11 Macam Contoh Dzikir Yang Pernah Rasulullah s.a.w. Ajarkan Setelah Salam Di Setiap Shalat 5 Waktu.


Kajian Khazanah Islam (Katagori Posting Do'a)

Pembaca budiman, Curahan Rahmat, Ridha dan bimbinganNya kita selalu bersyukur dan ikhlas dalam melakukan seluruh aktivitas di dunia ini untuk mempersiapkan kehidupan di akhirat kelak. Aamiin...  

Rasiyambumen/Pelangi Khasanah Islam memposting : 11 Macam Contoh Dzikir Yang Pernah Rasulullah saw. Ajarkan Setelah Salam dari Shatal 5 Waktu.

Dzikir dan berdoa ini merupakan sebuah sarana dalam berhubungan dengan Allah Swt, baik dikala kita sedih, senang, atau ketika butuh sesuatu. Hal ini adalah sebagai tanda kekurangan/kelemahan kita ataupun juga sebagai tanda syukur kepada-Nya.
Adapun untuk membaca bacaan dzikir setelah shalat wajib, kita bebas membaca apa saja dengan kemampuan dan kemauan yang kita hafal. Mau membaca istighfar, tasbih, tahmid shalawat, dan tahlil,  ayat-ayat Al-Qur'an dsb. Namun demikian agar bacaan kita lebih ter-arah berikut ini saya tuliskan beberapa bacaan dzikir setelah shalat wajib, dari Contoh Rasullah saw. atau hadits-hadits Nabi yang shaheh. 
Setidaknya ada 11 macam Dzikir yang pernah Rasulullah ajarkan ketika selesai shalat wajib 5 waktu. 
Dibawah ini, 11 macam do'a atau dzikir yang pernah Rasulullah amalkan. 

1. Diterima dari Ali r.a ia sendiri datang bersama Fatimah r.anha bahwa mereka datang menemui Rasulullah saw. untuk izin mencari khadam yang akan membantu mereka dalam pekerjaan. Nabi saw. berkeberatan : Lalu bersabda pada mereka.  
"Maukah kalian saya tunjukkan yang lebih baik dari apa yang kalian minta? Ujar mereka mau!"
Maka sabda Nabi saw. "yaitu beberapa kalimat yang telah diajarkan kepada Jibril a.s : Kalian baca tasbih setelah selesai shalat 10 kali, tahmid, 10 kali takbir 10 kali pula. Kemudian apabila kalian akan tidur tasbih pula 33 kali, tahmid 33 kali dan takbir 34 kali." Demi Allah kata Ali r.a tak pernah saya meninggalkannya semenjak diajarkan oleh Nabi saw. itu.  

2. Diterima dari Uqbah bin 'Amir, katanya :
"Saya dititah oleh Rasulullah saw, agar membaca dua mu'awwidzah setiap selesai shalat" sedang kalimat menurut Ahmad dan Abu Daud berbunyi "agar membaca mu'awwizdzat".
Ket. Mu'awwidzat adalah tiga surat yaitu : Membaca; 1. Surat Al-Iklas 3 kali,  2. Al Falaq 3 kali, dan An-Naas 3 kali.

3. Dari Abu Umamah, bahwa Nabi saw, bersabda :
"Barangsiapa membaca ayat kursi setiap selesai shalat, maka tak ada yang akan menghalanginya buat masuk surga kecuali mati. 
Siapa-siapa membaca ayat kursi setiap akhir shalat fatdhu,(maksudnya setelah salam) maka ia berada dalam lindungan Allah sampai datangnya shalat lain"

4. Dari Ka'ab bin Ujrah, bahwa Nabi saw. bersabda :
"Bacaan sampiran yang tidak akan mengecewakan pembaca atau pembuatnya setiap selesai shalat fardhu, ialah 33 kali tasbih, (Subhaanallah) 33 kali tahmid (Alhamdulillah) ditambah dengan 34 takbir (Allahu Akbar).

Baca juga yang ini : CONTOH PIDATO PENERIMAAN CALON MEMPELAI PRIA UNTUK DINIKAHKAN

5. Dari Mughirah bin Syu'bah :
"Bahwa setiap selesai shalat fardhu, Rasulullah saw. mengucapkan :
 لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، اللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، لاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ 
(Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya puji dan bagi-Nya kerajaan. Dan Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah tidak ada yang dapat mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang mampu memberi apa yang Engkau cegah. Nasib baik seseorang tiada berguna untuk menyelamatkan ancaman dari-Mu).  

6. Diterima dari Tsauban r.a. katanya :
"Bila Rasulullah saw. berpaling dari shalat, (maksudnya salam) maka beliau membaca" :
أَسْتَغْفِرُ اللهَ (ثَلاَثاً) اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، تَبَارَكْتَ يَـا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ
istighfar 3 x dan membaca ; Allahuma antas salam, wa minkas salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram" 
"Ya Allah, Engkaulah kesejahteraan, dan daripada-Mu kesejahteraan, serta Maha Besar kebaikan-Mu, ya Allah yang mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan"

7. Dari Mu'adz bin Jabal.
"Bahwa Nabi saw. pada suatu hari memegang tangannya lalu sabdanya : "Hai Muadz, saya sungguh sayang padamu!. Ujar Muadz : Demi ibu-bapakku yang yang menjadi tebusan Anda, Wahai Rasulullah, saya juga amat sayang pada Anda"
Sabda Nabi saw, pula : "Hai Muadz, saya amanatkan kepadamu agar setiap selesai shalat, fardhu jangan sekali-kali ketinggalan membaca :
اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ 
"Ya Allah berilah daku bantuan dalam mengingat-Mu, bersyukur dan menyempurnakan ibadah pada-Mu.)

8. Dari Abdullah bin Zubair, katanya :
"Bila Rasulullah saw. telah selesai mengucapkan salam di akhir shalat wardhu ia membaca : 

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ، وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ، وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ، لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الْفَضْلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنُ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ
"Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan pujaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Allah Tuhan yang berhak disembah selain Allah. Kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya. Bagi-Nya nikmat, anugerah, dan pujaan yang baik. Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dengan memurnikan ibadah kepada-Nya, sekalipun orang-orang kafir membencinya."

9. Dari Abu Hurairah r.a. Nabi saw. bersabda : "Barang siapa membaca" ;

سُبْحَانَ اللهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، وَاللهُ أَكْبَرُ (ثَلاَثًا وَثَلاَثِيْنَ) لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْـدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Tasbih sebanyak 33 kali setiap selesai shalat fardhu, lalu tahmid 33 kali dan takbir 33 kali, hingga jumlahnya 99 kali, kemudian untuk mencukupkan 100 dibacakannya la illaha illallahu la syarika, lahul mulku walahul hamdu wahua 'ala kulli syai'in kodiir, maka diampunilah kesalahan-kesalahannya, walau sebanyak buih di laut sekalipun.
10. Dari 'Abdurrahman bin Ghanam, bahwa Nabi saw. bersabda : 
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ بٍىَدٍهٍ الْخَىْىرُىُحْىْى وَ ىٌمٍلىْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
"Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya puji, di tangan-Nya kebaikan, Yang menghidupkan dan mematikan, dan bagi-Nya kerajaan. Dan Maha Kuasa atas segala sesuatu." 

11. Dan terakhir diterima juga berita yang sah, agar membaca :
tasbih 25 kali tahmid 25 kali, dan takbir sebanyak itu pula, lalu mengucapkan : 

 لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْـدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

"La illaha illallahu wahdahu laa syariika lahu lahul mulku walahul hamdu wahua 'ala kulli syain qadiir"

Demikian 11 macam dzikir setelah shalat fardu lima waktu. Mudah-mudahan bermanfaat dan menambah khasanah ilmu untuk kita semua. Aamiin.

0 Response to "11 Macam Contoh Dzikir Yang Pernah Rasulullah s.a.w. Ajarkan Setelah Salam Di Setiap Shalat 5 Waktu. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel