Tiga Kota Bersejarah Yang Dimuliakan Allah, Bagi Umat Islam




Kajian Khazanah Islam (katagori posting Sejarah)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mencari Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Rasiyambumen.com mempost artikel Tiga Kota Bersejarah Yang Dimuliakan Allah Bagi Umat Islam. Peradaban manusia yang dilalui oleh bangsa-bangsa di dunia pasti mengalami perubahan sesuai pada zamannya. Dan setiap negara mempunyai suatu kota yang memiliki sejarah dalam peradabannya tersebut. Tiap negara mempunyai kebanggaan dan peninggalan sejarah bagi negara itu. Dalam suatu negara terdapat Kota yang memiliki peninggalan yang dapat dikenang oleh umat/manusia di negara itu sendiri. 

Kota adalah merupakan lokasi manusia beraktivitas dalam kehidupannya. Dalam ilmu sosial kota adalah tempat satu sama lainnya berinteraksi, membuat komunits dengan pranata dan sistem sosial di dalamnya. Maka kota menjadi pusat peradaban bagi kehidupan manusia. 

Dari  aktivitas di sebuah kota tersebut, terbentuklah perbedaan identitas dan karakter atau budaya antara manusia di kota satu dan manusia di kota lainnya di satu negara.  Dari sekian banyak kota dalam sejarah Islam, terdapat tiga kota yang Allah Swt. muliakan, yaitu Kota Yerussalem atau al-Qudus, Makkah al-Mukaramah, dan Madinah al-Munawarrah.  Keistimewaan tiga kota itu setidaknya tergambar dari situs berupa Masjid yang berada di dalamnya. (HR. Bukhari Muslim dari Abu Hurairah r.a.). 
Berikut tiga kota penting dan mulia dalam sejarah peradaban Islam. 


Kota Yerussalem 
Allah Swt. melindungi kota yang di dalamnya terdapat Masjid al-Aqsha ini. Sebuah riwayat dari Ka'ab al-Akhbar disebutkan bahwa Allah melakukan pengawasan al-Qudus, dua kali setiap harinya. Al-Aqsha, adalah kiblat pertama umat Islam.
Rasulullah sebelum mendapat perintah dalam shalanya untuk menhadap Mekkah atau Ka'bah, beliau shalat berkiblat selama 16 bulan ke-arah Baitul Maqdis atau Yerussalem. 
Menurut az-Zajaj, ada beberapa alasan mengapa Yerussalem, Palestina begitu penting dan disucikan oleh Allah Swt. Diantraranya adalah selain tempat Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad saw. kota ini adalah tempat penghapus dosa kecil, al-Qudus juga dijauhkan Allah dari segala bentuk aktivitas syirik sehingga menjadi tempat singgah para Nabi dan Rasul-rasul terdahulu.

Kota Makkah 
Makkah merupakan kota kelahiran Nabi Muhammad saw. Kota yang dijuluki dengan Umm al-Qura ini karena konon adalah kota yang pertama kali diwujudkan oleh Allah Swt. Makkah dilindungi oleh para malaikat sebelum Allah menciptakan apa pun selama seribu tahun. Luas kota Makkah adalah 550 km persegi dengan panjang 127 km.  Penentuan batas kota konon setelah turun perintah dari Malaikat Jibril kepada Nabi Ibrahim A.S. Batas Kota Makkah adalah Masjid Tan'im, daerah Ji'ranah, al-Hudaibiyyah, Nakhlah, Adlat Laban, dan Ahl al-Haram. 


Kota Madinah
Kota ini menjadi sangat bersejarah dalam perjuanagan Rasulullah saw. dalam berdakwah menyebarkan Islam. Di kota inilah pertemuan yang paling mengesankan antara kaum Muhajirin dan kaum Anshar.  Sebagai salah satu bentuk penghormatan terhadap kota ini, Allah Swt. akan mengampuni dosa mereka yang tutup usia dan lantas dimakamkan di kota ini. Rasulullah bersabda : "Siapa yang mampu menutup usaia di Madinah, maka hendaklah ia meninggal di sana karena aku memberi syafa'at pada orang yang meninggal di sana." (HR. Tirmidzi dan Ahmat). 

Demikian materi singkat : Tiga Kota Bersejarah Yang Dimuliakan Allah Bagi Umat Islam. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam khazanah ke-Islaman kita. 

0 Response to "Tiga Kota Bersejarah Yang Dimuliakan Allah, Bagi Umat Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel