Sami'na Wa Atho'na Membawa Islam Berjaya Seantero Jagat Raya.


Kajian Khazanah Islam (katagori posting Aqidah)

Pembaca budiman, curahan Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan menuju Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Rasiyambumen.com/Pelangi Khzanah Islam mempost : Sami'na Wa Atho'na Membawa Islam Berjaya seantero Jagat Raya. 

Kita sering mendengar kata "Sami'na Wa Atho'na" sesaat sebelum shalat berjamaah. Ketika sang Imam memerintahkan kepada para jama'ah untuk meluruskan shaf, maka dengan serta merta jama'ah menjawab Sami'na Wa Atho'na sesegera mungkin. Kami mendengar dan kami taat (melaksanakan).

Kalimat itu seyogyanya tidak hanya diartikan dalam makna perintah imam shalat saja.  Kami mendengar dan kami taat/patuh adalah prinsip paling kuat dalam kepemimpinan Islam. Sebagaimana rahasia pasukan Muslimin yang berasal dari tanah gersang itu bisa mempengaruhi dunia?. Salah satu prinsip yang diajarkan adalah loyalitas sepenuhnya kepada pemimpin. Tentunya dengan catatan selama tak mengarahkan pada kemungkaran.

Prinsip "sami'na wa atho'na" atau loyalitas total ini yang membawa Islam mejadi jaya. Seandainya prinsip ini kita aplikasikan dalam kehidaupan sehari-hari, maka akan membawa kepada kemuliaan hidup. Misalnya; seoramg istri yang memiliki kewajiban taat/patuh pada suami, dengan prinsip ini akan membawa ketenangan dalam keluarga. Bahkan boleh jadi bibit-bibit konflik akan layu sebelum menjadi masalah. Kenaapa, karena ada prinsip asasi/dasar yang dapat mengalahkan ego diri. Istri mendengar dan ia taat/patuh. 

Dalam praktek suatu lembaga atau unit pekerjaan, seorang pekerja akan memiliki produktivitas yang tinggi, karena ia siap mengerjakan apa saja perintah atasan demi selesainya sebuah pekerjaan. Wal hasil seseorang tersebut akan mendapat jengjang karir yang melesat dengan cepat. Karena ia mendengar dan taat/patuh melaksanakan pekerjaanya dengan semangat, tulus dan ikhals. 

Seorang siswa sekolah akan mencapai keberhasilan dan keberkahan ilmu. Penguaasaanya terhadap pengetahuan bisa jadi lebih cepat dari murid lainnya yang sebaya. Karena ia siap mendengar setiap nasehat guru dan mengerjakannya. 

Lebih jauh lagi, sebuah negara akan stabil jika rakyatnya menerapkan prinsip yang asasi ini. (Sami'na Wa Atho'na). Pemimpin akan ditaati selama ia mengeluarkan kebijakan yang tidak dzalim. Keterikatan antara perintah dan yang diperintah akan teramat kuat. Inilah kunci bagaimana Rasulullah saw. dan para sahabat dapat melewati masa-masa sulit saat awal dakwah merekah di Makkah. 

Kekuatan prinsip "Sami'na Wa Atho'na" pasti tidak berjalan mulus dan selalu ada ujian yang dialaminya. Apakah kesetiaan kita pada prinsip ini benar-benar purna atau masih setengah matang. Ketika di zaman Rasulullah saat terjadi peperangan ada seorang sahabat yang bernama Hudzaifah pahlawan Islam yang gagah berani berhasil masuk ke dalam pasukan lawan (Quraisy), Hudzaifah mendapat informasi berharga. 

Dan juga bukan hanya itu, ia mendapat kesempatan untuk membunuh pemimpin kaum Quraisy, Abu Sufyan sebagai musuh besar Islam dikala itu, dikarenakan ia sangat dekat jaraknya dengan Abu Sufyan. Namun Hudzaifah memegang teguh dengan erat perintah Rasulullah saw, Sabda Nabi saw. "Jangan engkau melakukan tindakan apapun" 
Maka ia lewatkan kesempatan untuk membunuh pemimpin musuh itu. Ia memilih kembali kepada Rasulullah saw. dengan sebuah berita penting.  Hudzaifah berhasil melewati ujian ketaatan meski hatinya bergejolak rasa ingin membunuhnya. Dan apa yang telah dilakukan oleh Hudzaifah karena mendengar dan taat akan perintah Rasulullah, itu semua mengandung hikmah yang sangat penting terhadap perkembangan Islam selanjutnya. 
Kita tahu dan paham, seorang Abu Sufyan kelak setelah Fathu Makkah, akan menjadi pemuka Muslim yang memiliki jasa besar dalam dakwah menyampaikan ajaran Islam. 

Dmikian uraian singkat dari kata "Sami'na Wa Atho'na" Membawa Islam Berjaya Seantero Jagat Raya. 
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam pengamalan agama secara kaaffah. 

0 Response to " Sami'na Wa Atho'na Membawa Islam Berjaya Seantero Jagat Raya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel