Doa Setelah Sholat Tahajud, Agar Kehidupan Menjadi Lebih Mulia.

http://www.rasiyambumen.com/2017/09/doa-setelah-sholat-tahajud-agar.html

Kajian Khazanah Islam (katagori posting Doa)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya mudah-mudahan selalu mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan RidhoNya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam mempos-ting materi : Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Kehidupan Menjadi Lebih Mulia. 

Di dalam Al-Qur'an Allah Swt, memberikan petujuknya kepada seluruh manusia, bagaimana cara menghadapi kehidupan yang penuh dengan tantangan baik yang pelik atapun yang sangat pelik sekalipun. Allah telah menciptakan manusia yang disertai dengan rezekinya bagi tiap-tiap insan dalam mengarungi kehidupannya di dunia ini. Dan semua akan diuji baik dengan kekayaan ataun dengan kemiskinan kekurangan harta dan kesulitan-kesulitan lainnya. Tetapi Allah tidak akan memberikan beban kepada manusia selain dengan kemapuan yang ia mampu. Kedua ujian tersebut haruslah disyukuri dan diterimanya dengan qona'ah (merasa cukup).

Tantangan hidup ini dapat kita jawab tentunya dengan cara yang Allah tunjukkan dalan Al-Qur'an, agar segala apa yang kita kerjakan mendapat ridha dan berkah dalam kehidupan ini.

Solusi menghadapi kehidupan, Allah Swt, perintahkan agar manusia patuh dan mengamalkan Sholat dalam sehari semalam sebanyak lima waktu : Sholat Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isa dan Subuh. Ini adalah langkah paling tepat dalam mengatasi permasalahan yang kita hadapi. 

Bagi siapa saja yang telah mengamalkan kelima waktu sholat tersebut pasti akan Allah jamin kesejahteraannya dalam kehidupan di dujnia ini. Akan tetapi jika telah melakukan sholat tersebut belumlah juga mendapat kesejahteraan, maka yang pasti bukan perintahNya yang salah, tetapi cara mengamalkannya yang belum benar sesuai apa yang Allah kehendaki. 

Bahkan Allah juga memberikan jaminan akan meberikan kelebihan kebahagiaan dan bahkan derajatnya-pun akan dimuliakan.

Allha berfirman dalam Al-Qur'an yang tersebut dibawah ini :

    







"Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat) (QS Al Isra' : 78)

"Dan pada sebagian malam hari bershalat tahajudlah kamu, sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji". (QS Al Isra' 79)

Terkait dengan judul diatas ; Doa setalah shalat tahajud agar kehidupan menjadi lebih mulia, maka ayat 79 surat Al-Isra' ini adalah dasar untuk meyakini, jika kita amalkan dengan rutin dan ikhlas pasti Allah akan merobah kehidupan kita menjadi lebih Mulia. 

Disini saya tidak akan merinci kapan itu shalat Tahajud yang lebih utama? Allah telah menjelaskan sebahagian malam. Para ulama sepakat bahwa sebagian malam adalah sepertiga dari malam itu sendiri, dan yang afdhol, ulama mengatakan kira-kira jam tiga malam hingga menjelang shalat subuh. Dan dilakukan setelah menjalani tidur terlebih dulu. 

Mari kita langsung pada pokok bahasan ini, yaitu Doa setelah shalat tahajud agar kehidupan menjadi lebih mulia. 

1. Niat Shalat Sunnah Tahajud :








Lalu dirikan shalat, jumlah raka'at yang sedikit 2 rakaat dan sampai 8 raka'at ditambah 3 raka'at untuk penutup (Witir). Jadi jumlahnya secara keseluruhan adalah 11 raka'at hal ini sesuai  yang diajarkan/dicontohkan  Rasulullah Saw. 

2. Setelah Selesai Shalat Sunnah Tahajud :
Dianjurkan membaca doa dan dzikir seperti ; Istighfar, dan Shalawat kepada Nabi Muhammad saw. 

Adapun lafal istighfar adalah sebagai berikut :






Doa ini dapat dibaca diulang-ulang hingga minimal 33 x dan boleh sampai 100 x. 



3. Shalawat kepada Nabi Muhammad Saw. 





Shalawat ini juga dibaca diulang-ulang minimal 33 x dan boleh hingga 100 x.


4. Membaca doa dengan khusu' untuk menutupnya.  

Inilah doa yang dibacanya : 
Ya Allah bagi-Mu segala puji, Engkau-lah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. BagiMu-lah segala puji, Engkau Raja penguasa langit dan bumi.  

BagiMu-lah segala puji, pemancar cahaya langit dan bumi. 

BagiMu-lah segala puji Engkaulah yang hak, dan janjimu adalah benar dan perjumpaanMu adalah hak dan firmanMu adalah benar, dan surgaMu adalah hak dan NerakaMu adalah hak dan Nabi-nabiMu itu hak dan Nabi Muhammad saw. adalah benar. dan saat hari kiamat itu benar.

Ya Allah kepadaMu-lah kami berserah diri (bertawakal), kepada Engkau jualah kami kembali dan kepadaMu-lah kami rindu dan kepada Engkaulah kami berhukum.

Ampunilah kami atas kesalahan yang sudah kami lakukan dan yang sebelumnya, baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir. 

Tiada Tuhan melainkan Engkau Allah Robbal 'alamin. 

Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan Allah.    
"Kisah" baca jangan ketinggalan : HARI-HARI TERAKHIR SEBELUM RASULULLAH SAW. WAFAT
Setelah selesai membaca doa penutup silahkan tidur kembali apabila masih ada waktu sisa sebelum shalat subuh. Sebaiknya sebelum tidur membaca ayat kursi, surat al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas untuk memohon perlindungan Allah dari godaan syetan atau kalau memang waktu sudah dekat shalat subuh dilanjutkan membaca Al-Qur'an Surat Albaqoroh sesuai kemampuan.

Demikian uraian materi doa setelah shalat tahajud agar kehidupan menjadi lebih mulia. Semoga bermanfaat dan amalkan untuk keberhasilan yang mulia.


0 Response to "Doa Setelah Sholat Tahajud, Agar Kehidupan Menjadi Lebih Mulia. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel