Inilah Penyebab Mati Dalam Su'ul Khatimah. Ikuti Uraiannya.

h

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Aqidah)
Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Mati Dalam "Su'ul Khatimah" adalah kematian yang sangat buruk, sehingga hal ini sangat ditakuti oleh semua orang yang beriman. Pada dasarnya setiap manusia pasti menginginkan dalam akhir hidupnya kelak, akan menemui ajal dengan Husnul Khatimah (Mati dalam keadaan yang terbaik). Su'ul Khatimah ini patut kita waspadai sehingga tidak menimpa diri kita ketika dalam penghujung hidup panggilan Allah SWT dalam sakaratul maut. 
Untuk itu perlu kiranya kita mengetahui bahwa "su'ul khatimah" (mati dalam keadaan buruk), memiliki sebab yang dimana setiap orang agar menjauhi dan menghindarinya.

Dalam kitab yang berjudul  : "Sabilul Iddikar wal I'tibar bima Yamurru bil Insan wa Yanqadli Lahu minal A'mar". yang ditulis oleh ; Sayyid Abdullah bin Alawi Al-Haddad menjelaskan, ada lima golongan yang dikhawatirkan meninggal dunia dalam "Su'ul Khatimah". 

Hal ini juga dikatakan oleh para ulama bahwa orang-orang yang paling dikhawatirkan akan beroleh Su'ul Khatimah (semoga Allah melindungi kita dari hal itu) adalah orang-orang yang suka melalaikan shalat, khususnya shalat fardhu lima waktu dalam sehari semalam, dan mereka yang suka minum minuman keras, mereka yang suka menyusahkan (menzolimi) orang, dan yang paling berbahaya adalah mendurhakai kedua orang tua, dan juga mereka yang terus menerus melakukan maksiat dan berbuat dosa besar, dalam berbagai kekejian namun tidak mau bertobat. 

Sayyid Abdullah bin Alawi Al-Haddad mengatakan dari lima golongan tersebut adalah sebagai berikut :
Pertama : Adalah mereka yang yang durhaka kepada kedua orang tua. Karena durhaka kepada orang tua hukumnya haram dan termasuk dosa besar setelah syirik. Inilah perintah berbakti kepada orang tua yang diabadikan dalam firman-Nya yaitu pada (Al-Qur'an Surat Lukman : 14) sbb :
"Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang, ibu-babanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembali" (QS. 31 :14).   Oleh karena itu jika seseorang selalu durhaka kepada kedua orang tua dan tidak mau menerima nasihat dari siapapun untuk berbakti kepada keduanya, anak atau orang seperti ini dikhawatirkan hidupnya akan berakhir dengan su'ul khatimah. 

Kedua : Orang-orang yang suka melalaikan shalat. Karena shalat adalah merupakan amal pertama yang akan dihisab oleh Allah SWT. Oleh karena itu, hendaknya selalu menjaga shalat kita dengan baik. Dalam kondisi apapun, sesibuk apapun, dan dimanapun berada khususnya shalat lima waktu jangan sampai kita tinggalkan. Dan jika ibadah shalatnya sangat buruk masih banyak yang bolong-bolong kadang shalat kadang tidak, ini juga dikhawatirkan akan berakhir dengan su'ul khatimah. 

Ketiga : Mereka yang suka menzalimi orang lain atau muslim lainnya. Menzalimi orang lain memang bukan persolan sepele. Diantara perbuatan menzalimi manusia kepa manusia lainnya adalah mencaci maki orang lain, menuduh atau memfitnah orang lain, memakan harta orang lain atau korupsi, menumpahkan darah orang lain, dan memukul orang lain. Oleh karena itu jika seseorang selalu menzalimi orang lain tanpa dapat diingatkan oleh siapapun agar berhenti, orang yang seperti ini juga dikhawatirkan hidupnya akan berakhir dengan su'ul khatimah. 

Keempat : Orang-orang yang suka mengkonsumsi minuman keras. Minum minuman keras hukumnya haram. Para pecandu minuman keras disebut juga para pemabuk. Mereka tidak hanya membahayakan dirinya sendiri, tetapi juga orang lain. Sering kita mendengar kecelakaan lalu lintas akibat pengendaranya sedang mabuk. Dan sering pula kita mendengar atau membaca berita-berita di media sosial bahwa seseorang tewas akibat ditikam dengan pisau oleh seorang pemabuk berat. Untuk itu barang siapa yang tidak dapat berhenti mengkonsumsi minuman keras itu, orang semacam ini juga dikhawatirkan hidupnya akan berakhir dengan su'ul khatimah. 

Kelima : Orang-orang yang terus menerus melakukan perbuatan dosa besar, berbagai kekejian, dan tidak mau bertobat, antara lain, yaitu berzina, main perempuan, mabuk-mabukkan, berjudi, madat (mencandu narkoba), dan mencuri/korupsi, kelima hal ini merupakan perbuatan maksiat yang keharamannya sangat jelas yang telah difirmankan Allah swt. dalam Al-Qur'an sbb :
"Dan janganlah kamu dekati zina sesungguhnya zina itu adalah perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk".  (QS Al-Israa' :32).  Dan satu ayat yang lain yang menerangkan tentang minuman keras :
"Hai orang-orang yang beriman sesungguhnya (minuman) khamar, berjudi, (berkurban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu, agar kamu mendapat keberuntungan". (QS, Al-Maidah : 90). 
Dari keterangan dua yat di atas, maka barang siapa yang selalu melakukan dosa-dosa seperti tersebut dan tidak dapat/tidak mau diingatkan oleh siapapun untuk bertobat, maka golongan orang yang demikian, juga sangat dikhawatirkan hidupnya akan berakhir dengan su'ul khatiman. 

Marilah kita semua berdoa, mudah-mudahan senantiasa diberi rahmat dan kekuatan oleh Allah SWT sehingga kita semua mampu menjauhi dosa-dosa yang telah kita bahas di atas, dan diberi oleh-Nya Husnul Khatimah, dan juga dijauhkan sejauh-jauhnya dari "Su'ul Khatimah". Aamiin...

Demikian uraian singkat dari Penyebab Mati Dalam Su'ul Khatimah. Semoga bermanfaat dan menambah keimanan kita, agar selalu menjaga perbuatan-perbutan yang diridha-Nya. 
Wallahu a'lam. 

0 Response to "Inilah Penyebab Mati Dalam Su'ul Khatimah. Ikuti Uraiannya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel