Hati-hati ada 9 Sifat Pada Manusia,Tempat Masuknya Setan dan no.7 Kadang Kita Tidak Sadar.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Mu'amalah)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Hati-hati ada 9 sifat pada manusia tempat masuknya setan, ini saya ambil sebagai judul, untuk mengingatkan agar kita lebih waspada dalam menyikapi dari sifat-sifat yang dimiliki manusia itu sendiri. Menjaga hati dari gangguan setan hukumnya wajib bagi setiap muslim yang sudah "mukallah" (sudah diberikan beban dan kewajiban dalam seluruh hukum Allah). Dan semua yang wajib tidak akan berhasil jika tidak ditunaikan. Dengan begitu untuk menghindari bahkan mengusir setan, kita tidak akan mampu mengusirnya, kecuali mengetahui tempat masuknya setan.

Mengetahui tempat masuknya setan, adalah "wajib". Dan ketahuilah bahwa tempat masuk setan, adalah sifat dan watak manusia yang tak terhitung banyaknya.  Dalam buku "Rahasia Ketajaman Mata Hati", disebutkan beberapa tempat-tempat masuknya setan sedikitnya tertulis ada 9 sifat manusia sebagai berikut :  

1. Marah dan menuruti kesenangan hawa nafsu, marah adalah bencana yang dapat merusak mental, dan setan sangat mudah menerobos akal yang lemah yang sedang marah. Sering kali manusia marah, tanpa ada alasan yang mendasar, ini akan otomatis setan mempermainkan layaknya anak kecil yang mempermainkan mainannya.  

2. Dengki dan rakus, orang yang rakus terhadap sesuatu pasti kerakusan tersebut membuat ia buta dan tuli. Saat itulah setan menemukan cela untuk masuk. Kemudian setan menunjukkan sisi kebajikan padanya atas sesuatu yang membuatnya berhasil mencapai kesenangan, padahal jelas-jelas hal itu munnkar. 

3. Thomak dari segi kemanusiaan (mengharap), hal ini termasuk kekhawatiran apakah bisa disebut "su'ul khotimah" (akhir kematian yang jelek).

4. Tergesa-gesa dan menunda-nunda menyelesaikan, dan ketika manusia tergesa-gesa setan dapat langsung mempengaruhi untuk mengajak perbuatan kejahatan kepada manusia, dan manusia tidak menyadarinya.  

5. Mencintai kemewahan yang berlebihan dari perabot rumah tangga, pakaian, mode rumah, sesungguhnya setan selalu mengarahkan penglihatannya pada sesuatu hal, maka hal tersebut menjadikan kebiasaan bagi manusia. Setan akan mengajak manusia hidup bermewah-mewahan dengan pakaian, kendaraan. Dan jika setan berhasil menduduki hati manusia pada posisi demikian, maka setan tidak membutuhkan manusia lagi untuk kedua kalinya, karena pada hal yang demikian selalu tarik menarik (mempengaruhi) satu sama lain tak pernah putus asa sampai datangnya ajal. 

6. Kenyang yang berlebihan, walaupun kenyang dari makanan yang halal sekalipun. Sebab kenyang dapat mendorong kekuatan nafsu, padahal nafsu adalah alat ampunhnya setan. 

7. Berprasangka buruk atau buruk sangka sesama muslim. Seorang muslim wajib menjaga diri dari sifat dan pransangka hal-hal yang tersembunyi atau prasangka buruk. Manusia sering berburuk sangka pada orang lain untuk mencari aib. Padahal sesungguhnya di diri sendiri yang memiliki batin kotor yang memantul dari hatinya. Dengan demikian manusia wajib untuk menutupi pintu-pintu hatinya dan membuka sesuatu yang bisa mengingatkan kepada Allah. 

8. Uang dan segala bentuk kekayaan harta benda, kendaraan, kebun, yang tidak disyukuri. Hal ini dikarenakan harta yang berlebih-lebihan dan melebihi kebutuhan pokok adalah sumber masuknya setan. 

9. Bakhil atau kikir karena takut miskin. Masalah ini merupakan pokok utama yang memberatkan dalam berinfak. Dan selalu berkeinginan menimbun harta, padahal disana ada siksa yang pedih terhadap harta yang tidak dijaga amanahnya. Termasuk bahayanya bakhil adalah sangat bersemangat mengumpulkan harta, tanpa memisahkan yang halal dan haram. Hal ini juga yang mempermudah masuknya setan. 

Demikian uraian singkat, dari hati-hati ada 9 sifat pada manusia tempat masuknya setan. Semoga bermanfaat dan menyadarkan kita agar lebih berhati-hati dari siafat-sifat diatas.   


Sumber :
Rahasia Ketajaman Mata Hati, bab 16 Memusuhi Setan pada hal. 87-90.

0 Response to "Hati-hati ada 9 Sifat Pada Manusia,Tempat Masuknya Setan dan no.7 Kadang Kita Tidak Sadar. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel