Nama-nama Bulan Islam / Hijjriyah Beserta Artinya


http://www.rasiyambumen.com/2017/09/nama-nama-bulan-islam-hijjriyah-beserta.html

 Kajian Khazanah Islam (katagori posting Aqidah)

Pembaca budiman, curahan Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk mendapatkan kebahagiaan dan Ridho-Nya di akhirat kelak. Aamiin...

Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam, memposting materi tentang : Nama-nama Bulan Islam/Hijjriyah Beserta Artinya.

Penduduk Indonesia adalah mayoritas beragama Islam, namun pemeluknya masih banyak yang tidak akrab/kurang paham dengan sebutan tahun Islam atau Hijjriyah. Sebagian besar umat Islam masih lebih hafal atau bahkan masih menggunakan tahun Masehi dalam penulisan undangan yang terkait dengan pengajian-pengajian (majelis taklim) atau forum-forum yang kegiatannya menyangkut pembicaraan ke-Islaman. Hal ini barangkali dikarenakan tidak dibiasakan mencantumkan hari, tanggal, bulan dan tahun Islam/Hijjriyah yang didasarkan dari hitungan atau peredaran Bulan (Qomariyah). Sedangkan tahun Masehi adalah didasarkan perhitungan/peredaran Matahari (Syamsiyah).

Dengan latar belakang uraian diatas, maka dalam benak pikiran saya sebagai muslim barang kali saudara-saudara kita ini, masih belum terbiasa menggunakan nama hari, tanggal serta bulan dan  tahun Hijjriyah, marilah kepada seluruh kaum Muslimin khususnya yang berada di Indonesia untuk meng-akrabkan diri, bahkan berusaha untuk mempraktekan Tahun Islam / Tahun Hijjrah untuk digunakan dalam penulisan-penulisan yang terkait dalam kegiatan Majelis-majelis ke-Islaman. Dan kita praktekan dalam kehidupan sehari-hari.


Sebagai pengingat di bawah ini akan saya tuliskan Nama-nama dan urutan tahun Islam serta makna yang terkadung pada setiap masing-masing bulan itu sendiri :

1. Muharram. 
      (محرم الحرام)

  • Bulan Muharram adalah bulam pertama dalam kalender Islam, dan bulan ini termasuk dalam kelompok bulan suci. Dinamakan Muharram karena orang Arab mengharamkan berperang pada bulan Muharram ini. 
2.  Shofar

     (ﺻﻔﺮ)
  • Penamaan bulan Shofar karena perkampungan Arab Shifr (terjadi kekosong) dari penduduk, karena mereka keluar untuk perang. Ada yang mengatakan bahwa dengan nama Shofar karena dulunya bangsa Arab memerangi berbagai kabilah sehingga kabilah yang mereka perangi menjadi Shfr (kosong) dari harta benda. 
3. Robi'ul Awal

     (ﺭﺑﻴﻊ ﺍﻷﻭﻝ)
  • Dinamakan Robi'ul Awal dikarenakan pada saat penamaan bulan ini bertepatan dengan musim semi. 
4. Robi uts Tsani/Akhir.

    (ﺭﺑﻴﻊ ﺍﻷﺧﻴﺮ / ﺭﺑﻴﻊ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ)
  • Dinamakan Robi 'uts Tsani/Akhir, karena bangsa Arab saat itu menggembalakan hewan ternak mereka pada ladang rerumputan. Dan ada yang mengatakan bahwa nama itu karena dalam bulan ini bertepatan dengan musim semi. 
5. Jumadil Ula

     (جمادى الأولى)
  • Sebelum ada Islam bulan ini dinamakan Jumadi Khomsah. dan juga dinamakan Jumada karena saat penamaan bulan ini jatuh pada musim dingin, sehingga air membeku. Dan setelah Islam mulai diikuti oleh banyak pengikut lalu bulan itu dinamakan Jumadil Ula.  
6. Jumadil Aklhir/Tsaniyah

     (جمادى الآخرة / ﺟﻤاﺪى ﺍﻟﺜﺎﻧﻲة)
  • Bulan ini sebelum masa Islam dinakanan Jumadi Sittah. Dinamakan demikian karena saat penamaan bulan ini jatuh pada musim dingin juga.
7. Rojab

    (ﺭﺟﺐ)
  • Bulan Rojab termasuk dalam kelompok bulan-bulan suci, dari 12 jumlah bulan dalam tahun hijjriyah. Dinamakan bulan Rojab karena bangsa Arab saat itu melepaskan tombak dari besi tajamnya menahan diri dari peperangan. Makna Rojab adalah menahan diri dari peperangan.
8. Sya'ban

    (ﺷﻌﺒاﻦ)
  • Dinamakan Sya'ban dikarenakan bangsa Arab saat itu berpencar ke berbagai tempat untuk mencari air. 
9. Romadhon

     (ﺭﻣﻀاﻦ)
  • Ini adalah bulan puasa bagi umat Islam. Dinamakan demikian karena panas ramdho mencapai puncaknya dan saat penamaan jatuh pada musim panas. Dimana periode ini disebut panas yang parah, maka diambilah nama Romadhon.
10. Syawwal

       (ﺷﻮﺍﻝ)
  • Di bulan ini sat Ibdul Fitri. Dinamakan Syawwal karena saat itu unta betina kekurangan air susu.
11. Dzulqo'dah

      (ﺫﻭ ﺍﻟﻘﻌﺪة)
  • Bulan ini juga termasuk dalam bulan-bulan suci, dari jumlah 12 bulan pada tahun Hijrrah. Dinamakan Dzulqo'dah karena bangsa Arab duduk di rumah saja dan tidak berangkat untuk perang, karena bulan ini termasuk bulan harram yang tidak boleh berperang.
12. Dzulhijjah
      (ﺫﻭ ﺍﻟﺤﺠة)
  • Bulan Dzulhijjah ini terdapat musim haji dan hari raya Qurban. Bulan ini termasuk dalam bulan suci, dari jumlah 12 bulan pada tahun Hijjriyah. Dinamakan Dzulhijjah karena bangsa Arab melaksankan ibadah haji di bulan ini. 
Demikian materi tentang nama-nama bulan Islam / Hijjriyah beserta artinya, yang dapat saya sampaikan walaupun jauh dari sempurna namun ini sekedar mengingatkan kita bersama, khususnya terkait bulan-bulan Hijjriyah yang pada umumnya di Indonesia masih sedikit yang mengetahui dengan benar secara ber-urutan. Apalagi sampai hafal untuk menyebutkan bulan-bulan yang ada pada tahun Hijjriyah/Islam ini.  Baca juga yang ini : JIWA MANUSIA


Sumber :
ummulqura.org.sa,  dan diselaraskan. 
               

0 Response to "Nama-nama Bulan Islam / Hijjriyah Beserta Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel