Ketahuilah "Bahwa Pada Daging Kambing Terdapat Keberkahan"

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ 
Assalamu'alaikum wr.wb. Kajian Islam (Katagori posting Muamalah)
Pembaca budiman, semoga Allah selalu membimbing kita dan meridhoinya dalam segala aktivitas di dunia ini.

Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam, memposting materi : Keberkahan Pada Daging Kambing.

Daging kambing memiliki keberkahan artinya banyak kebaikan pada daging kambing ini. Rasulullah saw. memerintahkan kita untuk memelihara dan memanfaatkan kambing tersebut, karena padanya ada keberkahan.
Rasulullah saw bersabda :   اتخذوا الغنم فإن فيها بركة 
"Peliharalah (manfaatkan) oleh kalian kambing karena di dalamnya terdapat berkah" 

Selain dagingnya keberkahan juga pada susu, dan kulitnya. Susunya  dapat diminum dan mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan, serta kulitnya dapat dijadikan kain atau pakaian. Ahli tafsir Al-Qurthubi rahimahullah menjelaskan sebagai berikut :
وجعل البركة في الغنم لما فيها من اللباس والطعام والشراب وكثرة الأولاد، فإنها تلد في العام ثلاث مرات إلى ما يتبعها من السكينة، وتحمل صاحبها عليه من خفض الجناح ولين الجانب
"Allah telah menjadikan berkah pada kambing dimana kambing dapat dimanfaatkan untuk pakaian, makanan, minuman, dan banyak anak, karena beranak dua kali dalam setahun, sehingga memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Kambing juga membuat pemiliknya rendah hati dan lembut terhadap orang lain".

Bahkan diriwayatkan setiap para Nabi pernah menggembalakan kambing. Ulama menjelaskan hikmahnya adalah karena menggembalakan kambing membutuhkan kesabaran dan ketekunan yang akan membentuk karakter kebaikan pada seseorang. 
Rasulullah Muhammad saw. bersabda :
ما بعث اللهُ نبيًّا إلا رعى الغنمَ . فقال أصحابُه : وأنت ؟ فقال : نعم ، كنتُ أرعاها على قراريطَ لأهلِ مكةَ
"Tidak seorang Nabi diutus melainkan ia menggembala kambing" para shabat bertanya : "apakah engkau juga ya Rasulullah? Beliau menjawab : "ya dahulu aku menggembala kambing penduduk Mekkah dengan upah qirath"  

Apakah daging kambing berbahaya untuk kesehatan ? 
Sesuatu yang berkah tentu tidak menimbulkan bahaya. Apa yang disyariatkan oleh Islam pasti bermanfaat dan tidak berbahaya.  

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa'di rahimahullah berkata dalam risalahnya :
الدين مبني على المصالح في جلبها و الدرء للقبائح 
"Agama dibangun atas dasar berbagai kemaslahatan, mendatangkan maslahat dan menolak berbagai keburukan" .
Kemudian beliau menjelaskan :   ما أمر الله بشيئ, إلا فيه من المصالح ما لا يحيط به الوصف
"Tidaklah Allah memerintahkan sesuatu kecuali padanya terdapat berbagai maslahat yang tidak dapat diketahui secara menyeluruh" 

Hal ini sudah dibuktikan oleh orang di zaman dahulu mereka suka memakan daging, terlebih daging kambing, bahkan mereka memakan lemaknya juga. Dikisahkan orang dahulu suka mengambil lemak hewan, kemudian dipotong-potong dahulu dan dikeringkan dengan cara dijemur. Disimpan dibawa bersafar (perjalanan), kemudian jika ingin dimakan tinggal "dipanaskan" atau dioles diatas roti, kemudian dimakan.

Informasi yang tersebar di masyarakat bahwa daging kambing berbahaya misalnya dapat menaikkan tekanan darah dan meningkatkan kolesterol, itu tidak benar. Daging kambing tidak berbahaya, yang menyebabkan naikknya tekanan darah dan naiknya kolesterol bisa jadi karena beberapa hal berikut :

  1. Cara pengolahan daging yang tidak sehat, misalnya memakai bumbu dan minyak yang berlebihan, terlalu lama diolah sehingga protein dan kandungan mineralnya hilang.
  2. Terlalu berlebihan mengkonsumsi daging saat "pesta daging" dan wajar saja apa-apa yang berlebihan pasti akan menjadi racun. Dalam ilmu kedokteran dikenal ungkapan :   
All substances are poison. There is none that is not poison, the right dose and indication deferentiate a poison and a remedy” 
"Semua zat adalah (berpotensi menjadi) racun. Tidak ada yang tidak (berpotensi menjadi) racun. Dosis dan indikasi yang tepat membedakannya apakah ia racun atau obat" 
3. Pada hidup zaman sekarang yang tidak sehat adalah memakan makanan yang memang tidak sehat dan kurangnya gerak/olah raga pada orang itu sendiri. Sehingga ada akumulasi sedikit saja sudah menimbulkan kolesterol atau tekanana darah. Jadi bukan karena daging kambing yang tidak sehat atau memiliki potensi tekanan darah dan kolesterol.
Sekali lagi saya tekankan berdasarkan hadits Rasulullah saw. bahwa daging kambing adalah tidak berbahaya bahkan padanya terkandung keberkahan dan kebaikan yang banyak.

Demikian artikel yang menguraikan tentang materi Keberkahan Pada Daging Kambing. Semoga bermanfaat dan memberi khasanah pengetahuan baru.    
Pembaca silakan klik link ini :  Puasa  sebagai tambahan bacaan yang lain.

Sumber : 
Disadur dari :
Penyusun : dr. Raehanul Bahraen.
 

0 Response to "Ketahuilah "Bahwa Pada Daging Kambing Terdapat Keberkahan""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel