Kapan Saatnya Allah Akan Menolong Kita? Baca Tulisan Di bawah Ini.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah)
Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...
Pertanyaan kapan saatnya Allah akan menolong kita?  Hal ini akan menjadi lumrah atau dibenarkan manakala orang tersebut tidak pernah merasa bersyukur dengan apa yang kita nikmati dari apa saja yang telah Allah berikan kepada kita.
Tidak ada satupun masalah yang terjadi kecuali atas izin Allah SWT. 
Semuanya ada dalam genggaman-Nya. Maka jika demikian, alangkah mudahnya bagi Allah untuk membuka jalan keluar bagi siapa pun yang sedang dirudung masalah.  

Dengan adanya pertanyaan atau bisa juga dikatakan pernyataan pada judul diatas, bahwa memang semua manusia mempunyai banyak persoalan, masalah, yang dihadapinya. Entah itu persoalan atau permasalahan pribadi, keluarga, pekerjaan, ataupun juga yang lebih luas dari itu. Dari sekian banyak masalah yang terberat adalah saat ketika kita tidak mendapat pertolongan Allah SWT. Namun  seberat apapun persoalan atau permasalahan kita, akan menjadi ringan tatkala pertolongan Allah telah datang. Maka banyak orang yang selalu mengharapkan dengan ucapan atau perkataan kapan saatnya Allah menolong kita. Walau persoalan yang kecil sekalipun jika tidak mendapat pertolongan Allah maka akan terasa berat juga. 

Lalu apa kuncinya dan kapan waktunya untuk mendapat pertolongan Allah?. Subhanallah, ternyata kuncinya adalah tatkala kita mau menolong saudara kita, baik saudara dalam ikatan sedarah ataupun kerabat, sudara sebangsa, yang kita pun tidak kenal secara familiar, dan waktunya-pun adalah saat kita menolong tersebut. "Itulah jawaban dari pertanyaan kita".    
Rasulullah SAW bersabda : 
 وَ اللهُ فىِ عَوْنِ اْلعَبْدِ مَا كَانَ اْلعَبْدُ فىِ عَوْنِ أَخِيْهِ
"Allah senantiasa akan menolong hamba-Nya selama hamba itu menolong saudaranya" (HR. Muslim no. 2699).  Perhatian Allah kepada kita, sebesar perhatian kita kepada yang duafa, papa, yatim piatu, fakir miskin, mereka yang tertindas, dan sebagainya maka sebesar itulah perhatian Allah kepada kita. 
Dalam hadits lain Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam bersabda : 
اِرْحَمْ مَنْ فِي الأَرْضِ يَرْحَمْكَ مَنْ فِي السَّمَاءِ
"Kasihi dan sayangi mereka yang ada di bumi, niscaya para penghuni langit akan turut mengasihi dan menyayangi kalian" (HR. Bukhari).  

Al-Iman, al-ihtimam, bahwa Iman itu adalah perhatian, Iman itu adalah kepedulian. Tidak ada perhatian dan tidak punya kepedulian maka akan kurang bahkan tidak sempurna iman kita. 
Nabi shallallahu 'alaihi wassalam, bersabda : "Barang siapa yang tidak ikut peduli dan tidak perhatian terhadap urusan orang Islam (orang lain) maka bukan termasuk golonganku" (HR. Bukhari dan Muslim)

Disamping menumbuhkan semangat tolong-menolong kepada sesama, kita juga harus dapat mempraktekkan tuntunan Allah yang termaktup dalam surat Ath-Thalaaq ayat 2-3 sebagai berikut :
"Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah nisacaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu". (QS, Ath-Thalaaq : 2-3).  
Ayat ini mengajarkan bahwa jika semakin bertaqwa, maka semakin terbuka lebar pintu-pintu pertolongan Allah. Sebaliknya semakin kita ingkar, semakin jauh dan tertutup pintu-pintu pertolongan-Nya. 
Ibnu Atha'ilah as-Sakandary menegaskan : "Jangan menuntut kepada Allah karena terlambatnya permintaan yang telah engkau panjatkan kepada-Nya. Namun hendaknya engkau koreksi dirimu, dan tuntut dirimu agar tidak terlambat melaksanakan kewajiban-kewajiban terhadap Tuhanmu"

Demikian uraian singkat materi judul diatas, "Kapan Saatnya Allah Menolong Kita?. Mudah-mudah dapat menambah wawasan kita dalam pengamalan beragama yang sempurna ini. Wallhu 'alam bishowab. 

Baca juga yang ini :   

0 Response to "Kapan Saatnya Allah Akan Menolong Kita? Baca Tulisan Di bawah Ini."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel