ASBABUN NUZUL SURAT AL-JUM'AH (Surat ke-62)


http://www.rasiyambumen.com/2017/09/asbabun-nuzul-surat-al-jumah-surat-ke-62.html


Kajian Khazanah Islam (katagori posting Asbabun Nuzul)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu teriring untuk kita dalam menapaki kehidupan di dunia ini untuk meraih kebahagiaan serta mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam, sudah agak lama tidak memposting materi Asbabun Nuzul terakir posting adalah tanggal 1 Agustus 2017, dengan judul : Asbabun Nuzul Surat Al 'Alaq (Surat ke-96). Untuk materi posting sekarang, 28 September 2017 Kajian Khazanah Islam menulis Judul : Asbabun Nuzul Surat Al-Jum'ah (Surat ke-62)

Marilah kita simak bersama apa yang melatar belakangi surta Al-Jum'ah ini diturunkan.
"Dan apabila mereka melihat, perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu (Muhammad) yang sedang berdiri (berkhutbah). Katakanlah : "Apa yang disisi Allah adalah lebih baik, daripada permainan dan perniagaan"  dan Allah sebaik-baik Pemberi rezeki" (QS Al-Jum'ah : 11)

Dan suatu riwayat dikemukakan bahwa ketika Rasulullah saw. berkhutbah pada hari Jum'ah, datanglah kafilah yang membawa dagangan dari Syam. Orang-orang yang sedang mendengarkan khutbah sebagian keluar menjemput rombongan kafilah itu, sehingga hanya tinggal dua belas orang saja yang duduk mendengarkan khutbah Rasulullah saw. pada hari jumat tersebut. 

Berkaitan dengan peristiwa  tersebut maka turunlah Surat Al-Jum'ah (S.62ayat 11), yang menegaskan bahwa apa yang ada di sisi Allah, jauh lebih baik daripada apa yang ada pada perniagaan.
Diriwayatkan oleh as-Syaikhani yang bersumber dari Jabir.   

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa apabila gadis-gadis yang nikah, berlangsunglah keramaian dengan seruling dan alat musik lainnya, sehingga orang-orang pergi melihat keramaian itu dan meninggalkan Rasulullah saw. yang berdiri sedang khutbah pada hari Jum'ah di atas mimbar. Dengan peristiwa tersebut maka turunlah surat Al-Jum'ah ayat 11, yang menegaskan bahwa nikmat yang diberikan oleh Allah, lebih baik daripada keramaian dan perniagaan.
Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari jarir.
Tepatnya ayat ini turun berkenaan dengan kedua peristiwa diatas.

Keterangan : 
Menurut Ibnul Mundzir yang bersumber dari Jabir bahwa kisah nikah dan datangnya kafilah dari Syam itu, bersamaan waktunya dari satu arah, dan ayat ini turun berkenaan dengan kedua peristiwa itu.

Demikian Asbabun nuzul Surat Al-Jum'ah, (QS. 62) semoga dapat menambah wawasan untuk memahami Al-Quran secara baik. Dan mengamalkannya sesuai kemampuan. 

Tambahan :
Pembaca budiman, insya Allah untuk posting asbabun nuzul berikut, akan melanjutkan surat Al-Baqarah Seri selajutnya yang baru sampai pada postingan Asbabun Nuzul Seri Ke-7 dibawah ini : 

ASBABUN NUZUL SURAT AL-BAQARAH SERI KE-7 (Ayat 115 & 118) .

Insya Allah mari kita tunggu selanjutnya...

0 Response to "ASBABUN NUZUL SURAT AL-JUM'AH (Surat ke-62)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel