9 Penemuan Pusaka Muslim yang Terlupakan 1000 Tahun yang Silam.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting kisah)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selau tercurah dan menyertai kita dalam segala akivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Dari 9 penemuan pusaka Muslim yang terlupakan 1000 tahun yang silam, adalah bukti bahwa cikal bakal berbagai ilmu sains sudah dimulai oleh para Ulama besar ribuan tahun yang silam. Pada artikel kali ini saya ingin menyajikan 9 penemuan pusaka Muslim, dari sekian banyak pusaka-pusaka yang masih terpendam lainnya. 

1. Kamera.
Ibnu al- Haitham merevolusi optik, mengambil subyek dari yang sedang dibahas secara filosofis ke sains aktual berdasarkan percobaan. Dia menolak gagasan Yunani, bahwa cahaya tak terlihat yang dipancarkan dari mata menyebabkan penglihatan, dan sebaliknya dengan tepat menyatakan bahwa penglihatan disebabkan oleh cahaya yang memantulkan benda dan memasuki mata.

Kamera Obscura, Pendahlu kamera modern.

Dengan menggunakan ruangan gelap dan lubang jarum di satu sisi serta lembaran putih di sisi lain, ia memberikan bukti teorinya. Cahaya masuk melalui lubang dan memproyeksikan gambar terbalik benda-benda di luar ruangan di atas lembaran yang berlawanan. Dia menyebutkan ini "qamara". Itu adalah kemera obscura pertama di dunia. 
2. Universitas.
Pencarian ilmu pengetahuan dekat dengan hati umat Islam. Dalam Al-Qur'an, mereka didesak untuk mencari ilmu, dan untuk mengamati dan merenung. Jadi Fatima al-Fihri, seorang wanita muda yang taat dan salehah, ingin memberi komunitas belajar di Fez. Seperti beberapa mesjid besar, al-Qarawiyin di Fez segera berkembang menjadi tempat pengajaran agama dan diskusi politik. Ini secara bertahap memperluas pendidikannya ke semua mata pelajaran, terutama ilmu pengetahuan alam, dan karenanya mendapatkan namanya sebagai salah satu universitas pertama dalam sejarah. 

3. Mesin Terbang. 
Abbas ibnu Firnas adalah orang pertama yang berusaha keras membangun mesin terbang dan benar-benar terbang. Pada abad ke-9 ia merancang sebuah peralatan bersayap yang kira-kira menyerupai kostum burung. Dalam persidangannya yang paling terkenal, di dekat Cordoba di Spanyol, Firnas terbang ke atas untuk beberapa saat, sebelum jatuh ke tanah dan memecahkan punggungnya. Desainnya pastinya merupakan inspirasi bagi seniman dan  penemu Leonardo da Vinci yang terkenal enam ratus tahun kemudian. 
Mesin terbang Ibnu Firnas

4. Instrumen Bedah.
Alat bedah zaman Abu Qosim Az-Zahrawi

Jika kita melakukan perjalanan kembali ke abad ke-10, kita dapat melihat bahu sebuah operasi mutakhir yang disebut Abu Qasim ibnu al-Abbad al-Zahrawi, seorang pria yang dikenal di barat sebagai Abulcasis. Dia menulis al-Tadrif, ensiklopedia medisnya yang mencakup sebuah risalah berjudul "On Surgery" . Dia ini mengumpulkan lebih dari dua ratus alat bedah. Menggunakan instrumen untuk operasi adalah konsep revolusioner, karena memungkinkan sains bedah dari spekulatif menjadi sesuatu yang eksperimental. Inilah risalah pertama dalam sejarah kedokteran untuk menggambarkan penggunaan instrumen bedah. Sebenarnya desain mereka sangat akurat sehingga hanya beberapa perubahan dalam melenium. Ilustrasi inilah yang meletakkan dasar operasi di Eropa. 

5. Peta
Muhammad Al-Idris menggambarkan pada dunia di Sicilia pada tahun 1154 dan dikatakan sebagai salah satu peta dunia purba yang paling maju.


Peta telah membantu orang menemukan jalan mereka selama sekitar 3.500 tahun, yang paling awal ada di tablet tanah liat. Pengenalan kertas merupakan lompatan besar dalam pembuatan peta. Teknologi modern menggunkan sistem satelit dan perangkat penerima lainnya untuk menghitung posisi di bumi. Kembali dalam sejarah, peta dibuat dari akun para pelancong dan peziarah. Begitu perjalanan telah menggigit Muslim abad ke-7, dan mereka segera mulai meninggalkan rumah mereka untuk berdagang dan untuk alasan keagamaan, untuk menjelajahi dunia tempat mereka tinggal. Mereke berjalan dengan rute, kadang-kadang hanya mengumpulkan pengetahuan tentang tempat-tempat baru, dan ketika mereka kembali. Mereke memberi laporan tentang cara mereka menginjak dan orang-orang dengan peamndangan yang mereka hadapi. Pertama kali ini dari mulut ke mulut, namun dengan diperkenalkannya makalah di Baghdad pada abad ke-8, peta pertama dan panduan perjalanan dapat diproduksi. 

6. Musik
Apakah seniman dan penyanyi abad ke-20 tahu bahwa sebagian besar kerajinan mereka terletak di tangan kaum Muslim dari abad ke-9 ?. Seniman ini al-Kindi khusunya, menggunakan notasi musik ; sistem penulisan musik. Mereka juga menamai catatan skala musik dengan suku kata bukan huruf, yang disebut solmization. Suku kata ini membentuk skala dasar dalam musik hari ini dan kita semua terbiasa dengan do,re,mi, fa, so, la, si, do. Alfabet Arab untuk catatan ini adalah : Dal, Ra, Mim, Sad, Lam, Sin. Kesamaan fonetik antara skala hari ini dan alfabet Arab yang digunakan pada abad ke -9 sungguh menakjubkan. Selain itu umat Islam juga mengembangkan alat musik.

Musik ciptaan Al-Kindi


7. Aljabar

Al Gebra /Aljabar
.
Kata 'aljabar" berasal dari judul rislah terkenal abad ke-9 Persia matematikawan "Kitab al-Jabr Wa I-Mugabala" yang secara kasar diterjemahkan menjadi "Kitab Penalaran dan Penimbangan". Al-Khwarizmi memperkenalkan permulaan aljabar. Ilmu ini penting untuk memahami betapa pentingnya gagasan baru ini. 
Sebenarnya, ini pula merupakan langkah rovulusioner dari konsep matematika Yunani, yang akhirnya didasarkan pada geometri. Ahli matematika yang sama, Al-Khwarizmi, juga orang pertama yang memperkenalkan konsep menaikkan angka ke sebuah kekuatan.  

8. Jam
Jam Gajah karya Al-Zazari

Seorang pria cerdik yang disebut al-Zazari dari Diyarbakir di Turki Tenggara adalah seorang Muslim 
yang saleh dan seorang insinyur yang sangat terampil yang melahirkan konsep mesin otomatis. Pada tahun 1206, al-Zazari telah membuat banyak jam dari segala bentuk dan ukuran. Sama seperti kita membutuhkan waktu hari ini untuk menyusun kehidaupan kita, demikian juga Muslim di atas tujuh ratus tahun yang lalu. Al-Zazari berpegang pada tradisi pembuatan jam tangan Muslim yang panjang. Mereka tahu penting untuk mengetahui waktunya sehingga bisa digunakan dengan baik untuk perbuatan kebaikan. Seperti kapan harus sholat pada waktu yang tepat setiap hari dan mengumumkan seruan adzan sebagai tanda masuknya waktu shalat.

9. Kopi
Kopi Arabica

Lebih dari dua ratus tahun yang lalu, orang-orang yang bekerja keras telah berjuang untuk tetap terjaga kebugarannya dengan stimulan ini (kopi), ada kawanan kambing yang baru saja memakan  biji-bijian dari tanaman liar di gurun pasir dan penasaran seorang penggembala melihat kambing-kambing tersebut menjadi lincah-lincah. Lalu mencoba mengambil biji-bijian yang tumbuh liar untuk dipetik dan dijemur lalu direbus dan ternyata dari air rebusan yang diminum itu menjadikan badan terasa bugar walaupun bekerja seharian. Seorang Arab bernama Khalid menemukan zat sederhana namun berarti bagi hidup ini. Saat kambingnya merumput di lereng Ethiopia dia menyadari bahwa mereka telah menjadi hidup dan bersemangat setelah makan buah berry tertentu. Alih-alih hanya memakan buah berry mereka diambil dan direbus untuk menciptakan 'alqahwa". Akhirnya dikenal sebagai kopi arabica yang sekarang banyak di jual dipasaran bebas.  

Demikian, uraian 9 Penemuan Pusaka Muslim yang Terlupakan 1000 Tahun yang Silam. Semoga bermanfaat sebagai penambah wawasan bahwa Islam juga memiliki cendikiawan/ilmuwan yang tidak kalah dengan ilmuwan barat. 

0 Response to "9 Penemuan Pusaka Muslim yang Terlupakan 1000 Tahun yang Silam."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel