Inilah 4 Cara Allah Memberi Rezeki Kepada Anda Berdasarkan Al-Qur'an.

بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ 
Assalamu'alaikum wr.wb. Kajian Islam (katagori posting Aqidah).
Pembaca budiman, semoga Allah swt. selalu membimbing dan meridhoi kita dalam segala aktivitas di dunia ini. Aamiin. 

Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam, memposting : Cara Allah Memberi Rezeki Kepada Anda. 

Setiap manusia telah ditentukan oleh Allah swt. baik Rezeki, Mati, dan Jodoh. Tak satupun manusia yang dapat memilihnya dari ke-tiga ketentuan Allah swt. tersebut. 
Kali ini penulis akan mengupas tentang Rezeki yang Allah berikan kepada kita. Berdasarkan Al-Qur'an ada 4 cara Allah memberikan rizeki kepada makhlukNya diantaranya sebagai berikut :  

1. Pertama adalah yang telah dijamin oleh Allah swt. sebagaimana firmannya berikut ini :
 وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّـهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتٰبٍ مُّبِينٍ ﴿هود)٦
"Dan tidak ada suatu binatang melatapun di bumi ini melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauhful mahfuzh)." (QS. 11 : 6)
Artinya Allah memberikan kesehatan, makanan, minuman, untuk seluruh makhluk yang hidup di dunia ini, dan termasuk makhluk yang paling sempurna yaitu manusia. Dan inilah rizeki yang paling pertama Allah berikan berdasarkan FirmanNya yang tersebut di atas.

2. Kedua adalah rezeki yang didapat sesuai dengan apa yang mereka usahakan sendiri. Dibawah ini Allah menjelaskan dengan firmanNya :
وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ ﴿النجم)٣٩ 
"Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya" (QS. 53 :39)
Artinya Allah akan memberikan rezeki sesuai dengan apa yang ia usahakannya. Sebagai contoh jika ia bekerja hanya 1 jam maka yang akan didapat adalan 1 jam. Jika ia bekerja lebih lama, lebih rajin, lebih berilmu, lebih sungguh-sungguh, ia akan mendapat lebih banyak. Tidak dilihat apakah itu muslim atau kafir. 

3. Ketiga adalah rezeki yang lebih, bagi orang-orang yang pandai bersyukur atas rezeki yang telah diterimanya.
Allah berfirman di dalam Al-Qur'an sebagai berikut :
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ ﴿ابراهيم
"Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan : "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah  (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya azab Ku sangat pedih." (QS. 14 : 7)  

4. Ke-empat adalah rezeki istimewa dari arah yang tidak disangka-sangka bagi orang-orang yang bertaqwa dan bertawakal pada Allah swt.
Sesuai Firman Allah sebagai berikut :
وَمَن يَتَّقِ اللَّـهَ يَجْعَل لَّهُۥ مَخْرَجًا ﴿الطلاق)٢ 
وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّـهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ اللَّـهَ بٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّـهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًا ﴿الطلاق
"Dan barangsipa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar." (QS. 65 : 2) 
"Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS.65 : 3)

Rezeki yang ke-empat ini adalah rezeki istimewa, tidak semua orang bisa meraihnya. Rezeki ini akan Allah berikan dari arah yang tidak disangka-sangka. Mungkin disaat seseorang berada dalam kondisi sangat membutuhkan, atau bisa juga disaat orang tersebut sedang lapang dalam segala urusan. Karena semua ketentuan adalah milik Allah semata.

Rezeki ini akan Allah berikan kepada hambanNya yang bertaqwa. Allah berikan rezeki ini karena semata-mata atas kecintaan Allah kepada hambanya yang terpilih. Maka marilah senantiasa meningkatkan  iman dan taqwa serta ibadah kita kepada Allah swt.

Insya Allah, berbagai kebaikan akan mengalir sejalan degan usaha kita untuk terus mendekatkan diri kepada-Nya.

Demikian uaraian 4 cara Allah memberi rezeki kepada Anda berdasarkan Al-Qur'an. Semoga bermanfaat dan menambah iman kita dalam pengamalan agama Islam yang haq.
Pembaca klik link ini  Khutbah Jum'at  untuk mempersiapkan materi di hari Jum'at.    

0 Response to " Inilah 4 Cara Allah Memberi Rezeki Kepada Anda Berdasarkan Al-Qur'an."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel