Setiap Detik Rahasia Umur Kita, Akan Menentukan Kehidupan Akhirat


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (katagori posting Mu'amalah)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Rahasia Umur kita, yang misteri ini semoga dapat kita pergunakan untuk sepenuhnya mengabdikan diri kepada Allah Swt.  Setiap detik perbuatan manusia selama hidupnya akan menentukan kehidupan di akhirat kelak. Apakah akan ditempatkan di Surga atau Neraka. 

Nabi Muhammad saw. wafat pada usia 63 tahun. Maka sebagai perbandingan umatnya-pun tidak terlalu jauh berbeda, yang rata-rata antara 60 - 75 tahun. Selebihnya sedikit orang yang usianya melebihi 80 tahun. Dan usia yang singkat tersebut akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan Allah SWT. 

Dalam kajian Islam di Masid Al-Falah Bendungan Hilir Jakarta, saya kebetulan sedang shalat Asyar berjama'ah, dan setelah shalat diisi dengan tausiah/ceramah dengan tema "Rahasia Umur Kita" saya tertarik untuk mengikutinya. Ustadz Munir, S.Ag. mulai penjelasanya dengan tema tersebut di atas, mengatakan sebuah rahasia umur kita, mempunyai tanggung jawab besar yang harus dipegang teguh.   
Dalam hal rahasia umur manusia, terdapat rahasia-rahasia yang harus diketahui oleh umat Muslim. Di dalam rahasia tersebut terdapat hal penting yang mesti diketahui untuk kehidupan yang baik, di dunia maupun di akhirat.  
"Kita perlu tahu hal-hal yang penting di setiap umur kita baik secara syariat ataupun secara medis. Umur kita akan dimintai pertanggung-jawabannya". Ujar Sang Ustdz Munir, dengan semangat. Dalam sabda Rasulullah saw. menyebutkan terdapat empat hal yang akan ditanyakan oleh Allah SWT, nanti di akhirat, yakni : digunakan untuk apa usia mudamu, terkait hartamu dibelanjakan untuk apa, dan bagaina tentang ilmu-mu serta amalannya. 
Sabda tersebut jelas bahwa umur kita akan menjadi satu pertanyaan yang harus dijawab di pengadilan akhirat kelak. Menurut Ustadz Munir, S.Ag. , Allah akan meminta pertanggungjawaban setiap detik umur kita selama di dunia. Ustadz Munir, mengungkapkan bahwa dalam rahasia umur kita akan mengalami beberapa fase sebagimana disebutkan dalam Al-Qur'an.  Maka untuk itu umat Islam harus mengetahui dan memperhatikan setiap fase yang akan dijalaninya. 

Fase pertama yang harus dijalani oleh para Ibu adalah menyusui anak bayinya hingga usia dua tahun.
Firman Allah : 
وَالْوٰلِدٰتُ يُرْضِعْنَ أَوْلٰدَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ  ۖ  لِمَنْ أَرَادَ أَن يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ ۚ وَعَلَىالْمَوْلُودِ لَهُۥ  ۚ زْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوف ۚ 
" Para ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun, yaitu bagi yang ingin menyempur-nakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma'ruf". (QS. Al-Baqarah : 233). 

Pada usaia tersebut khususnya seorang ibu agar menyusui anaknya. Di usia ini seorang anak harus diberikan Air Susu Ibu (ASI). "Semua sepakat : agama, medis, para peneliti, bahwa ASI itu sangat penting. Karena dalam ASI itu mengandung zat imunitas yang tinggi. Maka berkait menyusui jangan sampai perempuan melalaikannya, hingga hak si bayi dengan ASI itu, dapat terpenuhi hingga sampai usia dua tahun. Sehingga perlu diperhatikan pula oleh ayah kepada ibu si bayi, agar diberikan makan yang bergizi dengan cara ma'ruf. Dan tentunya pakaian yang baik pula. Itulah sebai-baik perintah Allah SWT. Menggunakan susu selain ASI hanya boleh diberikan jika dalam keadaan darurat saja. 

Pada usia balita (sekitar 2-5 tahun), kita ajarkan kepada mereka kalimat yang baik serta bacaan Al-Quran, sebagaimana yang dicontohkan oleh para sahabat dan generasi Tabi-in dan Tabiut-Tabi'in sehingga banyak dari mereka yang sudah hafal Al-Qur'an pada usia belia. Apa rahasia di balik itu sebab karena Allah telah memberikan kelebihan kepada manusia pada masa kecilnya dengan kemampuan menghafal yang luar biasa. 

Kemudian usia tujuh tahun juga disebutkan dalam nas Al-Qur'an. Fase ini ada hal pentig yang harus diketahui oleh umat Muslim. Pasalnya di usia ini orng tua diminta agar menyuruh anaknya untuk melaksanakan shalat.  Perhatian yang menjadi prioritas orang tua adalah memerintahkan shalat karena shalat adalah tiang agama. Jika seseorang melalaikan, niscaya agama tidak akan tegak di atas bumi ini. Dan shalat itu pulalah yang akan dihisap pertama kalai di hari kiamat. Untuk hal shalat Rasulullah saw. bersabda :   
مُـرُوْا أَوْلاَدَكُمْ بِالصَّـلاَةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِيْنَ، وَاضْرِبُوْهُمْ عَلَيْهَا، وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ، وَفَرِّقُوْا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ
"Suruhlah anak kalian shalat ketika berumur 7 tahun, dan kalau sudah berusaia 10 tahun meninggalkan shalat, maka pukullah ia. Dan pisahkan tempat tidurnya (antara anak laki-laki dan anak perempuan)" (HR. Abu Daud no.495, Ahmad (II/10, 187). 
Fase umur selanjutnya yang harus diketahui oleh Umat Muslim yakni ketika memasuki usia 15 tahun. Usia ini, yaitu ketika manusia masuk pada akil baligh. Ketika sudah akil baligh maka manusia akan menanggung sendiri semua dosa-dosanya. Selanjutnya, usia 33 tahun salah satu fase yang juga disebut dalam nas Al-Quran. Menurut Ustadz Munir, S.Ag. usia 33 tahun merupakan usia manusia ketika berada di surga. Dan fase selanjutnya, yakni ke usia 40 tahun.  
Ustadz Munir, S.Ag. menjelaskan, 40 tahun adalah batas usia pemuda. Ustadz juga mengatakan bahwa manusia masuk pada fase dewasa. Di fase ini merupakan momen mengecek ulang perjalanan hidupnya. Di usaia 40 tahun ini, yaitu kita harus banyak merenung, meluruskan diri kembali ke tujuan hidup. Dia mulai tinggalkan dunia masa mudanya. "Oleh karena itu do'anya minta kepada Allah SWT, untuk mampu bersyukur sebanyak-banyaknya. Artinya tidak perlu merisaukan lagi duniamu" ujar Ustadz Munir, S.Ag. 
Fase umur selanjutnya yaitu 60 tahun. Menurut dia, Allah SWT. tidak memberikan toleransi hukum kepada umat Muslim dari setiap amal yang dikerjaknnya. Oleh karena itu, Ustadz Munir menyerukan agar fokus beramal ketika memasuki usia 60 tahun. Namum, ia menegaskan, yang terpenting menjalankan setiap fase umurnya dengan amal yang baik. Pasalnya Allah SWT, akan meminta pertanggungjawaban manusia di setiap detik umurnya/hidupnya. 
Demikian uraian singkat materi Setiap Detik Rahasia Umur Kita, Akan Menentukan Kehidupan Akhirat. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi pelajaran dalam menapaki hidup ini. Aamiin. 

0 Response to "Setiap Detik Rahasia Umur Kita, Akan Menentukan Kehidupan Akhirat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel