8 Keutamaan Amalan Sunnah Puasa Ramadhan.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Puasa)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga senantiasa tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Ada 8 keutamaan amalan sunnah puasa ramadhan yang kelihatanya sepele tetapi bernilai pahala yang besar. Dalam beberapa hari mendatang bulan yang Agung, bulan yang penuh berkah, bulan Ramadhan, dimana umat Islam yang beriman diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Namun jangan sampai puasa kita digolongkan kepada orang yang berpuasa dengan susah payah tetapi tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya.
Sebagaimana sabda Rasulullah saw. berikut :
"Betapa banyak orang yang berpuasa tetapi tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali hanya lapar dan dahaga saja" (HR. Ath-Thabrani).    

Amalan sunnah puasa ramadhan yang juga harus kita perhatikan dalam rangka untuk mendapatkan tambahan pahala dan barokah, sebagai pelengkap atau penyempurna ibadah wajib puasa itu, diantaranya ada 8 jenis. Apa sajakah ke 8 macam amalan itu?. Marilah ikuti pembahasannya di bawah ini :    

1. Menyegerakan berbuka apabila telah nyata dan yakin bahwa matahari sudah tenggelam.  
Dari Sahal bin Sa'ad berkata Rasulullah saw. : "Senantiasa manusia dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka puasa." (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Berbuka dengan korma, atau sesuatu yang manis, atau dengan seteguk air.
Dari Anas : "Nabi saw. berbuka sebelum shalat maghrib dengan rutab (kurma tua), kalau tidak ada dengan korma, beliau hanya minum beberapa teguk air saja" (HR. Tirmidzi)  
3. Berdoa sewaktu berbuka puasa.
Sabda Nabi saw. : Dari Ibnu Umar Rasulullah saw. apabila berbuka puasa, beliau berdo'a : "Ya Allah karena Engkau saya puasa, dan dengan rezki pemberian Engkau saya berbuka, dahaga telah hilang, dan urat-urat telah minum, dan mudah-mudahan ganjarannya ditetapkan" (HR. Daruquthni).

4. Makan sahur sesudah tengah malam, dengan maksud supaya menambah kekuatan berpuasa. 
Sabda Rasulullah saw.  Dari Anas, Rasulullah saw. telah berkata : "Makan sahurlah kamu, sesungguhnya makan sahur itu berkah (menguatkan badan menahan lapar karena puasa)". (HR. Bukhari dan Muslim). 

5. Mentakhirkan makan sahur sampai kira-kira 15 menit sebelum Fajar.
Dari Abu Zarr, Rasulullah saw. telah berkata : "Sesungguhnya umatku dalam kebaikan selama mereka menta'khirkan sahur dan menyegerakan berbuka" (HR. Ahmad).

6. Memberi makanan untuk berbuka kepada orang yang puasa.
Sabda Rasulullah saw. : "Barangsiapa memberi makanan untuk berbuka bagi orang yang puasa, maka ia mendapat ganjaran sebanyak ganjaran orang yang puasa itu, dan tidak mengurangi sedikitpun pahala bagi yang puasa tersebut".  (HR. Tirmidzi)
7. Hendaklah diperbanyak sedekah selama dalam bulan puasa.
Sabda Rasulullah saw. : "Dari Anas, ditanyakan orang kepada Rasulullah saw. "Apakah sedekah yang lebih baik?" Jawab Rasulullah saw. "Sedekah yang paling baik ialah sedekah pada bulan Ramadhan" (HR. Tirmidzi). 

8. Memperbanyak membaca qur'an dan mempelajarinya, (belajar atau mengajar). Karena mengikut perbuatan Rasulullah saw.  

Demikian uraian 8 Keutamaan Amalan Sunnah Puasa Ramadhan. Semoga bermanfaat dan dapat kiranya untuk rujukan dan diamalkan apa-apa yang telah diuraikan diatas.

Sumber :
Fiqih Islam Oleh H. Sulaiman Rasjid. Hal. 232-234 Cetakan Ketujuh belas.
Penerbit Attahiriyah - Jakarta. 

0 Response to "8 Keutamaan Amalan Sunnah Puasa Ramadhan."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel