis, tradisi yang baik dan bermanfaat itu perlu di beri ruang dan tempat untuk dapat dilaksanakan. Terlebih lagi bila diniatkan sebagai bentuk birrul walidain (sebagai tanda bakti seorang anak kepada kedua orang tuanya).  

Berhubungan dengan masalah diatas, penulis mencoba merangkai kata terkait dengan permintaan izin calon mempelai wanita kepada kedua orang tuanya.  
Silahkan bagi pembaca yang ingin menggunakannya, penulis memberikan dua macam contoh di bawah ini : 

Contoh : 1. 
Ucapan Putrinya yang akan Menikah. 
BISMILLAHIROHMAANIRROOHIIM
AYAH DAN IBU YANG SAYA HORMATI, SAYA CINTAI, PADA HARI INI AKAN DILAKSANAKAN PERNIKAHAN ANANDA DENGAN CALON SUAMI PILIHAN ANANDA. UNTUK ITU ANANDA MOHON MA'AF APABILA SELAMA INI BANYAK MELAKUKAN KESALAHAN DAN KEHILAFAN BAIK YANG DISENGAJA MAUPUN YANG TIDAK DISENGAJA. 
DALAM KESEMPATAN YANG BAIK INI ANANDA MOHON DOA RESTU KEPADA AYAH DAN IBU.
DAN MOHON KIRANYA AYAH BERKENAN MENIKAHKAN ANANDA DENGAN CALON SUAMI PILIHAN ANANDA .......................... BIN ...........................
SEMOGA DIBAWAH BIMBINGAN DO'A DAN RESTU AYAH SERTA IBU,  PERNIKAHAN ANANDA  LANCAR DAN DALAM LINDUNGAN RIDHO ALLAH SWT. 

Jawaban Ayah yang akan Menikahkan
BISMILLAHIROHMAANIRROOHIIM
SEGALA KESALAH DAN KEHILAFAN ANANDA TELAH AYAH DAN IBU MAAFKAN DAN APAPAUN YANG MENJADI HARAPAN ANANDA, AKAN AYAH KABULKAN. 
AYAH AKAN MENIKAHKAN ANANDA SAAT INI JUGA DENGAN PILIHAN CALON SUAMI ANANDA YANG BERNAMA -------------- BIN ...............
DOA RESTU AYAH DAN IBU SELALU AKAN MENGIRINGI ANANDA BERDUA. SEMOGA SENANTIASA MEMPEROLEH KEBAHAGIAAN DAN KETENTERAMAN SERTA DAPAT MEMBINA RUMAH TANGGA YANG SAKINAH MAWADDAH WA ROHMAH DALAM LINDUNGAN DAN RIDHO ALLAH SWT. 

Contoh : 2
Ucapan Putrinya yang akan Menikah : 
Papa, Mama, yang ananda hormati dan cintai, ananda menghaturkan permohonan maaf, jika selama hidup ananda hingga sampai dewasa ini, banyak melakukan kesalahan dan kehilafan dari kata-kata ananda yang kurang berkenan ataupun perbuatan ananda yang tidak pantas dilakukan kepada Papa dan Mama. 
Pada saat yang baik ini, ananda memohon izin restu Papa, untuk dinikahkan dengan calon suami pilihan ananda,  pria yang ananda cintai yaitu .................... bin ................... Ananda memohon Papa dapat menikahkan dengan tulus dan ikhlas. 
Ananda juga memohon doa restu pada Papa, dan Mama semoga perjalanan rumah tangga ananda nanti, senantiasa rukun dan damai, sejahtera, sakinah mawaddah wa rohmah dan penuh keberkahan dari Allah SWT. 

Jawaban Papa yang akan Menikahkan :
Ananda ....................... Papa dan Mama memaafkan segala kesalahan dan kehilafanmu serta mendoakan semoga hidupmu nanti, akan senantiasa rukun , damai, serta penuh keberkahan dari Allah SWT. 
Ananda ................... di saat yang berbahagia dan baik ini insya Allah, sebentar lagi akan papa nikahkan kamu dengan calon suami pilihanmu yang bernama  ...................... bin ........................ dengan mas kawin berupa ............................... dibayar tunai. Semoga ridho dan berkah Allah SWT. selalu menyertai kita semua. Aamiin. 

Demikian 2 contoh uraian materi perminaan izin calon mempelai wanita kepada Ayah dan Bundanya. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan dilaksanakan dalam muamalah pernikahan tersebut.  

0 Response to "Permintaan Izin Calon Mempelai Wanita Kepada Ayah dan Bundanya. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel