ASBABUN NUZUL SURAT YAASIIN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ  
Assalamu'alaikum wr.wb. Kajian Islam (katagori posting Asbabun Nuzul)
Pembaca budiman, semoga tetap dalam naungan ridha dan bimbinganNya serta diberi kemudahan dalam menjalani kehidupan di dunia yang fana ini tentunya semata hanya berserah diri kepada yang memberi segalanya, Allah swt. aamiin...

Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam, memposting kembali Asbabun Nuzul kali ini adalah Surat Yaasiin. (QS. 36)




Yaasiin                                                                                                                      (QS 36 : 1) 
Demi al-Quran yang penuh hikmah                                                                              (QS 36 : 2)
Sesungguhnya kamu salah seoang dari Rasul.                                                             (QS 36 : 3) 
(Yang berada) diatas jalan yang lurus                                                                          (QS 36 : 4)
(Sebagai Wahyu) yang diturunkan oleh Yang Maha Perkasa lagi Maha penyayang         (QS 36 : 5)
Agar kamu memberi peringatan kepada kaum yang bapak-bapaknya mereka belum pernah diberi peringatan, karena itu mereka lalai.                                                                              (QS 36 :6)
Sesungguhnya telah pasti berlaku perkataan (ketentuan Allah) terhadap kebanyakan mereka, karena mereka tidak beriman.                                                                                                 (QS 36: 7)
Sesungguhnya Kami telah memasang belenggu di leher mereka, lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu, maka karena itu mereka tertengadah.                                                                  (QS 36 :8)
Dan Kami adakan dihadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula) dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat.                                                   (QS 36 : 9)
Sama saja bagi mereka apakah kamu beri peringatan kepada mereka ataukah tidak kamu beri peringatan kepada mereka, merka tidak akan beriman.                                             (QS 36 : 10)

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ketika Rasulullah saw. membaca surat as-Sajdah dengan nyaring, orang-orang Quraisy mereka terganggu dam mereka bersiap-siap untuk menyiksa Rasulullah saw. tapi tiba-tiba tangan mereka terbelenggu di pundak-pundaknya, dan mereka menjadi buta sama sekali. Mereka mengharapkan pertolongan Nabi saw. dan berkata : "kami sangat mengharapkan bantuan atas nama Allah dan atas nama keluarga". Kemudian Rasulullah saw. berdoa dan merakapun sembuh, akan tetapi tak seorangpun dari mereka yang beriman. 

Berkenaan dengan peristiwa itu turunlah ayat-ayat ini (QS 36 : 1 s/d 10)
Keterangan : Diriwayatkanb oleh Abu Na'im dan di dalam kitab Ad-dala-il yang bersumber dari Ibnu Abbas. 

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa Abu Jahl berkata : "Sekiranya aku bertemu dengan Muhammad, pasti aku akan menghasutnya" Ketika Nabi Muhammad saw. berada di sekitarnya, orang-orang menunjukkan bahwa Muhammad berada di sisinya. Akan tetapi Abu Jahl tetap bertanya-tanya; "Mana dia" karena Abu Jahl tidak melihatnya. Ayat ini (QS 36 : 8-9)  turun sebagai penjelasan bahwa pandangan Abu Jahl di saat itu ditutup oleh Allah swt. untuk melihat Muhammad saw.
Keterangan : Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari 'Ikrimah. 

Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan, dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam Kitab Induk yang nyata (Lauhul Mahfudh)    (QS 36 : 12)
Dalam riwayat dikemukakan bahwa Banu Salamah bertempat tinggal di pinggir kota Madinah dan ingin pindah ke dekat masjid. Maka turunlah ayat ini (QS 36 : 12) yang menegaskan bahwa setiap ucap langkah seseorang dicatat oleh Allah swt. Setelah turun ayat ini Nabi saw, menasihati Banu Salamah pindah dari tempat tinggalnya dengan sabdanya : "Sesungguhnya bekas telapak kaki kalian menuju masjid dicatat oleh Allah swt. Sebaiknya kalian jangan pindah dari tempat itu"
Diriwayatkan oleh Turmidzi dengan sanad hasan dan al-Hakim dengan sanad shahih yang bersumber dari Abi Sa'id al-Khurdri. 
Diriwayatkan pula oleh at-Thabrani yang bersumber dari Ibnu Abbas.    

Dan Apakah manusia tidak memperhatikan bahwa Kami menciptakannya dari stitik air (mani) maka tiba-tiba ia menjadi musuh yang nyata. (QS 36 : 77)
Dan dia membuat perumpamaan bagi Kami, dan dia lupa kepada kejadiannya. Ia berkata : "Siapakah yang dapat menghidupkan tulang belulang, yang telah hancur luluh. (QS 36 : 78)
Katakanlah : "Ia akan akan dihidupkan oleh Tuhan yang menciptakannya kali yang pertama" dan Dia Maha Mengetahui tentang segala makhluk  (QS 36 : 79)
Yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu. (QS 36 : 80)
Dan tidakkah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi itu berkuasa menciptakan yang serupa dengan itu/ Benar, Dia berkuasa, dan Dialah Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui. (QS 36 : 81)
Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya. "Jadilah" maka terjadilah ia (QS 36 : 82)
Maka Maha Suci (Allah) yang di tanganNya kekuasaan atas atas segala sesuatu; dan kepadaNya-lah kamu dikembalikan. (QS 36 : 83)    

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa al'Ash bin Wa'il menghadap kepada Rasullah saw. dengan membawa tulang yang sudah rusak sambil mematah-matahkannya ia berkata : Hai Muhammad, apakah Allah akan membangkitkan tulang yang sudah lapuk ini? Nabi saw. menjawab "Benar Allah akan membangkitkan ini dan mematikan kamu dan menghidupkan kamu kembali serta memasukkan kamu ke neraka jahannam" Ayat ini (QS 36 : 77 s/d 83) turun berkenaan dengan peristiwa tersebut di atas yang menegaskan kekuasaan Allah untuk membangkitkan  manusia di hari Kiamat. 
Diriwayatkan oleh al-Hakim dengan sanad yang bersumber dari Ibnu Abbas.
Dan diriwayatkan pula oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Mujahid, Ikrimah, 'Urwah bin Zubair dan as-Suddi dengan tambahan bahwa orang tersebut bernama Ubay bin Khalaf.   

Demikian urian Asbabun Nuzul Surat Yaasiin berdasarkan hadits shohih dari berbagai sumber yang dapat dipercaya (shoheih). Semoga bermanfaat sebagai tambahan pengetahuan, dan membuat keyakinan kita menjadi lebih mantap lagi. 
 

0 Response to "ASBABUN NUZUL SURAT YAASIIN "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel