Tata Cara Shalat Tahajud Dilengkapi Bacaan, Niat, Doa dan Tips Bangun Malam. (Sesi ke-2)



Kita melanjutkan untuk mengupas Tata Cara Shalat Tahajud, pada (Sesi ke-1) yang sudah sama-sama kita baca, dan untuk menyelesaikan secara komplit atau sempurna dalam judul diatas, kita lanjutkan di sesi ini (Sesi ke-2).  Dalam kupasan sebelumnya kita sudah sampai tentang sub pokok Shalat Tahajud ditinjau dari sumber Hadtis. Bagi yang belum baca sesi ke-1 klik (disini).
Dan mari kita baca selanjutnya untuk mendapatkan informasi yang lengkap dibawah ini :

Niat Shalat Tahajud. 
Hal yang perlu diperhatikan dalam tata cara melaksanakan shalat tahajud adalah berkaitan dengan Niat.  Ada dua hal yang penting untuk kita perhatikan soal Niat : Lafadh Niat atau bacaan niat dan Qashad Niat.  

Lafadh Niat adalah bacan yang kita ucapkan dengan lidah sebelum melaksanakan suatu ibadah, dalam hal ini berarti sebelum takbiratul ihram. Sedangkan ....
Qashad niat adalah niat di dalam hati ketika melakukan suatu ibadah, dalam hal ini adalah ketika melakukan takbiratul ihram. Membaca Lafadh niat hukumnya sunnah, sementara Qashad Niat hukumnya wajib. 
Jadi yang dinamakan dengan niat adalah qashad yang muncul di dalam hati ketika melakukan suatu amalan, bukan yang kita ucapkan dengan lidah.

Lafadh Niat 
Lafadh niat sholat tahajud adalah sebagai berikut :
أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ
Artinya  :  Aku niat shalat tahajud dua raka'at karena Allah Ta'ala. 
Bacaan niat ini diucapkan ketika hendak melakukan takbiratul ihram. Hukum membacanya adalah sunnah, bukan wajib. Maka jika sebelum takbir tidak membaca bacaan niat tersebut, hukumnya tetap sah. 

Qashad Niat.
Qashad Niat adalah ungkapan di dalam hati. Biasanya qashad niat dilakukan dalam bahasa daerah masing-masing agar mudah, yaitu pada saat kita mengucapkan takbiratul ihram, saat itu pula kita meng-qashad untuk melaksanakan shalat.  Saat takbiratul ihram dan membaca اَللهُ اَكْبَرُ, ("Allaahu Akbar") saat itu juga di dalam hati kita berniat : "aku niat shalat tahajud 2 raka'at karena Allah Ta'ala".
Bacaan qashad niat dapat berbeda-beda dan disesuaikan, yang penting jelas nama ibadahnya dan dikerjakan untuk Allah SWT semata. 

Rukun Shalat Tahajud. (Gerakan dan Bacaan).
Gerakan shalat tahajud tidak beda dengan gerakan sholat pada umumnya. Shalat tahajud juga diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. 
Rukun shalat tahajud juga terdiri dari 13 macam yakni :
  1. Niat. Niat dibaca berbarengan dengan takbiratul ihram. Niat dibca atau diqashad dalam hati, bukan diucapkan dengan lidah.        
  2. Takbiratul Ihram  Disertai dengan niat di dalam hati.
  3. Berdiri bagi yang mampu (khusus shalat fardhu). Shalat sunnah boleh duduk walaupn mampu berdiri.
  4. Memebaca Al-Fatihah. Dan lebih baik sebelumnya membaca doa iftitah. (setelah membaca iftitah baru membaca Al-Fatihah).
  5. Ruku' dengan tuma'ninah
  6. I'tidal dengan tuma'ninah
  7. Sujud dua kali dengan tuma'ninah
  8. Duduk diantara dua sujud dengan tuma'ninah
  9. Duduk akhir
  10. Membaca tasyahud atau tahiyyat akhir pada duduk akhir.
  11.  Shalawat atas Nabi saw. pada duduk tahiyat awal dan akhir.
  12. Salam yang pertama.
  13. Tertib. 
Catatan Tambahan : Ada yang meletakkan takbiratul ihram no. 3 setelah berdiri, ada juga yang meletakkan takbiratul ihram terlebih dulu.
Yang perlu diperhatikan adalah shalat tahajud harus dikerjakan dua raka'at sekali salam. Tak boleh (misal) 4 raka'at sekali salam.
Perlu diingat! jangan terlalu tergesa-gesa di dalam shalat. Banyak orang yang mengejar target raka'at shalat harus 8 atau 12 rakaat misalnya), akhirnya dia shalat dengan tergesa-gesa dan tidak sempurna. Ingat pula bahwa tujuan dari shalat adalah mengingat Allah swt. Oleh sebab itu sudah seharusnya dikerjakan sebaik dan sesempurna mungkin.
Begitu juga dengan bacaan dalam shalat tahajud, tidak ada perbedaan dengan shalat lainnya. Bacaan wajib dalam shalat yaitu : Takbiratul ihram, al-Fatihah, Tasyahud akhir, dan Salam. Setelah membaca al-Fatihah, disunahkan untuk membaca surah dalam al-qur'an. Ada sebagian yang berpendapat sunnah membaca surat Al-Kafirun di raka'at pertama dan Al-Ikhlas di raka'at kedua. 
Banyak yang bertanya apakah gak perlu baca do'a iftitah? 
Karena hukum membaca do'a iftitah sebelun membaca al Fatihah adalah sunnah, maka boleh tidak membacanya. Namun alangkah baiknya juga dibaca. Silahkan pertimbangkan setiap individu. 

Do'a Setelah Sholat Tahajud. 
Setelah shalat tahajud selesai, kita dianjurkan untuk berdoa' kepada Allah SWT. Kita bisa meminta apa saja kepada Allah selama itu adalah hal yang baik. Tidak dibatasi harus meminta hal tertentu saja. Namun ada do'a khusus yang sudah disusun oleh para ulama untuk kita baca setelah sholat tahajud selesai. 
Do'a Setelah Selesai sholat Tahajud bahasa Arab beserta Artinya. 
Berikut adalah doa'-nya :
اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.

وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.

وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ.

اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ

فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ.

اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ
Ya Allah, Milik-Mu lah segala puji.

Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.

Milik-Mu lah segala puji Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. 
Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah yang Hak (benar), janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada) para nabi itu benar.  Nabi Muhammad saw. itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada) 
Wahai Allah hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepadaMu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawaqal, hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dengan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. 
Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) kulakukan yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangnan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. 
Engkaulah yang maha terdahulu dan Engkaulah yang maha Terakhir, tak ada Tuhan selain Engkau dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. 

Sebaiknya doa tersebut kita hafalkan agar bisa kita baca setiap sesudah shlalat tahajud tanpa melihat teks, smbil dibaca diresapi juga makna doanya agar semakin sempurna. Jika belum hafal segera dihafal pelan-pelan.  

Keutamaan dan Manfaat Shalat Tahajud. 
Keutamaan, hikmah dan manfaat yang bisa kita peroleh karena melaksanakan sholat tahajud banyak sekali. Keutamaan dan manfaat itu ada yang bisa langsung kita rasakan di dunia dan juga yang baru bisa kita rasakan di akhirat. Di sini saya merangkum paling tidak ada 10 keutamaan dan manfaat sholat tahajud. Berikut adalah perinciannya : 
1. Tiket Masuk Surga.
Rasulullah SAW. bersabda :
"Hai sekalian manusia, sebarkanlah salam, bagikan makanan, sambunglah silaturahim, tegakkan lah shalat malam saat manusia lainnya sedang tidur, niscaya kalian masuk surga. dengan selamat"  (HR. Ibnu Majah).
2. Sasarana mendekatkan Diri Kepada Allah SWT dan Penyembuh penyakit (hati dan Fisik).
Rasulullah SAW bersabda :
Dirikanlah shalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu dalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (shalat malam dapat) mendekatkan kamu kepada Tuhanmu, (shalat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah berbuat dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh." (HR. Ahmad)
3. Sebagai Sarana mendapatkan Kemuliaan. 
Rasulullah SAW bersabda : 
Jibril mendatangiku dan berkata, Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, Cintailah orang yang engkau sukai, karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemulian seorang muslim adalah shalat waktu malam dan ketidakbutuhannya dimuliakan orang lain" (HR Al-Baihaqi). 
4. Dirahmati Oleh Allah SWT. 
Rasulullah bersabda : 
"Semoga Allah merahmati laki-laki yang bangun malam, lalu melaksanakan shalat dan membangunkan istrinya. Jika sang istri menolak, ia memercikan air di wajahnya. Juga merahmati wanita yang bangun malam, lalu shalat dan membangunkan suaminya . Jika sang suami menolak, ia memercikan air di wajahnya (HR. Abu Daud). 
5. Kemungkinan dikabulkan doanya oleh Allah SWT semakin besar. 
Di malam hari, ada sutu waktu di mana Allah SWT akan mengabulkan do'a hamba-hamba-Nya. Rasulullah bersabda : 
"Dari Jubair berkata : bahwa Rasulullah SAW bersabda "Sesungguhnya di malam hari ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah memberinya, itu berlangsung setiap malam" ( HR. Muslim).
Dalam Hadits lain Rasulullah SAW bersabda : "Tengah malam terakhir shalatlah sebanyak yang engkau inginkan, sesungguhnya shalat waktu tersebut adalah Maktubah Masyudah (waktu yang apabila bermunajat maka Allah menyaksikannya dan apabila berdoa maka didengar doanya." (HR. Abu Daud). 
6. Penghapus dosa dan penghalang berbuat salah. 
Rasulullah SAW. bersabda :
"Lakukanlah Qiyamul lail, karena itu kebiasaan orang shaleh sebelum kalian, sebagai bentuk taqarab, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah" (HR. At-Tirmidzi).
7. Kesempatan menghirup udara yang bersih.
Waktu sepertiga malam adalah waktu di mana udara dalam kondisi yang sangat bersih dan jernih. Saat seseorang bangun untuk melaksanakan shalat tahajud dan menghirup udara malam yang sejuk, hal ini sangat baik untuk kesehatan. Udara yang bersih membuat kerja paru-paru semakin mudah. Udara yang bersih juga mampu memperlancar aliran darah di dalam tubuh kita. 
8. Memberikan Ketenangan Hati. 
Orang yang bangun malam hari untuk sholat tahajud akan mendapatkan suasana yang tenang dan damai. Kondisi seperti ini sangat baik bagi kejiwaan seseorang, apalagi yang mempunyai permasalahan psikis maupun fisik. 
Nah jika saat ini Anda sedang mengalami banyak sekali permasalahan dalam hidup, coba nanti malam atau setelah membaca artikel ini, niatkan untuk shalat tahajud. Pilih waktu yang paling baik lalu shalat sesempurna mungkin. Mohon ampunan, petunjuk dan berdoa agar Allah menyelesaikan permasalahan kita. 
9. Menyembuhkan Berbagai Penyakit.
Sebagian kalangan juga berpendapat bahwa sholat tahajud dapat mengobati dan mengurangi stres hingga kanker yang sulit disembuhkan. Ada juga yang berpendapat gerakan-gerekan sholat tahajud akan menghindarkan, mengurangi bahkan menyembuhkan seseorang dari sakit punggung di usia tua. Salah satu alasan logisnya adalah karena sholat tahajud ini dikerjakan pada waktu malam setelah bangun tidur di mana waktu yang cukup baik untuk meningkatkan kesehatan. 
10. Allah Membanggakan Orang Yang Shalat Malam.
Rasulullah SAW. bersabda :
'Tuhan kita merasa kagum terhadap dua macam orang. 
Pertama, orang yang bangun dari tiker (yang dibentangkan) dari selimut di antara keluarga dan kekasihnya, untuk mengerjakan shalat malam kemudian Allah azza wajalla berfirman "Wahai Malaikatku, lihatlah pada hamba-Ku yang bangun dari tempat tidur, dan dari tikarnya diantara kekkasih dan keluarganya, untuk shalat dan mengharapkan sesuatu (pahala) dari sisiKu dan belas kasihan-Ku" 
Kedua, orang yang berperang di jalan Allah, dikarenakan para sahabatnya terkalahkan dan ia mengetahui apa yang harus dilakukan dengan kekalahan tersebut, (yaitu harus maju) dan tidak akan mendapat pahala jika pulang, kemudian ia kembali sampai darahnya ditumpahkan (terbunuh), kemudian Allah berfirman kepadanya Malaikat-Nya "Lihatlah pada hamba-Ku yang kembali untuk mengharapkan sesuatu dari sisiKu dan belas kasihan dari-Ku sampai darahnya tertumpah (terbunuh)" Diriwayatkan oleh oleh Ahmad Abu Ya'la ath Thabrani dn Ibnu HIban). 
Itulah 10 (sepuluh) Keutamaan atau manfaat dari shalat tahajud yang kita laksanakan. Semoga kita semua dapat mengamalkannya dan mendapat kekuatan untuk melaksanakannya. Aamiin.  

Tips Bangun Malam Untuk Melaksanakan Shalat Tahajud. 
1. Jangan begadang/Tidur Terlalu Malam.
Bagaimana mungkin seseorang merasa segar dan nyaman bangun malam kalau dia begadang di malam itu?. Selalu ingat bahwa tubuh kita punya hak untuk istirhat, mata kita punyak hak istirahat, organ-organ tubuh kita punya hak istirahat. Begadang adalah bentuk tindakan dzalim terhadap badan kita sendiri karena kita telah mengambil hak mata untuk istirhat. 
Tubuh dan anggota badan butuh waktu (minimum) untuk istirahat. Setiap orang berbeda-beda, namun secara umum, istirahat 5-6 jam dalam sehari semalam sudah cukup. Jika jatah tidur dikurangi dengan begadang, tentu tubuh akan merespon dengan sulitnya bangun malam.
Sebagai patokan umum, jangan tidur di atas jam 10 malam. Bagi saya pribadi, tidur jam 10 dan bangun jam 3 itu sudah cukup ideal. Namun ingat setelah subuh tetap tidak boleh tidur lagi.
2. Jangan Lupa Usahakan Tidur Siang
Tidur siang dalam Islam dikenal juga dengan sebutan kailullah. Kailullah hukumnya sunnah, berpahala jika dikerjakan. Sebagian Ulama mengatakan tidur siang dilakukan setelah waktu Dzuhur, namun pendapat lain yang lebih masyhur mengatakan tidur siang dilakukan sebelum shalat dzuhur hingga menjelang waktu Dzuhur. Tidur siang tidak boleh lama-lama, 30-60 menit sudah cukup. Bagi orang tertentu, 15 menit juga sudah cukup. Namun bagi seorang karyawan atau pegawai harian tentu ini tidak akan dapat dilakukan. Maka dipersilahkan untuk diatur sesuai waktu yang tersedia, dan usahakan agar bisa tidur walaupun hanya 15-30 menit. Hal ini untuk mempersiapka bangun malam dalam rangka menjalankan shalat tahajud. 
3. Pasang Alarm.
Dengan memasang alarm cukup efektif untuk membangunkan kita.  Sebaiknya untuk awal-awal jangan terlalu semangat pasang alarm jam 1 malam atau jam 2 malam (misalnya). Nanti malah malas untuk bangun. Jangan merasa bisa, kita perlu mulai dari awal yang ringan. Setting saja alarmnya 30 menit atau 1 jam sebelum subuh.  
4. Berdoa kepada Allah SWT. 
Hal yang sering dilupakan orang adalah lupa meminta kepada Allah SWT. Pada dasarnya apapun yang terjadi di dunia atapun akhirat adalah tergantung kehendak Allah semata. Maka perlu minta kepada Allah untuk dimudahkan bangun malam untuk shalat tahajud. Berdoa dengan membacanya dengan lisan atau diniatkan dalam hati untuk dapat dibangunkan malam, untuk shalat tahajud. 
5. Membaca surat Al-Kahfi Ayat 107-110 Sebelum Tidur. Inilah abacaannya : 
Para ulama mengatakan : Barangsiapa siapa yang menghendaki bangun pada saat atau jam tertentu di malam hari, maka bacalah empat ayat terakhir dalam surat Al-Kahfi ketika hendak tidur, dan kemudian membaca do'a di bawah ini :
اللهم بحق هذه الآيات الشريفة أيقظني في وقت كذا وكذا فإن روحي بيدك وأنت تتوفى الأنفس حين موتها والتي تمت في منامها اللهم اجعلني ممن يذكرك فتذكرني وأستغفرك فتغفر لي إنك تفعل ما تختار وتحكم ما تريد
Demikian uraian Tata Cara Shalat Tahajud Dilengkapi Bacaan, Niat, Doa dan Tips Banun Malam (Sesi ke-2). Semoga bermanfaat. Dan Marilah malam ini kita coba bangun malam untuk menjalankan shalat Tahajud.  

0 Response to "Tata Cara Shalat Tahajud Dilengkapi Bacaan, Niat, Doa dan Tips Bangun Malam. (Sesi ke-2)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel