Lima Nama Indah Yang Dimiliki Nabi Muhammad SAW Beserta Maknanya.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Aqidah)
Pembaca budimnan Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Dalam kitab "Dala'il al-Khayrat" Syekh Imran al-Zannati, mengatakan bahwa Rasulullah saw. mempunyai 201 nama. Ada lima nama yang paling indah diantaranya adalah ; Muhammad, Ahmad, al-Mahi, al-Basyir dan al-Aqib. 
Untuk semakin mencintai Rasulullah saw, tentu kita harus banyak mengetahui sosok kepribadian beliau, kisah perjuangan dalam menegakkan Islam, dan kepribadian secara keseluruhan termasuk mengenal nama-nama beliau yang indah.  
Rasulullah saw. pernah bersabda sebagai berikut "Sesungguhnya aku meliliki beberapa nama. Aku adalah Muhammad, aku adalah Ahmad, Aku al-Mahi yang sebab diriku Allah menghapus kekafiran, aku al-Hasyir tempat manusia berkumpul dan aku al-Aqib" (HR. Bukhari)

Dari kelima nama diatas, masing-masing memiliki makna yang berlainan, tetapi semuanya mengandung arti yang sangat dalam dan luhur bila kita renungi. 

Pertama : Nama Muhammad, berarti terpuji yang berasal dari kata hamd atu pujian. Muhammad adalah nama bagi orang yang melakukan tindakan yang mulia atau agung, sehingga ia berhak mendapatkan pujian atas apa yang dilakukannya. Nama Muhammad adalah bukan hanya sekali atau dua kali mendapat pujian, tetapi setiap orang akan terus memujinya. 

Ke-dua : Nama Ahmad, aqdalah bermakna orang yang paling banyak memuji Allah. Di alam dunia ini tidak ada manusia yang paling banyak memuji Allah swt, dibanding pujian Rasulullah saw, karena pujiannya kepada Allah lebih besar pula dari pujian semua makhluk, maka beliau disebut Ahmad al-Hamidin. Nama Ahmad ini disebutkan dalam Al-Qur'an sebagai berikut : 
"Dan (ingatlah) ketika Isa putra Maryam berkata "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)" maka tatkala rasul itu datng kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata mereka berkata : "ini adalah sihir yang nyata". (QS (61) Ash Shaff : 6).  
Dan firman Allah tersebut di atas, memang betul terbukti ketika saatnya Muhammad saw. datang pada zamannya untuk menyampaikan kebenaran dan memberi peringatan kepada umat, sebagian besar umat, mengatakan bahwa Muhammad adalah seorang gila dan dikatakan ahli sihir.    

Ke-tiga : al-Mahi adalah yang menghilangkan kekufuran dan kelalaian. Dengan cahaya risalahnya,                                                     
dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (keimanan), dari kezaliman menjadi kedamaian, lewat ajarannya, segala tindakan kekafiran pun diubah dengan keimanan sekaligus kebijaksanaan. 

Ke-empat : al-Hasyir adalah memiliki arti yang mengumpulkan. Ini dimaksudkan, bahwa manusia akan dikumpulkan di belakan beliau. Adalah Rasulullah saw. orang pertama yang dibukakan pintu surga, juga orang pertama yang diberi dan memberi syafaat. 

Dan ke-Lima : al-Aqib maknanya adalah yang menutup semua nabi, atau dikatakan nabi terakhir. Hal ini difirmankan dalam al-Qur'an di bawah ini : 
"Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha mengetahui segala sesuatu. (QS (33) Al-Ahzab : 40). 
Dengan firman Allah tersebut diatas, maka tidak akan ada lagi nabi setelahnya, hingga hari kiamat datang. 

Demikian uraian singkat terkait Lima nama indah yang dimiliki Nabi Muhammad saw. beserta maknanya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam pengamalan beragama serta akan lebih mencintai Rasulullah secara kaafah. Aamiin... 

0 Response to "Lima Nama Indah Yang Dimiliki Nabi Muhammad SAW Beserta Maknanya. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel