Fadillah Amalan Berwudhu Sungguh Besar Pahalanya.



Kajian Khazanah Islam (katagori posting Thoharoh) 

Pembaca budiman, Semoga Rahmat dan Bimbingan-Nya selalu menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Rasiyambumen.com/Pelangi Khasanah Islam mempost : Fadillah Amalan Wudhu Sungguh besar Pahalanya. 

Berwudhu adalah sebuah amalan yang sangat mudah dilakukan tetapi sangat besar fadillah pahalanya, karena wudhu adalah bagian dari rangkaian shalat baik itu shalat wajib 5 waktu maupun sholat-sholat sunnah yang ada dalam aturan syariat. Bahkan wudhu adalah salah satu dari syarat sahnya shalat, tanpa berwudhu maka shlatnya tidak sah dan tidak diterima. 
Baca yang ini : YANG MEMBATALKAN WUDHU

Seperti sabda Rasulullah SAW. sebagai berikut : 
"لا أرحب صلاتك دون تنقية أو ودو"
"Tidak diterima shalatmu tanpa bersuci atau berwudhu" (HR. Muslim) .

Sesuai dengan judul; Fadillah Amalan Wudhu Sungguh Besar Pahalanya. Ada pertanyaan apakah berwudhu tidak berbusana dilarang?.  Bahwa tidak ada yang salah jika seseorang berwudhu dalam keadaan tidak berbusana. Sebab ada alasan yang membolehkan bagi seseorang berwudhu tanpa berbusana. 

Sebab Rasulullah saw, juga telah mengajarkan kita untuk mandi wajib ketika dalam keadaan bejunub. Didalam pelaksaan mandi junub yang didahulukan adalah membersihkan kemaluan kemudian dilanjutkan berwudhu. Ketika itu tentu saja tidak dalam berkaian. Itu berarti bahwa berwudhu tanpa berbusana diperbolehkan. 

Namun tentunya jika di luar alasan tersebut alangkah baiknya ketika berwudhu tetap menggunakan busana/pakaian. Hal berwudhu tanpa berbusana memang tidak dilarang, tetapi berpakain adalah hal yang indah dan termasuk adab etika dalam berwudhu.

Berwudhu memiliki banyak manfaat bagi manusia seperti yang dijelaskan Rasulullah saw. dalam sabdanya sebagai berikut : 
 من يؤدي الوضوء تماما، ثم خطاياه سوف تقع أو تختفي على جسده حتى يخرج من تحت أظاف

"Barangsia yang berwudhu secara sempurna, maka dosa-dosanya akan gugur atau hilang di jasadnya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya" (HR.Muslim) 

Seseorang yang tidur dalam keadaan suci atau telah berwudhu maka para malaikat mendoakan orang tersebut, memintakan ampun pada Sang Rabb-Nya. Imam ath-Trabrani meriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a bahwa Rasulullah saw. bersabda :
تطهير أجسادكم، قدس الله لك، لأنه لا خادم ينام في الليل في الظروف المقدسة ولكن واحد الملاك سيكون معه في سيار، وليس   لحظة واحدة يتحول جسده ولكن واحد الملاك يقول:" نعم الله، يغفر خادمك، لأنه نام الليل في دولة مقدسة
"Sucikanlah badan-badan kalian, semoga Allah mensucikan kalian, karena tidak ada seorangpun hamba yang tidur malam dalam keadaan suci melainkan satu Malaikat bersamanya di dalam syi'ar, tidak satu saat pun dia membalikkan badannya melainkan satu malaikat akan berkata  "Ya Allah, ampunilah hamba-Mu ini, kerena ia tidur malam dalam keadaan cusi."
Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dari Ibnu Umar r.a. ia berkata : " Rasulullah saw. bersabda : "Barang siapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malikat akan bersama di dalam pakaiannya. Dan tidaklah ia bangun melainkan Malaikat berdoa : Ya Allah ampunilah hamba-Mu si fulan karena ia tidur dalam keadan suci"

Demikian uraian Fadillah Amalan Berwudhu Sungguh Besar Pahalanya. Semoga yang sedkit ini bermanfaat dalam pengamalan ibadah khususnya berwudhu. Marilah kita biasakan berwudhu setiap saat, sekalipun tidak akan melakukan shalat. 

0 Response to " Fadillah Amalan Berwudhu Sungguh Besar Pahalanya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel